Merujuk pada panduan
penilaian kurikulum 2013 edisi revisi 2017 menyebutkan bahwa penilaian sikap
dapat dialukan oleh semua guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas, serta
warga sekolah secara berkelanjutan melalui obeservasi, penilaian diri,
penilaian antar teman yang aplikasikan dalam bentuk format jurnal penilaian
sikap dalam rangka pembinaan dan bementukan karakter peserta didik yang hasilnya
dapat dijadikan sebagai salah satu data untuk konfirmasi hasil penilaian sikap
oleh pendidik.
Skema Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial |
1. Observasi
Pada dasarnya peserta
didik berperilaku baik hanya yang perlu dicatat yang berperilaku Sangat Baik
(Positif) atau Kurang Baik (Negatif).
Hasil observasi dicatat dalam jurnal yang dibuat selama satu semester
oleh guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas, maka semua guru, wali kelas
membuat predikat dan deskripsi dalam rapat dewan guru berdasarkan jurnal
menjelng akhir semester dan kenaikan kelas.
Contoh Format dan Pengisisan Jurnal Guru Mata Pelajaran
Contoh Format dan Pengisisan Jurnal Guru Mata Pelajaran
Nama Satuan Pendidikan :________________
Tahun Pelajaran : ________________
Kelas/semester : ________________
Mata pelajaran : ________________
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Perilaku
|
Butir Sikap
|
Pos/Neg
|
Tindak lanjut
|
1
|
5/8/2019
|
Adi
|
Meninggalkan
laboratorium tanpa membersihkan meja, alat, dan bahan yang sudah dipakai
|
Tanggung
jawab
|
-
|
Dipanggil untuk
membersihkan meja, alatn dan bahan yang sudah dipakai. Dilakukan pembinaan
|
2
|
12/8/2019
|
Meli
|
Melapor pada pendidik
bahwa dia memecahkan gelas kimia tanpa sengaja ketika sedang melakukan
praktikum
|
Jujur
|
+
|
Diberi apresiasi/pujian
atas kejujurannya
|
3
|
12/8/2019
|
Rudi
|
Membantu membersihkan
gelas kimia yang dipecahkan oleh temannya
|
Gotong royong
|
+
|
Diberi
apresiasi/pujian. Ditingkatkan
|
4
|
11/9/2019
|
Elia
|
Menyajikan hasil diskusi
kelompok dan menjawab sanggahan kelompok lain dengan tegas menggunakan
argumentasi yang logis dan relevan
|
Percaya diri
|
+
|
Diberi
apresiasi/pujian. Ditingkatkan
|
5
|
12/10/2019
|
Lusi
|
Tidak mengumpulkan tugas
kimia
|
Disiplin
|
-
|
Ditanya apa alasannya
tidak mengumpulkan tugas, agar selanjutnya selalu
mengumpulkan tugas |
Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual oleh Guru BK
atau Wali Kelas
Nama Satuan Pendidikan : _________________
Kelas/Semester : _________________
Tahun Pelajaran : _________________
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Perilaku
|
Butir Sikap
|
Pos/Neg
|
Tindak lanjut
|
1
|
26/7/2019
|
Adi
|
Tidak mengikuti ibadah
yang dilaksanakan di sekolah
|
Ketakwaan
|
-
|
Diingatkan agar lain
kali ikut kegiatan ibadah di sekolah
|
Bagas
|
Mengganggu teman yang
sedang berdoa sebelum makan siang di kantin
|
Toleransi beragama
|
-
|
Diingatkan agar tidak
melakukannya lagi
|
||
2
|
25/8/2019
|
Budi
|
Menjadi imam sholat
dzuhur di musholla sekolah
|
Ketakwaan
|
+
|
Diapresiasi dan
dilanjutkan
|
Petrus
|
Mengingatkan temn untuk
sholat dzuhur di musolla sekolah
|
Toleransi beragama
|
+
|
Diapresiasi dan ditingkatkan
|
||
3
|
15/9/2019
|
Meli
|
Mengajak temannya berdoa
sebelum bertanding basket di lapangan sekolah
|
Ketakwaan
|
+
|
Diapresiasi dan ditingkatkan
|
4
|
16/10/2019
|
Imam
|
Menjadi ketua panitia
hari besar keagamaan di sekolah
|
Ketakwaan
|
+
|
Diapresiasi dan
dilanjutkan
|
5
|
16/11/2019
|
Adil
|
Membantu teman
mempersiapkan perayaan keagamaan yang berbeda dengan agamanya di sekolah
