19 Okt 2021

Contoh Soal Survei Lingkungan Belajar untuk Guru dan Kepala Sekolah (5)

 

 soal Ligkungan belajar

Edukasi-Survei Lingkungan Belajar bertujuan memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil asesmen nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input-proses-output.

Setiap respon yang bapak/ibu berikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif. Oleh karena itu; kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar; menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan.

Dalam rangka pemetaan dan penentuan indeks satuan pendidikan maka kementerian pendidikan dan kebudayaan melakukan asesmen nasional dan survei lingkungan belajar untuk guru, kepala sekolah dan siswa di semua jenajng pendidikan.

Guru yang bisa mengikuti SLB ini harus yang terdaftar di Dapodik untuk Kemdikbud dan EMIS untuk yang kementerian agama baik guru ASN atau GTT dan penentuannya adalah ditentukan oleh sistem jadi tidak semua guru mengikutinya.

Adapun ruang lingkup materi survei lingkungan belajar tingkat SMA adalah :

1.   Latar belakang ribadi dan pendidikan

2.   Proses pembelajaran di sekolah dan kelas

3.   Penilaian dan keterlibatan orang tua

4.   Visi-misi sekolah

5.   Kebhinekaan/keragaman (toleransi beragama, budaya, suku/etnis, dan bahasa daerah).

6.   Integrasi/persatauan-kesatuan bangsa

7.   Tentang kinerja kepala sekolah Anda

8.   Pelecehan/kekerasan seksual

9.   Narkoba

10.                Bullying

Rekan guru dimanapun berada, dalam survei lingkungan belajar ini tidak ada jawaban yang mutlak benar, ini adalah angket yang akan mencerminkan karakter Anda dan sekolah Anda. 

Jumlah soal adalah 62 butir namun pernyataan-pernyataan yang cukup panjang terutama dalam soal kebhinekaan, dan dalam setiap nomor terkadang sampai dengan 10 item pertanyaan sehingga menjadi 170 pertanyaan angket.

Atas adasar itulah maka SLB ini saya bagi menjadi 6 bagian agar tidak terlalu panjang dan membosankan. 

Bagaimana kinerja seorang kepala sekolah akan terlihat dari diri Anda sebagai guru dan para siswa, bagaimana diri Anda akan terlihat dari kepala sekolah dan para siswa, sedangkan bagaimana siswa-siswi Anda jelas akan terlihat dari diri Anda, kepala sekolah, lingkungan sarana dan prasarana.

Dalam postingan ini saya bentuk dalam pilihan A, B, C, D, E, F, G, dst meskipun pada asesmen aslinya dalam bentuk centang dalam lingkaran yang disediakan. 

Dalam contoh soal ini diertakan bentuk pilihan jawabannya, tidak saya sertakan apa yang menjadi jawabannya karena itu relative sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah masing-masing.

        Jawablah sesuai dengan keyakinan dan pendapat pribadi Anda.  Tidak ada jawaban yang mutlak benar.

1.   Seorang rekan guru sering mengatakan kepada muridnya bahwa upacara bendera itu tidak penting karena mengkultuskan bendera.  Maka sikap saya ….

A.   Mendiamkan saja karena hal tersebut merupakan hak pribadi

B.   Mengusulkan kepada pimpinan sekolah untuk memecat guru tersebut.

C.   Mengajak guru tersebut untuk diskusi tentang pentingnya cinta tanah air yang diwujudkan dengan upacara bendera.

D.  Tidak berkenan menjawab.

2.   Seorang guru di sekolah mengakui bahwa dirinya tidak mengikuti pemilihan umum (Pemilu).  Sikap saya ….

A.   Menyetujui keputusan guru tersebut karena pemilu tidak sesuai dengan budaya Indonesia.

B.   Membiarkan saja pengakuan guru tersebut karena tidak akan mempengaruhi saya untuk tetap mengikuti pemilihan umum

C.   Menemui guru tersebut untuk menjelaskan bahwa berpartisipasi dalam demokrasi adalah hak setiap warga negara yang penting untik simanfaatkan.

