20 Mar 2020

Format RPP Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 (Masih Berlaku)

 

Tentang format RPP yang masih berlaku di Indonesia adalah Format Permendikbud No. 103 Tahun 2014, Format Permendikbud No. 22 Tahun 2016, dan Gabungan antara Format 103 dengan 22.  Nah untuk Kementerian Agama masih ditambah lagi dengan Format RPP Dirjen Pendis No. 5164 Tahun 2018 dengan diperbolehkan juga RPP dalam bentuk tabel/kolom baik secara potrait atau lansdkape.
Kemudian format yang terakhir adalah Format RPP SE Kemdikbud No. 14 Tahun 2019 yang dikenal dengan istilah RPP satu lembar meskipun sebenarnya bukan satu lembar.
Dengan begitu maka guru silahkan memilih format yang disukai karena semua diperbolehkan tergantung guru suka/biasa dengan format RPP yang mana.  Kalau saya sendiri suka format RPP sederhana.
CONTOH FORMAT RPP PERMENDIKBUD NO. 103 TAHUN 2014
Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Alokasi Waktu
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD)
    1.  KD pada KI-1
    2.  KD pada KI-2
    3.  KD pada KI-3
    4.  KD pada KI-4
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
    1.  Indikator KD pada KI-1
    2.  Indikator KD pada KI-2
    3.  Indikator KD pada KI-3
    4.  Indikator KD pada KI-4
D. Materi Pembelajaran
     Dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduann guru, sumber belajar lain berupa     muatan lokal, materi kekiknian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
E. Kegiatan Pembelajaran 
    1. Pertemuan Pertama : (........JP)
        a. Kegiatan Pendahuluan
        b. Kegiatan Inti
            - Mengamatai
            - Menanya
            - Mengumpulkan Informasi/Mencoba
            - Menalar/Mengasosiasi
            - Mengomunikasikan
        c. Kegiatan Penutup
    2. Pertemuan Kedua : (......JP)
        a. Kegiatan Pendahuluan
        b. Kegiatan Inti
            - Mengamatai
            - Menanya
            - Mengumpulkan Informasi/Mencoba
            - Menalar/Mengasosiasi
            - Mengomunikasikan
        c. Kegiatan Penutup
    3. Pertemuan Seterusnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
    1. Teknik Penilaian
    2. Instrumen Penilaian
        a. Pertemuan Pertama
        b. Pertemuan kedua
        c. Pertemuan Seterusnya
    3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
        Pembelajaran remedial dilakukan  segera setelah kegiatan penilaian.
G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
    1. Media/Alat
    2. Bahan
    3. Sumber Belajar

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top