23 Okt 2021

Contoh Latihan Soal Kompetensi Teknis (bag. 12) untuk Pelamar PPPK

 

1.        Dalam prosedur penilaian pengetahuan, penilaian pengetahuan dapat dilakukan tanpa direncanakan. Pandangan anda sebagai guru terhadap pernyataan ini adalah :

A.    Prosedur penilaian pengetahuan dapat dilakukan tanpa perencanaan dikarenakan siswa telah memiliki pengetahuan nya

B.    Prosedur penilaian pengetahuan dapat dilakukan tanpa direncanakan karena prosedur penilaian dilaporkan dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi

C.    Prosedur penilaian pengetahuan tidak dapat dilakukan tanpa direncanakan karena hasil penilaiannya akan bias

D.   Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari pengembangan instrumen, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan serta pemanfaatan hasil penilaian

2.        Deskripsi tetang ranah sikap, pengetahuan, keterampilan yg harus dipelajari untuk dikuasai peserta didik pada suatu tingkat atau jenjang sekolah, kelas, mata pelajaran tertentu terdapat pada komponen silabus..

a.    KD

b.     KI

c.     penilaian

d.    Pembelajaran

e.     Materi

 

Kompetensi Dasar : penjabaran KI

 sejumlah kemampuan yang harus dimiliki perserta didik dalam satuan pendidikan jenjang dan mata pelajaran tertentu.

KI adalah deskripsi / gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik. pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu

 

3.        Guru mengamati kerucut edgar dale menurud anda apa yang seharusnya guru lakukan untuk memperbaiki pembelajaran setelah mengamati kerucut tersebut

A.    Lebih selektif memilih media pembelajaran

 B.    Lebih selektif Memilih media konkrit dari pada abstrak

 C.    lebih banyak sifatnya mengingat

 D.   Lebih menekankan aspek psiomotorik anak

 E.    Drilling

 4.        Berikut ini yang bukan kriteria penilaian essay adalah...... Kecuali

a.     Pemilihan topik esai dan Ketajaman analisa

b.     Rasionalitas ide, inovasi, dan, orisinalitas

c.     Kelengkapan dan relevansi data, dasar teori, dan kemampuan argumentasi

d.    Sistematika penulisan dan pemikiran

e.     Keluasan daftar pustaka

 Essay adalah salah satu jenis karya tulis yang berisi kombinasi antara fakta dan opini. Essay lebih bersifat subjektif dari sudut pandang penulisnya yang bersifat analitis, spekulatif, dan interpretatif. Essay mencakup narasi yang bisa berupa kritik, argumen, sastra dari pengamatan kehidupan sehari-hari dan refleksi penulis.

Kriteria penilaian essay

 1.        Pemilihan topik esai dan Ketajaman analisa

2.      Rasionalitas ide, inovasi, dan, orisinalitas

3.      Kelengkapan dan relevansi data, dasar teori, dan kemampuan argumentasi

4.      Sistematika penulisan dan pemikiran

 5.        Penilaian harus mampu menyimpulkan apakah peserta didik telah mencapai kompetensi yang ditetapkan atau belum. Hal ini sejalan dengan prinsip penilaian....

a.       Keeping track

 b.      Checking up

 c.       Finding out

 d.      Summing up

 Keeping track, yaitu harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan.

Checking up, yaitu harus mampu mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Finding out, yaitu penilaian harus mampu mencari dan menemukan serta mendeteksi kesalahan kesalahan yang menyebabkan terjadi kelemahan dalam proses pembelajaran.

Summing up, yaitu penilaian harus mampu menyimpulkan apakah peserta didik telah mencapai kompetensi yang ditetapkan atau belum

6.        Ketidakmampuan seseorang peserta didik yang mengacu kepada gejala dimana peserta didik tidak mampu belajar sehingga hasil belajarnya di bawah potensi intelektualnya dinamakan kesulitan belajar ...