D.  Tidak berkenan menjawab

3.   Seorang siswa diketahui telah mengganti lirik dari lagu kebangsaan Indonesia Raya menjadi parodi/lelucon.  Sebagai seorang guru tindakan saya adalah ….

A.   Membiarkan keadaan itu karena menurut saya hal tersebut adalah salah satu bagian dari kebebasan berekspresi dan berkreasi.

B.   Melaporkan kejadian tersebut kepada kepala sekolah agar dapat ditindaklanjuti.

C.   Memanggil siswa tersebut dan mengajaknya berdialog untuk dapat menanamkan rasa cinta kepada tanah air.

D.  Tidak berkenan menjawab

4.   Seorang siswa tidak menganggap perlu untuk menghafalkan Pancasila.  Ia juga terlihat bermain-main dan tidak serius pada saat mengikuti upacara.  Sikap saya sebagai guru ….

A.   Menganggap bahwa siswa tersebut sudah cukup dewasa untuk dapat mencari jati dirinya, termasuk perannya sebagai warganegara.

B.   Melaporkan kejadian tersebut pada pihak yang berwenang  (Pembina OSIS) di sekolah.

C.   Menegurnya  dan mengajaknya bercakap-cakap untuk membicarakan mengenai identitas serta lambing negara.

D.  Tidak berkenan menjawab.

5.   Dalam sebuah kegiatan belajar di kelas, diadakan kegiatan menonton film bersama.  Terdapat sebuah adegan  di film terebut yang memperlihatkan seseorang yang menginjak-injak bendera merah putih ketika sedang melakukan  demonstrasi.  Saya memberikan penjelasan  kepada siswa-siswi di kelas bahwa ….

A.   Merupakan sebuah kewajaran pelaku demonstrasi melakukan hal tersebut karena itu merupakan salah satu bentuk ekspresi kekecewaan terhadap negara.

B.   Demonstrasi merupakan hal yang perlu  untuk dilakukan agar pemerintah mengetahui bahwa masyarakat memantau kinerja mereka.

C.   Tidak seharusnya bendera kebangsaan diperlakukan seperti itu karena symbol negara harus selalu kita jaga.

D.  Tidak berkenan menjawab

6.   Salah seorang siswa memohon izin untuk mengikuti ujian susulan.  Siswa itu dan orangtuanya perlu menghadiri suatu acara perayaan yang dianggap penting dan skral baagi tradisi suku mereka.  Apa yang Anda lakukan?

A.   Tidak adil bagi siswa-siswi lain jik ada satu orang yang mendapatkan perlakuan khusus.  Anda menyampaikan hal ini ke siswa tersebut.

B.   Menanyakan apakah ada kemungkinan siswa tidak perlu mengikuti perayaan sebelum memutuskan.

C.   Berusaha bersikap akomodatif dengan kebutuhan siswa itu.

D.  Tidak berkenan menjawab

7.   Beberapa seolah di provinsi Anda tinggal, akan mengadakan mutasi kepala sekolah.  Sekolah Anda juga mengalami pergantian kepala sekolah.  Kepala sekolah yang baru menjabat di sekolah Anda berasal dari luar daerah.  Beberapa rekan meragukan kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah yang berasal dari luar daerah tersebut.  Apa tanggapan Anda?

A.   Menyampaikan saran dan pendapat pada pihak dinas pendidikan untuk sebaiknya menempatkan kepala sekolah yang berasal dari daerah yang sama dengan sekolah.

B.   Diam saja namun dalam hati kurang setuju karena kepala sekolah seharusnya yang sudah memahami banyak tentang daerah lingkungan sekolah.

C.   Mencoba untuk mengenal, memberi kesempatan, dan menjalin komunikasi, relasi yang baik serta membantu kepala sekolah baru tersebut mengenai lingkungan  sekolah.

