26 Jul 2018

Perbedaan Tugas Mandiri Terstruktur (TMT) dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT)

 

Sebagai pendidik sering kita mendengar tugas terstruktur atau tidak terstruktur.  Artikel kali ini adalah tulisan ulang saya pada tahun 2010 pernah saya publikasikan pada satu blog saya yang banyak sekali mendapat komentar yang positif.
Dari analisa komentar yang masuk ternyata banyak dari kalangan guru yang belum sepenuhnya tahu tentang TNT dan TMTT.  Kembali sekarang saya tulis untuk memperbaharui artikel terdahulu mengingat hal ini  banyak digunakan di kurikulum nasional.
pixabay.com
Tugas Mandiri Terstruktur pada umumnya berkaitan dengan tugas-tugas yang dapat diselesaikan pada saat itu juga, dan sebaliknya tugas tidak terstruktur pengerjaannya memakan waktu lama tergantung pada tuntutan materi yang akan diselesaikan.  Bukan semata-mata selesainya itu atas kemauan guru, tetapi ada yang memang tugas itu selesai sesuai dengan keadaan dilapangan.
Contohnya :
1. Tugas dari guru karena karena ada rapat koordinasi mendadak, Termasuk Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT) karena guru memerintahkan siswa seketika.
2. Tugas dari guru karena akan pergi pelatihan dalam waktu beberapa hari, minggu, dll. Termasuk Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT), karena ditinggal guru pelatihan.
3. Ulngan harian : sebutkan urutan dalam melakukan okulasi (mencangkok),Ulangan middle semester, semester, termaasuk Tugas mandiri Terstruktur (TMT0 karena selesai saat itu juga.
4. Parktik mencangkok di pohon yang ada di sekolah atau di rumah, bisa individu atau kelompok, termasuk Tugas mandiri Tidak Terstruktur (TMTT) karena Karena hasilnya biasanya 1 bulan baru keluar akarnya.
5. Sebutkan nama gerakan dalam tarian……., termasuk Tugas Mandiri Terstruktur, karena saat itu juga.
6. Peragakan tarian ….. di depan kelas, termasuk Tugas Mandiri Terstruktur, karena saat itu juga.
7. Buatkan tokoh wayang yang namanya Petruk dari  kulit, kumpulkan kalau sudah selesai,termasuk Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT), karena biasanya selesainya bebarapa hari atau mingggu, bahkan beberapa bulan.
Bisa juga TMTT itu pengumpulannya ditentukan rentang waktunya oleh guru seperti sebelum ulangan semester atau sebelum middle semester karena materinya diajarkan sebelum itu.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top