A.       Learning Disabilities

 B.         Learning Disorder

 C.         Under Achiever

 D.        Slow Learner

 E.         Learning Disfungtion

      Learning Disorder (Ketergantungan Belajar). Adalah keadaan di mana proses belajar seseorang terganggu karena timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya orang yang mengalami gangguan belajar, prestasi belajarnya tidak terganggu, akan tetapi proses belajarnya yang terganggu atau terhambat oleh adanya respons-respons yang bertentangan dengan hasil belajar yang dicapai akan rendah dari potensi yang dimiliki

     Learning Disabilities(ketidakmampuan belajar). Adalah ketidakmampuan seseorang murid yang mengacu kepada gejala dimana murid tidak mampu belajar (menghindari belajar), sehingga hasil belajarnya dibawah potensi intelektualnya

     Learning Disfunction(ketidakfungsian belajar). Memunjukkan gejala di mana proses belajarnya tidak berfungsi dengan baik meskipun pada dasarnya tidak ada tanda-tanda subnormalitas mental, gangguan alat dria atau gangguan- gangguan psikologis lainnya

     Under Achiever(Pencapaian Rendah). Adalah mengacu kepada murid-muris yang memiliki tingkat potensi intelektual di atas normal, tetapi prestasinya belajarnya tergolong rendah

     Slow Learner(Lambat belajar). Adalah murid yang lambat dalam proses belajarnya sehingga membutuhkan waktu dibandingkan dengan murid yang lain yang memiliki taraf potensi intelektual yang sama

7.        Pak Rudi ingin menilai siswanya untuk melihat hasil kerja siswa maka siswa diminta membuat jus buah dari buah-buahan sekitar. Pilihan model penilaian yang cocok adalah....

A.    penilaian proyek

B.   produk

C.    unjuk kerja

D.    Portofolio

E.    Sikap

 8.        Bu andri adalah guru kelas 5, memberikan penilaian sikap B pada budi, bu dini guru pai kelas 5 memberikan nilai A pada budi, dan bu retno guru b.inggris memberikan nilai C pada budi. Dari penilaian diatas manakah pernyataan dibawah ini yang paling tepat?

A.    Budi mendapat nilai B

B.    Budi mendapat nilai A

C.    Budi mendapat nilai rata rata dari guru kelas , guru agama dan guru bahasa inggris

D.    Budi mendapat nilai C

E.   Budi mendapat nilai kesepakatan dari Guru kelas, guru agama dan guru bahasa inggris.

soal pppk

 

9.    Pak doni adalah guru PPKn. Dalam memberikan penilaian pada siswa dia tidak sesuai dengan prinsip prinsip penilaian. Anton yang ponakan sendiri tidak pintar diberi nilai 90, sedangkan yg pintar diberi nilai 80 itu melanggar prinsip penilaian yaitu ....

A.   Objektif

B.    Adil

C.    terpadu

D.    Terbuka

E.    Sistematis

Obyektif : tidak dipengaruhi subjektivitas penilai

Adil : tidak memihak (tidak menguntungkan atau merugikan PD lain)

Terpadu : bagian dari pembelajaran

Terbuka : dapat diketahui pihak yang berkepentingan

Sistematis : langkah langkah prosedur baku

 10.    Pak Reno sedang melaksanakan proses pembelajaran dimana Siswa disuruh mengolah buah segar untuk dijadikan minuman itu model pembelajaran yang tepat   adalah...

A. Problem based learning

B. Project based learning

C. Contextual teching and learning

D. Inquiry learning

E. Cooperatif learning 

 

Contextual teaching and learning: Pembelajaran diarahkan ke masalah nyata Inquiri learning: Menemukan sendiri konsep Cooperatif learning: Kerjasama kelompokProblem based learning : Pembelajaran berbasis masalah projek based learning: Tugas/proyek dan bimbingan terencana

 11.    Dari hasil pengolahan nilai bahasa inggris oleh bu Ani di peroleh data 4 Kompetensi dasar pada semester itu, dari 28 Siswa ada 4 siswa yang lulus KD1, dan 4 Tidak lulus di KD 2, tindakan yang harus kita lakukan adalah...