D.  Tidak berkenan menjawab

Baca : soal survei karakter lengkap dengan jawabannya

8.   Ada lima orang siswa yang berminat untuk ikut serta dalam lomba karya ilmiah siswa tingkat kota/kabupaten.  Lomba ini harus dilakukan sebagai tim,  sehingga lima siswa itu harus bekerjasama.  Anda diminta untuk membimbing kelima siswa itu.  Ternyata, empat diantaranya berasal dari etnis/suku yang sama.  Mereka berempat lebih bisa dengan mudah mencari topic pembicaraan dan mencairkan suasana.  Akan tetapi, satu siswa lainnya yang berasal dari etnis/suku berbeda tidak banyak memahami pembicaraan keempat siswa tersebut.  Akibatnya, ia ada jarak dengan anggota kelompoknya dan menjadi tidak kompak.  Apa yang akan Anda lakukan?

A.   Dinamika kelompok seperti itu wajar dalam kehidupan sehari-hari.  Sehingga Anda memutuskan mereka berlimalanjut berproses sebagai sebuah tim.

B.   Berdiskusi dengan semua anggota tim mengenai keanekaragaman budaya serta berusaha mendiskusikan kesamaan-kesamaan yang dimiliki oleh semua anggota tim.

C.   Tidak berkenan menjawab

9.   Anda diminta oleh pihak sekolah untuk menunjuk beberapa siswa yang mampu mengikuti lomba olimpiade matematika kemudian Anda diminta membimbing mereka sampai lomba.  Beberapa siswa yang mampu dalam matematika berasal dari suku yang sama dengan Anda.  Namun sebagaian besar berada dengan suku Anda.  Apa yang akan Anda lakukan?

A.   Menunjuk siswa yang memiliki asal suku yang sama karena hal ini akan leboh memudahkan dalam membimbing dan mengarahkan siswa.

B.   Mengembalikan wewenang untuk menunjuk dan memilih kepada kepala sekolah atau guru lain.

C.   Memilih dan menunjuk siswa sesuai dengan kapasitas dan kemampuan siswa yang terbaiktnpa memperhatikan asal sukunya.

D.  Tidak berkenan menjawab

10.                Sewaktu istirahat sekolah, Anda melihat salah seorang siswa membawa makanan yang biasa dimakan oleh suku/etnisnya.  Aroma makanan tersebut menyengat.  Selain itu, penampakan bentuk makanan tersebut  mengurangi selera makan.  Apa yang akan Anda lakukan?

A.   Meminta siswa tersebut untuk tidak membawa makanan seperti itu lagi ke sekolah.

B.   Meminta siswa itu untuk makan di ruang yang jauh dari pandangan Anda.

C.   Membiarkannya saja dan mencari tahu lebih banyak tentang makanan itu ke siswa tersebut.

D.  Tidak berkenan menjawab

11.                Rekan sesame guru yang berasal dari suku bangsa tertentu yang berbeda dengan sering menggunakan bahasa daerahnya ketika kami sedang berbincang saat jam istirahat di ruang guru.  Tindakan Saya mengenai hal tersebut  adalah ….

A.   Melakukan hal yang sama kepada rekan guru yang bberasal dari suku bangsa yang berbeda dengan saya.

B.   Meminta kepada rekan guru tersebut untuk mengajarkan saya bahasa daerahnya agar saya dapat memahami pembicaraan.

C.   Meminta kepada rekan guru tersebut untuk berbicara dalam bahasa Indonesia saat saya berada dalam pembicaraan tersebut.

D.  Tidakberkenan menjawab

12.                Sekolah diminta untuk mengajukan siswa yang memenuhi syarat untuk menerima bantuan Pendidikan dari pemerintah daerah.   Salah seorang guru melaporkan ada beberapa siswa tidak pantas menerima bantuan tersebut, walaupun memenuhi syarat, karena berasal dari suku bangsa tertentu.  Sikap saya terhadap hal tersebut adalah ….

A.   Tidak setuju, karena tidak mendukung upaya pemerintah untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

B.   Tidak setuju, karena semua orang berhak mendapatkan bantuan pendidikan walaupun berasal dari suku berbeda.

C.   Tidak setuju, karena siswa-siswa tersebut memang memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa.

D.  Tidak berkenan menjawab

Demikian rekan-rekan contoh soal Survei Lingkungan Belajar (SLB) untuk guru dan kepala sekolah tingkat SMA sederajat.  Semoga bermanfaat.

Silakan lanjut ke soal Lingkungan Belajar bag. 6

 

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top