Menurut Musclih (2007 : 44) program tahunan adalah rencana umum pembelajaran
mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam
satu tahun. Karena itu yang paling utama di analisa adalah alokasiwaktu
belajar efektif dan pekan efektifnya.
Program tahunan dipersiapkan guru sebelum di awal tahun pelajaran sebagai dasar pengembangan silabus dan rencana Pelaksanaan pembelajaran.
Dalam penyusunan program tahunan perlu diperhatikan jumlah alokasi jam tatap muka, ulangan harian, yang terdapat pada distribusi alokasi waktu efektif yang terdapat pada analisa waktu beajar efektif yag sudah disusun sebelumnya. Untuk Contoh ini Lihat di sini
Catatan :
Program tahunan dipersiapkan guru sebelum di awal tahun pelajaran sebagai dasar pengembangan silabus dan rencana Pelaksanaan pembelajaran.
PIXABAY.COM |
Dalam penyusunan program tahunan perlu diperhatikan jumlah alokasi jam tatap muka, ulangan harian, yang terdapat pada distribusi alokasi waktu efektif yang terdapat pada analisa waktu beajar efektif yag sudah disusun sebelumnya. Untuk Contoh ini Lihat di sini
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan :
___________________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Peminatan
: XII/Semua Peminatan (A Umum)
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
SMTR
|
KI
|
KD
|
Materi pokok
|
Submateri Pokok dan Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
I
|
3.
|
3.1.
|
Bab 1.Kasus-kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga negara
|
· Makna hak dan kewajiban warga negara
|
2
|
· Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai Dasar sila-sila
Pancasila
|
2
|
||||
· Ulangan Harian ke-1
|
2
|
||||
· Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai
Instrumental sila-sila Pancasila
|
6
|
||||
· Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai Praksis sila-sila
Pancasila
|
2
|
||||
· Ulangan harian ke-2
|
2
|
||||
· Kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
warga negara
|
2
|
||||
· Penanganan pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara
|
2
|
||||
· Ulangan harian ke-3
|
2
|
||||
3.2.
|
Bab 2.Perlindungan dan penegakan hukum
di Indonesia
|
· Hakikat perlindungan dan penegakan hukum
|
2
|
||
· Peran lembaga penegak hukum dalam menjamin keadilan
dan kedamaian
|
6
|
||||
· Ulangan harian ke-4
|
2
|
||||
· Dinamika pelanggaran hukum
|
2
|
||||
· Cadangan
|
4
|
||||
· PAS Ganjil
|
2
|
||||
TOTAL SEMESTER 1
|
44 JP
|
||||
II
|
3.
|
3.3.
|
Bab 3. Pengaruh kemajuan Iptek
terhadap Bangsa dan Negara
|
· Mengidentifikasi pengaruh kemajuan Iptek terhadap
NKRI
|
2
|
· Membangun sikap selektif dalam meghadapi berbagai
pengaruh kemajuan Iptek
|
2
|
||||
· Ulangan harian ke-1
|
2
|
||||
3.4.
|
Bab 4,Dinamika persatuan dan kesatuan
dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
· Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
2
|
||
· Persatuan dan kesatuan bangsa pada masa Revolusi
Kemerdekaan
|
2
|
||||
· Persatuan dan kesatuan bangsa pada masa Republik
Indonesia Serikat
|
2
|
||||
· Persatuan dan kesatuan bangsa pada masa Demokrasi
Liberal
|
2
|
||||
· Ulangan harian ke-2
|
2
|
||||
· Persatuan dan kesatuan bangsa pada masa Orde Lama
|
2
|
||||
· Persatuan dan kesatuan bangsa pada masa Orde Baru
dan masa Reformasi
|
2
|
||||
· Cadangan
|
2
|
||||
· PAS
|
2
|
||||
· Ujian Praktik
|
2
|
||||
· USBN
|
2
|
||||
· UNBK
|
2
|
||||
TOTAL SEMESTER 2
|
30 JP
|
__________,________________20______
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_______________________ _________________________
NIP. NIP.
Untuk KI-1 dan KI-4 tidak perlu di buatkan karena pelaksanaannya sudah masuk ke alokasi tatap muka dan di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Untuk penuliasan KI dan KD silahkan gunakan Butir No. atau boleh juga ditulis secara ekplisit.Terserah mana yang lebih memudahkan bagi rekan-rekan.
Selamat mengajar, Sukses selalu
Selamat mengajar, Sukses selalu
Tidak ada komentar:
Write comment