A.    Pada KD 1 diberikan remidial penugasan individu

B.    Tidak ada pembelajaran remidial karena bobot KD 1 dan KD 2 berbeda

C.    Pada KD 1 di adakan pengayaan untuk 4 siswa

D.   Siswa yang tak tuntas KD 2 diberikan remidial pembimbingan dan penugasan individu

E.    Sebanyak 24 siswa mengikuti remidial KD1 dan KD 2

 Pada KD 1 diberikan pembelajaran ulang klasikal karena peserta remidi 24 siswa lebih dari 50% peserta

Pada KD 2 juga di berikan remidial penugasan individu/ tutor sebaya karena hanya 4 siswa artinya 14%

Pengayaan diberikan jika nilai siswa tuntas >85%

 

12.    Salah satu persyaratan menjadi guru adalah memiliki kompetensi akademik S1/D4. Seorang guru teman sejawat anda di sebuah SMA swasta di Surabaya tidak memiliki salah satu persyaratan wajib yang diharuskan undang-undang tapi sudah aktif mengajar, maka yang anda lakukan adalah..

a.       Melakukan pendekatan secara persuasive kepada guru tersebut dan memberikan informasi berkaitan dengan persyaratan tersebut serta membantunya dalam mencapai persyaratan

b.      Memberikan usulan kepada kepala sekolah agar mengidentifikasi setiap guru yang belum memenuhi persyaratan wajib sebagai guru, kemudian memberikan dukungan agar mencapai persyaratan tersebut

c.       Mencarikan informasi untuk guru berkaitan dengan program-program pemerintah yang dapat membantu guru yang belum memenuhi persyaratan wajib sebagai guru

d.      Melaporkan guru yang bersangkutan kepada kepala sekolah atau dinas pendidikan terkait agar guru tersebut mendapatkan sanksi

e.       Diam saja karena hal tersebut merupakan tanggung jawab kepala sekolah.

13.    Tidakan mana yang anda pilih ketika ada seorang peserta didik mengalami kesulitan?

a.    Menemuinya dan berusaha mengetahui bagaimana perasaanya, dan member dukungan atas kebutuhan atau keinginannya saat itu

b.    Memberikannya bantuan dana

c.    Berbagi cerita denganya tentang perasaanya saat itu

d.   Menyampaikan ucapan turut prihatin kepadanya secara langsung

e.    Meminta teman-temanya saja untuk menggantikan anda datang menemuinya.

14.    Anda diterima sebagai guru SMA swasta yang ada di Surabaya, sedangkan tempat tinggal anda di kota lain yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam untuk sampai di sekolah. Anda mengajar di sekolah tersebut selama enam hari kerja. Selain itu, anda juga diminta pihak sekolah untuk mengerjakan tugas administrasi di luar jam kerja, yang akan anda lakukan adalah….

a.       Sementara akan bertahan sambil mencari lowongan kerja di dekat rumah

b.      Tetap menjalankan tugas saya sebagai guru dengan sebaik-baiknya meskipun tempat mengajar jauh dan banyak tugas tambahan yang harus diselesaikan

c.       Kelelahan dengan jarak tempuh yang terlalu jauh dengan sekolah

d.      Terpaksa bekerja dengan jarak tempuh yang jauh, hal ini dikarenakan factor ekonomi saja

e.       Bertahan menjadi guru disekolah tersebut dengan meminta dispensasi tidak diberi tugas tambahan diluar jam mengajar karena terlalu jauh.

