Penilaian diri
dilakukan dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan
kekurangan dirinya. Penilaian diri dapat member dampak positif terhadap
perkembangan kepribadian peserta didik.
Instrumen yang
dipakai untuk penilaian diri berupa lembar penilaian diri yang dibuat sederhna
tetapi memiliki kekuatan untuk menghilangkan kecenderungan peserta didik
menilai dirinya sendiri secara subjektif.
Lembar penilaian diri
dapat berupa daftar cek (checklist) atau skala penilaian (rating scale)
atau esai untuk mendorong peserta didik mengenali diri dan potensinya.
Contoh menggunakan
daftar checklist saat kegiatan kelompok :
Nama
: ………….
Kelas/Smtr
: ………….
Petunjuk :
Bacalah baik-baik
setiap pernyataan dan berlah tanda (V) pada kolom yang sesuai dengan dirimu
yang sebenarnya. Serahkan kembali format yang sudah kamu isi kepada guru.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Selama
kegiatankelompok saya :
|
|||
1
|
Mengusulkan ide
kepada kelompok
|
||
2
|
Sibuk mengerjakan
tugas saya senditi
|
||
3
|
Tidak berani
bertanya karena takut ditertawakan
|
||
4
|
Menertawakan
pendapat teman
|
||
5
|
Aktif mengajukan
pertanyaan dengan sopan
|
||
6
|
Melaksanakan
kesepakatan kelompok, meskipun tak sesuai dengan pendapat saya
|
Esai dapat dilakukan
melalui pertanyaan-pertanyaan dari guru kepada siswa, siswa menjawab
pertanyaaan tersebut dengan mendeskripsikan dirinya tentang apa yang dilakukan
dan tidak dilakukan berkaitan dengan pernyatan yang diajukan.
Contoh :
Apa yang kamu sudah
lakukan dalam belajar PPKn untuk meningkatkan prestasimu?
Deskripsi diri :
Saya berusaha untuk
memahami mata pelajarn PPKn baik dengan memanfaatkan internet maupun keterangan
guru, terutama dalam mengerjakan tugas yang dibebankan kepada saya. Saya
juga menggunakan LKS, membentuk kelompok belajar.
Dst…………..
Contoh rating
scale :
Nama
: ………….
Kelas/Smtr
: ………….
Petunjuk :
Bacalah baik-baik
setiap pernyataan dan berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai dengan dirimu
yang sebenarnya. Serahkan kembali format yang sudah kamu isi kepada guru.
No
|
Pernyataan
|
Skala Nilai
|
|||
Tidak Pernah
|
Kadang-kadang
|
Sering
|
Selalu
|
||
0
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Berdo’a / memohon
dimudahkan dalam belajar
|
v
|
|||
2
|
Mengerjakan PR
disekolah
|
v
|
|||
3
|
Mengantuk kalau
sedng berlangsung KBM
|
v
|
|||
4
|
Bertanya kepada
guru masalah pelajaran
|
v
|
Tidak ada komentar:
Write comment