|
Toleransi beragama
|
+
|
Diapresiasi dan ditingkatkan
|
Contoh Jurnal Sikap Sosial
oleh Guru BK atau Wali Kelas
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Perilaku
|
Butir Sikap
|
Pos/Neg
|
Tindak lanjut
|
1
|
10/8/2019
|
Beti
|
Menolong seorang lanjut
usia menyeberang jalan di sekolah
|
Santun
|
+
|
Diapresiasi dan
ditingkatan
|
2
|
17/8/2019
|
Budi
|
Menjadi pemimpin upacara
HUT RI di sekolah
|
Percaya diri
|
+
|
Diapresiasi dan
dilanjutkan
|
Rudi
|
Terlampbat mengikuti
upacara
|
Diiplin
|
-
|
Diingatkan agar lain
kali tidak terlambat
|
||
3
|
19/9/2019
|
Cepi
|
Lupa tidak menyerahkan
aurat izin tidak masuk sekolah dari orang tuanya
|
Tanggyng jawab
|
-
|
Diingatkan untuk tidak
melakukannya lagi
|
4
|
13/10/2019
|
Lusi
|
Memungut sampah yang
berserakan di halaman sekolah
|
Kebersihan (peduli
lingkungan)
|
+
|
Diapresiasi dan
ditingkatan
|
5
|
15/11/2019
|
Beti
|
Mengkoordinir
teman-teman sekelasnya mengumpulkan bantuan untuk korban bencana alam
|
Kepedulian
|
+
|
Diapresiasi dan
ditingkatan
|
2. Penilaian Diri
Penilaian diri dilakukan
dengan cara memeinta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan
dirinya dalambererilaku.
Penilaian diri dapat
menumbuhkan percaya diri peserta didik dalam menilai diri sendiri, mengetahui
kelebihan dan kekurangannya, melatih peserta didik berbuat jujur, membentuk
sikap terhadap mata pelajaran atau pengetahuan.
Instrumen yang digunakan
untuk penilaian diri berupa “lembar penilaian diri” yang dirumuskan secara sederhana,
jelas, tidak bermakna ganda dan dengan bahasa yang mudah dipahami peserta didik
dan format yang mudah diisi peserta didik.
Penilaian diri oleh
peserta didik dilakukan melalui langkah-langkah sebagaiberikut :
1. Menjelaskan kepada peserta
didik tujuan penilaian diri
2. Menentukan indikator yang
akan dinilai
3. Menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan
4. Merumuskan format
penilaian berupa daftar cek (checklist) atau skala penilaian (rating scale)
atau dalam bentuk esai untuk mendorong peserta didik mengenali diri dan
potensinya.
Contoh Lembar Penilaian Diri Menggunakan Daftar Cek (checklist) pada saat kerja Kelompok
Nama : _________________
Kelas/Semester : _________________
Petunjuk :
1. Bacalah baik-baik setiap
pernyataan dan berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai keadaan dirimu yang
sebenarnya.
2. Serahkan kembali format
yang sudah kamu isi kepada bapak/ibu guru.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Selama kegiatan
kelompok, saya :
|
|||
1
|
Mengusulkan ide kepada
kelompok
|
||
2
|
Sibuk mengerjakan tugas
saya sendiri
|
||
3
|
Tidak berani bertanya
karena malu ditertawakan
|
||
4
|
Menertawakan pendapat
teman
|
||
5
|
Aktif mengajukan
pertanyaan dengan sopan
|
||
6
|
Melaksanakan kesepakatan
kelompok, meskipun tidak sesui dengan pendapat saya
|
Penilaian diri dapat juga digunakan
untuk menilai sikap terhadap pengetahuan dan keterampilan serta kesulitan
belajar peserta didik.
3. Penilaian Antar Teman
Penilaian antar teman
adalah penilaian dengan cara peserta didik saling menilai perilaku
temannya. Penilaian antar teman dapat
memberi informasi bagi guru mengenai peserta didik yang digunakan sebagai data
konfirmasi.
Penilaian antar teman
dapat mendorong objektifitas peserta didik, empati, mengapresiasi
keragaman.perbedaan , dan sebagai refleksi diri.
Instrumen yang
digunakan berupa “lembar penilaian antar
teman” Kriterian penyususnan penilaian
antar teman sebagai berikut :
1. Sesuai dengan indikator
yang diukur.
