13 Apr 2020

Cara Penyusunan Program Tahunan (Prota)

 

Menurut Musclih (2007 : 44) program tahunan adalah rencana umum pembelajaran mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun.  Karena itu yang paling utama di analisa adalah alokasiwaktu belajar efektif dan pekan efektifnya.

Program tahunan dipersiapkan guru sebelum di awal tahun pelajaran sebagai dasar pengembangan silabus dan rencana Pelaksanaan pembelajaran.
PIXABAY.COM


 Dalam penyusunan program tahunan perlu diperhatikan jumlah alokasi jam tatap muka,  ulangan harian, yang terdapat pada distribusi alokasi waktu efektif yang terdapat pada analisa waktu beajar efektif yag sudah disusun sebelumnya. Untuk Contoh ini Lihat di sini
PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan : ___________________________

Mata Pelajaran       : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Peminatan    : XII/Semua Peminatan (A Umum)
Tahun Pelajaran     : 2019/2020


SMTR
KI
KD
Materi pokok
Submateri Pokok dan Kegiatan
Alokasi Waktu
I
3.
3.1.
Bab 1.Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara
·  Makna hak dan kewajiban warga negara
2
·  Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai Dasar sila-sila Pancasila
2
·  Ulangan Harian ke-1
2
·  Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai Instrumental sila-sila Pancasila
6
·  Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai Praksis sila-sila Pancasila
2
·  Ulangan harian ke-2
2
·  Kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara
2
·  Penanganan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara
2
·  Ulangan harian ke-3
2
3.2.
Bab 2.Perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia
·  Hakikat perlindungan dan penegakan hukum
2
·  Peran lembaga penegak hukum dalam menjamin keadilan dan kedamaian
6
·  Ulangan harian ke-4
2
·  Dinamika pelanggaran hukum
2
·  Cadangan
4
·  PAS  Ganjil
2
TOTAL SEMESTER 1

44 JP
II
3.
3.3.
Bab 3. Pengaruh kemajuan Iptek terhadap Bangsa dan Negara
·   Mengidentifikasi pengaruh kemajuan Iptek terhadap NKRI
2
·   Membangun sikap selektif dalam meghadapi berbagai pengaruh kemajuan Iptek
2
·   Ulangan harian ke-1
2
3.4.
Bab 4,Dinamika persatuan dan kesatuan dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
·   Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia
2
·   Persatuan dan kesatuan bangsa pada masa Revolusi Kemerdekaan
2
·   Persatuan dan kesatuan bangsa pada masa Republik Indonesia Serikat
2
·   Persatuan dan kesatuan bangsa pada masa Demokrasi Liberal
2
·   Ulangan harian ke-2
2
·   Persatuan dan kesatuan bangsa pada masa Orde Lama
2
·   Persatuan dan kesatuan bangsa pada masa Orde Baru dan masa Reformasi
2
·   Cadangan
2
·   PAS
2
·   Ujian Praktik
2
·   USBN
2
·   UNBK
2
TOTAL SEMESTER 2

30 JP

                                                                            __________,________________20______
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran


_______________________                                                   _________________________
NIP.                                                                                          NIP.

Catatan :
Untuk KI-1 dan KI-4 tidak perlu di buatkan karena pelaksanaannya sudah masuk ke alokasi tatap muka dan di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.  Untuk penuliasan KI dan KD silahkan gunakan Butir No. atau boleh juga ditulis secara ekplisit.Terserah mana yang lebih memudahkan bagi rekan-rekan.
Selamat mengajar, Sukses selalu

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top