1. Salah satu indicator pembelajaran adalah menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. Untuk mencapai indicator tersebut, Bu Dina melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan megkomunikasikan tentang perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat gelap dan terang dalam diskusi kelas yang paling efektif adalah….
a. Siswa melaporkan proses dan hasil pengamatan
b. Siswa mengumpulkan laporan percobaan
c. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan
d. Siswa mengumpulkan laporan pengamatan
2. Peristiwa kejahatan yang terjadi di masyarakat mengenai keterlibatan siswa usia sekolah dasar baik sebagai pelaku. Hal itu menjadi suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi masyarakat pendidikan. Sebagai guru maka dalam menyikapi hal tersebut harus memiliki prinsip kebenaran yang …
a. Kewajiban guru sebatas dalam pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik
b. Pendidikan yang cukup diberikan untuk mencerdaskan peserta didik
c. Pendidikan moral sebaiknya diberikan di keluarga masing-masing
d. Pentingnya pendidikan karakter ditanamkan dalam diri peserta didik sedini mungkin
3.
Dalam pengembangan pembelajaran, sebaiknya guru dapat
memahami karakteristik anak Dibawah ini adalah salah satu dari karakteristik siswa
SD , yaitu ....
a. Pengetahuan yang diperoleh diberikan secara abstrak.
b. Kemampuan berpikir secara kompleks.
c. Kemampuan berpikir secara parsial.
d. Cenderung bermain sambil belajar.
4. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui, memahami, mengaplikasi, menyelidiki dan menginformasikan suatu hal secara jelas. Pada penilaian proyek, hal yang perlu dipertimbangkan adalah …
a. Relevansi bidang ilmu
b. Perintah kerja
c. Pemberian skor hasil belajar
d. Penilaian diri
5. Pencapaian aspek keterampilan dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut …
a. Tergantung pada sikap kritis siswa
b. Terlibatnya siswa secara langsung dalam proses pembelajaran
c. Terlibat langsung dalam kegiatan ekstrakurikuler
d. Terlibat secara individual
6. Modal pembalajaran berbasis masalah dapat digunakan dalam pelajaran untuk mencapai pembelajaranyang efektif berpusat pada peserta didik. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sebagai fasilitator. Salah satu tujuan tugas fasilitator adalah…
a. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan ketrampilan dalam berpikir taingkat tinggi dalam memecahkan masalah
b. Memfasilitasi peserta didik untuk aktif merumuskan dan memecahkan masalah secara mandiri baik pada kegiatan individu maupun kelompok sebagai proses membangun pengetahuan dan ketrampilan berfikir
c. Memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang hal-hal yang harus dilakukan serta memotivasi untuk belajar aktif sehingga menjadi pembelajar yang mandiri
d. Menyelaraskan bahan ajar dengan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah.
7. Dalam menggunakan media pembelajaran , maka berikut ini yang tidak perlu diperhatikan adalah …
a. Jenjang Satuan pendidikan
b. Karakteristik siswa
c. Pembelajaran lebih menekankan pada pengalaman dan pembiasaan
d. Pengetahuan dan pengertian yang komplek dari siswa
8. Guru menggunakan metode kontektual sebagai salah satu syarat agar pelajaran tertentu memiliki kekuatan bahwa materi kajiannya meaningfull berarti…
a. Bersifat logis dan berguna
b. Menampilkan kasus
c. Menampilkan fakta
d. Memenuhi aspek kognitif
9. Pada saat peserta didik melakukan ekperimen atau ekplorasi, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan informasi sebanyak- banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis. Data dapat diperoleh melalui membaca literature, mengamati objek, wawancara dengan nara sumber, melakukan uji coba sendiri dan sebagainya. Langkah terakhir, peserta didik menggeneralisasi atau menarik kesimpulan. Kegiatan diatas merupakan langkah pembelajaran ….
a. Projek Based Learning
b. Problem Based Learning
c. Cooperative learning
d. Group Investigation
10. Anda memeriksa hasil laporan praktik siswa dan menemukan cukup banyak kesalahan yang ada pada tulisan siswa. Kalimat santun yang layak disampaikan terkait dengan penyempurnaan laporan tersebut adalah ….
a. Laporan tidak layak untuk disampaikan karena masih banyak yang peru diperbaiki
b. Laporan memerlukan telaah yang cukup panjang karena masih terdapat kesalahan
c. Laporan yang dibuat sudah baik, namun untuk kesempurnaan laporan ini hal yang bersifat teknis perlu diperbaiki
d. Laporan yang dibuat perlu diperbaiki karena masih terdapat kekurangan pada halamannya
11. Kemampuan untuk mencipatakan, memiliki daya cipta atau mampu menciptakan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar adalah...
a. Problem based learning
b. Contextual teaching learning
c. Project based learning
d. Open inquiry
e. Cooperative learning
12. Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara Anda menyelesaikannya?
a. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa
b. Siswa menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang topik pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas
c. Saya bekerja sama dengan orang tua/ wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar
d. Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi
e. Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasanya
13. Anda ditugaskan di sekolah kurang maju yang ditandai oleh kegiatan belajar mengajar tidak optimal, media dan sumber belajar yang minim. Serta kemandirian belajar siswa yang rendah. Apa upaya Anda untuk menghadapi keadaan tersebut
a. Saya berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk menemukan cara- cara baru memajukan sekolah
b. Saya mengusulkan kepala dinas pendidikan agar mengutamakan program peningkatan kemajuan sekolah
c. Saya meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
d. Saya mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber belajar yang diperlukan sekolah
e. Saya menerima keadaan sekolah sebagaimana adanya dan melaksankan tugas mengajar sebagaimana besarnya
14. Pak Parjo adalah guru olah raga, pagi ini dia mengajarkan kepada peserta didiknya dengan memberikan contoh teknik melempar bola basket ke ring. Setelah itu Guru pjok menutup pembelajaran dengan meminta siswa untuk melempar bola basket ke arah ring dari jarak tertentu. Hal tersebut merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang mengukur ...