15.    Ketika bekerja bersama dengan rekan guru, anda akan…

a.       Mengemukakan diri secara terbuka

b.      Menyediakan waktu membantu kelancaran tugas bersama dengan sesama guru.

c.       Mengharapkan pengertian dari sesame rekan guru

d.      Menyampaikan ide atau gagasan, secara jelas dan sistematis

e.       Mampu menanggapi kritik dan berusaha memahaminya

16.    Seorang guru yang Pembina marching band melakukakan seleksi mayoret. Dimasa seleksi itu, guru mendapatkan pesan dari salah satu wali murid kaya bahwa jika putrinya dipilih menjadi mayoret maka sang wali murid akan mensponsori kegiatan marching band saat mengikuti kejuaraan. Tanggapan guru…

a.    Menurut permintaan wali murid tersebut mengingat sumber pendanaan marching band yang terbatas

b.    Menolak dengan santun permintaan wali murid tersebut karena semua peserta didik memiliki hak yang sama untuk menjadi mayoret

c.    Menuruti permintaan wali murid tersebut agar mendapatkan dana untuk membantu kegiatan marching bnad

d.   Menolak dengan santun permintaab wali murid tersebut untuk mencegah protes dari peserta didik dan wali murid yang lain

e.    Menolak dengan santun permintaan wali murid tersebut karena sebagai Pembina harus memilih mayoret terbaik untuk mendukung prestasi dalam perlombaan

17.    Pada akhir pembelajaran guru memberikan soal berikut. Perhatikan barisan bilangan 3,7,11,15,19,23 dst

Apakah bilangan 97 ada pada barisan bilangan tersebut? Soal diatas tepat untuk mengukur kemampuan….

A.    Kreatif

B.    Represntasi matematis

C.   Penalaran matematis

D.    Reflektif

E.     Enaktif

18.    Kondisi kelas ibu tiur selalu tenang, anak-anak tidak gaduh tetapi juga tidak ada yang mau bertanya ataupun menyampaikan pendapat. Ibu Tiur merasa kurang berhasil dalam mengajar. Pertemuan berikutnya, Ibu Tiur menerapkan satu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk bertanya atau berpendapat. Model tutor sebaya dipilih untuk mengatasi kondisi tersebut, sekaligus melakukan PTK. Cara mengukur peningkatan kemampuan bertanya pada PTK Ibu Tiur adalah…….

A.    Menghitung perubahan jumlah siswa yang berani mengajukan pertanyaan disetiap siklus PTK.

B.   Mengukur kemampuan mengajukan pertanyaan sebelum dan sesudah perlakuan

C.    Memberikan pretes mengemukakan pendapat

D.    PTK dapat diselesaikan sebanyak dua siklus

E.     Langkah PTK yang dilakukan terdiri dari empat tahap.

 

19.    Ibu dewi akan mengajar materi “mengenal lingkungan sekolah”. Beliau mengajar siswanya keluar ruangan kemudian berkeliling keruang-ruang kelas, UKS, Laboratorium, dan mengamati kebun dibelakang sekolah. Setelah kira-kira 45 menit, anak-anak diajak masuk kembali ke dalam kelas. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan siswa adalah

A.   Mendengarkan penjelasan guru tentang apa yang dilihat dilingkungan sekolah

B.    Melakukan Tanya jawab tentang apa saja yang dilihat

C.    Menyebutkan nama ruangan disekolah dan nama tumbuhan dikebun sekolah

D.    Diskusi kelompok untuk membuat kesimpulan tentang pengamatannya

E.     Menggambar salah satu objek yang diamati dilingkungan sekolah.

20.    Perhatikan wacara berikut.

Pada suatu kegiatan pembelajaran, guru menggunakan table perkalian 0x0 s.d 10x10. Kemudian siswa diminta mengamati semua hasil perkalian dengan 0 dan 1 sehingga siswa dapat menyimpulakan bahwa perkalian suatu bilangan dengan 0 hasilnya selalu 0, dan perkalian suatu bilangan dengan 1 hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Dengan menggunakan kalkulator untuk menghitung perkalian bilangan besar dan dengan disertai bimbingan guru siswa terus menggali sifat-sifat perkalian lainnya sehingga ditemukan sifat komutatif dan asosiatif.

Bahan ajar yang dilibatkan dalam pembelajaran diatas, tepat untuk pembelajaran yang bersifat…..

A.   Konfiguratif

B.    Eksploitatif

C.    Generative

D.    Individual

E.     Klasikal

 

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top