1 Des 2018

Instrumen Penilaian Diri dalam Bentuk Esai Siswa

 

pixabay.com

Dalam Permendikbud No. 53 Tahun 2015 disebutkan esai sebagai salah satu intrumen penilaian diri, tetapi tidak dijelaskan model maupun formatnya sebagai mana penilaian diri dan penilaian antar teman.
Esai ini bisa dilakukan untuk menilai sikap sosial, sikap spiritual, maupun terhadap keberadaan mata pelajaran yang kita ampu di mata siswa.  Disukai atau kurang disukai.  Sehingga guru akan menggali apa penyebabnya.
Berdasarkan hal itu maka saya mengembangkan esai ini  sebagai intrumen penilaian diri yang efektif dan objektifitasnya dapat pertanggungjawabkan.  Esai adalah berbentuk deskripsi diri tentang apa yang hal positif  atau keunggulan atau prestasi yang telah dilakukan perserta didik dalam sekolah atau mata pelajaran yang diampu seorang guru.  Atau deskripsi tentang ketaqwaan, toleransi, kejujuran, gotong royong dan karakter lainnya.  Semua karakter dapat dimasukkan dalam esai dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan.
Contoh Format (boleh dikembangkan sesuai mata pelajaran)
Nama sekolah    : ..............……………
Nama Siswa       : …………………….
Kelas/Semester  :..................................
Tahun Pelajaran :..................................
Mata Pelajaran   : …………………….
Petunjuk           :
Deskripsikan diri kamu untuk setiap butir isian deskripsi berikut ini.  
Sertakan juga bila ada contoh nyata perbuatan yang pernah kamu lakukan.  Jelaskan apa saja yang pernah atau sedang kamu lakukan dalam belajar .......... dan selama menjadi siswa di ……………………
Kejujuran sangat diutamakan dalam pengisian deskripsi diri ini, keaslian deskripsi akan terlihat dari kejujuran kamu dalam mengisinya.
Esai Terhadap Mata Pelajaran :
Apa usaha nyata yang pernah atau sedang kamu lakukan dalam meningkatkan prestasi belajar dalam mata pelajaran ……………..!
Deskripsi        : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Esai Sikap Spiritual :
Berikan contoh sikap toleransi antar teman yang berbeda keyakinan dengan kamu di sekolah atau di masyarakat  : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kemukakan perbuatan-perbuatan yang kamu lakukan secara rutin dalam menjalankan ketaqwaan terhadap agama yang kamu anut!
Deskripsi         : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Esai Sikap Sosial :
Berikan contoh gotong royong yang pernah kamu lakukan di sekolah atau di masyarakat!
Deskripsi         : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Adakah kawan yang tidak kamu sukai dalam kelas. Alasannya!
Deskripsi         : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Dst………… guru bisa mendesain pertanyaan karakter sesuai kebutuhan atau apa yang ingin dinilai di eksplorasi dari peserta didik.

Pernyataan siswa :
Bahwa deskripsi yang saya buat ini adalah benar dan bila tidak benar maka saya sanggup menerima sanksi termasuk pengurangan nilai dalam pelajaran …………………….

Siswa yang bersangkutan,

Tanda tangan

(…………………………………….)
Deskripsi diri ini sangatlah ampuh untuk mengetahui kejujuran peserta didik, sebelum kurikulum 2013 kebetulan saya mengajar PPKn sering saya mengetes kejujuran siswa, saya katakan sama mereka semakin mereka jujur maka nilai akan semakin bagus.  Yang terjadi mereka sangat jujur ada yang mengatakan kalau ia pernah melawan ibunya, ada yang jawabannya berbohong untuk minta uang lebih, tentu kita akan memberi peringatan dan solusi kalau menemui hal-hal negative seperti jawaban di atas.  Jadi deskripsi diri juga dapat memunculkan masalah yang dialami peserta didik untuk kita para guru menyelamatkan mereka.
Referensi :
Dikembangkan sendiri berdasarkan pengalaman dan Permendikbud No. 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian. Silahkan lihat versi 2017 di sini

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top