18 Mei 2020

Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Model Pembelajaran

 

Pendekatan Pembelajaran: dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, terdapat dua jenis pendekatan pembelajaran, yaitu:
Strategi-Pendekatan-Metode [pixabay]
1. pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) Contoh pendekatan saintifik. Pembelajaran pada kurikulum 2013 dan abad 21 merekomendasikan pendekatan pada yang berorientasi pada siswa.

2. pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach) sudah tidak direkomendasikan.
Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu:
1. exposition-discovery learning dan
2. group-individual learning.
Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif yaitu mulai dari sub-sub untuk mencapai kesimpulan dan strategi pembelajaran deduktif yaitu mulai dari hal yang bersifat umum baru ke sub-sub yang membentuk sesuatu itu.
Contoh dari strategi pembelajaran adalah strategi cooperative learning dan strategi active learning.
Metode Pembelajaran: dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya:
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Labolatorium
Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan.
Model pembelajaran: pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Berkenaan dengan model pembelajaran, mengetengahkan 4 (empat) kelompok model pembelajaran, antara lain:
1. model interaksi sosial;
2. model pengolahan informasi;
3. model personal-humanistik; dan
4. model modifikasi tingkah laku.
Kendati demikian, seringkali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran.
Berikut contoh-contoh model pembelajaran yang sudah tidak asing lagi :


Yang mau download silahkan di sini



Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top