10 Des 2021

Jenis-Jenis Penilaian dalam RPP

 

Penilaian adalah satu dari tiga komponen wajib RPP SE Kemdikbud Nomor 14 Tahun 2019 selain Tujuan Pembelajaran dan Kegiatan Pembelajaran.
Sesungguhnya yang dimaksudkan dalam penilaian (assesment) dalam RPP itu adalah penilaian yang akan dilakukan guru setelah selesainya satu KBM saat kegiatan penutup melalui yang disebut "tindak anjut (pemberian tugas)" yang alokasi waktunya sekitar 15-20 menit saja, katakanlah alokasi untuk pembelajaran itu kan biasanya 2 JP untuk sekali pertemuan (90 menit) dibagi lagi dengan Pendahuluan 10 menit, Inti 60 menit, maka sisanya 20 menit untuk Penutup.
pixabay.com
Adapun kegiatan yang dilakukan guru pada Penutup berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Proses Pembelajaran di bagian RPP adalah untuk refleksi (kemanfaatan pembelajaran hari itu), umpan balik (Pertanyaan langsung pada siswa), tindak lanjut (pemberian tugas yaitu mengerjakan soal), dan menginformasikan kegiatan pembelajaran berikutnya.
Karena waktunya sangat singkat maka penilaian untuk ketiga ranah (Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan) dalam KBM menjadi sedikit sulit, akan menjadi luar biasa bila seorang guru dapat melakukan penilaian untuk ketiga ranah tersebut dalam waktu yang singkat itu.
Sebenarnya berapa penilaian yang kita lakukan setelah kegiatan pembelajaran?  Tentu yang terbaik ketiga ranah, kalau tidak memungkinkan boleh minimal dua ranah saja dan itu tergantung juga pada materi pembelajaran.
Bagaimana caranya agar penilaian ketiga ranah tersebut dapat dilakukan guru dalam waktu singkat itu?
Untuk ranah pengetahuan dapat berbentuk pilihan ganda atau uraian singkat dengan jumlah soal sesuai Indikator Pencapaian Kompetensi yang telah dirumuskan sebelumnya pada RPP.
Untuk ranah sikap bisa gunakan saja penilaian proses yaitu menilai sikap peserta didik saat atau sambil melakukan proses KBM atau saat kegiatan diskusi, artinya guru sudah dapat penilaian satu ranah yaitu sikap.
 

Untuk ranah Pengetahuan agar  efektif dan efisien sebaiknya guru sudah menyiapkan LKS, atau instrumen soal dari rumah sejumlah siswa atau kelompok siswa.
Untuk ranah keterampilan jika tuntutan KD maka usahakan ada tetapi tidak semua materi bahasan memerlukan presentasi, laporan, atau sejenisnya.
 
 
Baca : Teknik Penilaian Keterampilan dalam Kurikulum 2013

Berikut adalah jenis dan format penilaian yang dilampirkan dalam RPP menurut kurikulum 2013, silahkan rekan guru memilihnya sesuai kebutuhan atau IPK dan tuntutan materi, karakter peserta didik, dan sarana prasarana yang ada.
Jenis Penilaian :


No
Aspek/Ranah
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Observasi
Lembar Observasi
Jurnal
Lembar/Buku Catatan Jurnal
Penilaian Diri
Lembar Penilaian Diri
Penilaian Antar Teman
Lembar Penilaian Antar Teman
2
Pengetahuan
Tes Tulis
PG, Essay, Isian, Soal Berbasis Game/Quiz
Lisan
Daftar Pertanyaan
3
Keterampilan
Praktek/Unjuk Kerja
Lembar Unjuk Kerja
Projek
Lembar Penilaian Projek
Produk
Lembar Penilaian Produk
Portopolio
Lembar Penilaian Portopolio

Contoh Format silakan di unduh di area download di sini. Semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top