2. Indikator dapat diukur
melalui pengamatan peserta didik.
3. Kriteria penilaian
dirumuskan secara sederhana, jelas, tidak berpotensi munculnya penapsiran
ganda/berbeda.
4. Bahasa yang lugas dan
dipahamai peserta didik.
5. Format sederhana dan mudah
digunakan peserta didik.
6. Indikator menunjukkan
sikap/perilaku peserta didik dalam situasi nyata atau sebenarnya dan dapat
diukur.
Penilaian antar teman
dapat dilakukan pada saat peserta didik melakukan kegiatan di dalam atau di
luar kelas. Pada setiap kelompok pesrta
didik diminta mengamati/menilai dua orang temannya, dan dia juga dinilai oleh
dua orang teman lainnya, seperti diagram berikut ini :
Diagram Penilaian Antarteman |
1. Peserta didik A mengamati
dan menilai B dan E. A Juga dinilai oleh
B dan E
2. Peserta didik B mengamati dan menilai A dan C. B juga dinilai oleh A dan C
2. Peserta didik B mengamati dan menilai A dan C. B juga dinilai oleh A dan C
3. Peserta didik C mengamati
dan menilai B dan D. C juga dinilai oleh
B dan D
4. Peserta didik D mengamati
dan menilai C dan E. D juga dinilai oleh
C dan E
5. Peserta didik E mengamati
dan menilai D dan A. E juga dinilai oleh
D dan A
Contoh Instrumen Penilaian (lembar pengamatan) Antar
Teman (peer assessment) menggunakan
daftar cek (chechklist) pada saat
kerja kelompok
Petunjuk
1. Amati perilaku 2 orang
temanmu selama mengikuti kegiatan kelompok
2. Isilah kolom yang tersedia
dengan tanda cek (V) jika temanmu menunjukkan perilaku yang sesuai 3. dengan
pernyataan untuk indikator yang kamu amati atau tanda strip (-) jika temanmu
tidak menunjukkan perilaku tersebut.
4. Serahkan hasil pengamatan
kepada bapak/ibu guru.
Nama Teman : 1......................, 2. ......................
Nama penilai : ....................................................
Kelas/Semeter : ....................................................
No
|
Pernyataan/Indikator Pengamatan
|
Teman 1
|
Teman 2
|
1
|
Teman saya mengajukan
pertanyaan dengan sopan
|
||
2
|
Teman saya mengerjakan
kegiatan sesuai pembagian tugas dalam kelompok
|
||
3
|
Teman saya mengemukakan ide
untuk menyelesaikan masalah
|
||
4
|
Tman saya memaksa
kelompok untuk menerima usulnya
|
||
5
|
Teman saya menyela
pembicaraan teman kelompok
|
||
6
|
Teman saya menjawab
pertanyaan yang diajukan teman lain
|
||
7
|
Teman saya menertawakan
pendapat teman yang aneh
|
||
8
|
Teman saya melaksanakan
kesepakatan kelompok meskipun tidak sesuai dengan pendapatnya
|
Guru dapat berkreasi
membuat sendiri pernyataan-pernyataan sesuai dengan criteria instrument penilaian
antar teman. Pernyataan atau pertanyaan
bisa bersifat positif (nomor 1, 2, 3, 6, 8) dan bisa bersifat negative (nomor
4, 5, 7).
Guru harus memberi contoh
tauladan dalam bersikap spiritual, sosial/berperilaku baik yang dpat dikuti
oleh peserta didik. Jadi guru tidak
hanya membuat dan melaksakan serta menilai aturan yang dibuat untuk peerta
didik tetapi melakukannya sendiri sehingga peserta didik tentu akan senang hati
mengikuti.
Ingat bahwa penentuan predikat sikap baik spiritual dan sosial
seperti : SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), D (Kurang), melalui rapat
dewan guru untuk Nilai Rapor,karena indeks penilaian 1-4 sudah tidak digunakan
lagi.
Untuk deskripsi akan kita
bahas pada postingan berikutnya tentang “Pelaksanaan Penilaian dan Pengolahan
Hasil Penilaian”
Demikian teknik penilaian
sikap semoga bermanfaat, baca juga "Teknik Penilaian Pengetahuan" agar tuntas.
Ada yang didiskusikan silakan
melalui Kontak Admin. Selamat bertugas.
Tidak ada komentar:
Write comment