Pilihannya
A. Presisi
B. Naturalisasi
C. Imitasi
D. Artikulasi
E. Manipulasi
Meniru (P1) |
Manipulasi (P2) |
Presisi (P3) |
Artikulasi (P4) |
Naturalisasi (P5) |
Menyalin Mengikuti |
Melakukan Melaksanak |
Menunjukkan Menyempurna |
Menggabungkan Mengintegrasika |
Mendesain Menentukan |
Mereplikasi Mengulangi |
an Menerapkan Mendemons |
kan Menggantikan Mengemas |
n Beradaptasi Mengembangka |
Mengelola Menciptakan |
|
trasikan |
Menyajikan |
n |
|
|
|
|
Memodifikasi |
|
|
|
|
master |
|
|
|
|
Mensketsa |
|
15. Bu Dina adalah guru prakarya. Hari ini dia mengajar bagaimana cara menjahit saku baju agar pekerjaannya rapih. Dia menjelaskan dipapan tulis teknik pemotongan kain sesuai pola sampai prosedur penjahitan saku. Hal tersebut merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang mengukur ...
Pilihannya
A. Presisi
B. Naturalisasi
C. Imitasi
D. Artikulasi
E. Manipulasi
Presisi : Mahir dalam melakukan kegiatan sendiri
Naturalisasi : menyelesaikan satu atau lebih keterampilan dengan mudah dan membuat keterampilan otomatis
Imitasi : meniru guru
Artikulasi : Memodivikasi keterampilan pada situasi baru Manipulasi : Melakukan sesuatu tapi masih di pandu guru
16. Berikut ini yang termasuk dari prota adalah....
A. Nama lembaga, muatan pelajaran , kelas, tahun pelajaran
B. Muatan pelajaran, nama kepala sekolah, nama guru
C. Nama lembaga, muatan mata pelajaran, kelas , semester
D. Muatan mata pelajaran, kelas, semester, tahun
E. Nama lembaga, muatan mata pelajaran, kelas , semester, Tema
Program Tahunan (Prota)
a. Identitas (satuan pendidikan, kelas, mata pelajaran, tahun pelajaran)
b. Kompetensi Inti
c. Kompetensi Dasar
d. alokasi waktu
e. keterangan
17. Kegunaan kaldik adalah...
A. Menghitung hari minggu setiap bulan
B. Mendistribusikan kompetensi dasar dalam setahun
C. Mendistribusikan alokasi waktu setiap bulan
D. Menentukan hari belajar efektif.
A: Kalender biasa B: Program tahunan
C: Program semester
D: Kalender Pendidikan
18. Di kelas V terdapat 28 siswa yang sedang mengikuti penilaian harian Matematika. Banyak soal 30 nomor dengan standar ketuntasan 60. Berdasarkan hasil pengolahan diperoleh 20 siswa menjawab 10 soal benar. 4 siswa menjawab 10 soal lainnya benar. Dan 4 menjawab 10 soal salah. Tindakanmu sebagai guru.
A. Melakukan pembelajaran ulang
B. 4 anak diremidi
C. 8 anak mengikuti remidial
D. 20 anak merangkum materi sebagai pengayaan
Peserta Remidi = 24
Prosentase peserta remidi = = 24/28 x 100% = 86%
Artinya pembelajran remidial yang dilakukan dengan Pembelajaran ulang dengan media dan metode berbeda
19. Siswa mengalami tingkat kepercayaan diri rendah. Umpan balik yg dilakukan guru adalah..
A. Teacher feedback
B. Ekstrinsic feedback
C. Intrinsic feedback
D. Parent feedback
Intrinsic feedback atau umpan balik intrinsik berkaitan dengan penilaian terhadap dirinya sendiri, tentang sikap, aktivitas dan atau perilaku yang telah dilakukannya, serta tentang kemampuan yang telah ditunjukkannya.
extrinsic feedback adalah umpan balik yang berasal dari luar dirinya. Misalnya koreksi dari guru penjas atas gerakan yang sudah dilakukan, cemoohan rekan karena salah memberikan umpan ketika bermain bola, atau dari lingkungan sekitar seperti cuaca yang terlalu panas sehingga mengharuskannya sering beristirahat
20. Yang bukan untuk mengukur keterampilan nyata peserta didik adalah...
a. Tes tertulis
b. praktik
c. Portofolio d unjuk kerja
e. Produk
Tes tertulis : 𝐭𝐞𝐤𝐧𝐢𝐤
menilai pengetahuan
Tes praktik : mengukur keterampilan
Portofolio : mengukur keterampilan
Tidak ada komentar:
Write comment