Pada contph soal ANBK Literasi untuk SMP-MTs ini terdiri dari 21 soal dan untuk soal nomor 1 s. d. 6 silakan dicermati teks dan gambar berikut ini!
Soal No. 1
Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh
“Aku tadi menawarkan bibit pohon belimbing kepada beberapa tetangga. Kalau mereka ikut menanam pohon, jalan kampung ini akan menjadi lebih teduh. Tidak seperti sekarang, ada bagian yang teduh, ada bagian yang panas,” keluhku. “Ada yang beralasan, air sedang susah didapat. Ada yang berkata, 'Nanti, ya, tunggu musim hujan datang lagi.' Aku kecewa, Yah.”
“Hmm... Mereka tidak ingin menggunakan air terlalu banyak. Saat ini,
memang sebaiknya kita hemat air,” kata Ayah. Tentu saja, aku semakin
merengut. Kalau air tetap sukar didapat, tidak ada orang yang mau
menanam pohon belimbing wuluh itu.
“Tapi, jangan khawatir. Masalah air untuk menyiram tanaman sebentar
lagi akan terbantu oleh proyek Pak RT,” kata Ayah. “Kampung kita akan
punya Pandora L.”
“Pandora L? Apa itu, Yah?”
Maket Pandora L (Pendaur Ulang Limbah Air)
“Ini maket dari pengolahan limbah yang baru
saja selesai dibangun di kampung kita. Bangunan ini ada di dalam tanah
dan berguna untuk mengolah limbah rumah tangga saja, seperti air
cucian,” kata Ayah.
Air hasil pengolahan dari Pandora L digunakan untuk kegiatan menyiram
tanaman dan mencuci kendaraan. Pemasangan Pandora L terletak di Kampung
Genteng Candirejo di tengah kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa
Timur.
(Diadaptasi dari Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh karya Tyas KW)
| A. Tidak, warga akan tetap saja malas menanam dan merawat pohon belimbing wuluh. |
| B. Ya, karena Kampung Genteng Candirejo telah berhasil mencontohkan cara pengelolaan air limbah. |
| C. Tidak, karena warga tidak ingin menggunakan air terlalu banyak saat musim kemarau. |
| D. Ya, karena kekhawatiran kurangnya air di musim kemarau akan terpecahkan dengan dipasangnya Pandora. |
Jawaban : (D) Ya, karena kekhawatiran kurangnya air di musim kemarau akan terpecahkan dengan dipasangnya Pandora.
Soal No. 2
Manakah hal-hal yang menjadi topik pembicaraan antara tokoh Aku
dan Ayah? Beri tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar!
| A. Kekurangan air di musim kemarau. |
| B. Alat untuk mengolah air. |
| C. Pengadaan biaya untuk pemasangan Pandora. |
| D. Penanaman belimbing wuluh. |
Jawaban : (A) Kekurangan air di musim kemarau. (B) Alat untuk mengolah air. .(D) Penanaman belimbing wuluh.
Soal No. 3
Bandingkan sikap tokoh Aku dan Ayah terhadap situasi yang ada
pada cerita tersebut! Beri tanda centang (√) pada kolom “Aku”, “Ayah”,
atau “Aku dan Ayah” untuk setiap pernyataan.
Pernyataan | Aku | Ayah | Aku dan Ayah |
A. Tokoh yang peduli terhadap lingkungan di tempat tinggal mereka |
|
|
|
B. Tokoh yang memiliki ide untuk mengatasi masalah yang dihadapi |
|
|
|
C. Tokoh yang mengajak orang-orang di sekitar untuk melakukan gerakan perbaikan |
|
|
|
D. Tokoh yang kecewa karena para tetangga enggan diajak menanam pohon |
|
|
|
E. Tokoh yang optimistis bahwa Pandora akan menjadi solusi kurangnya air di musim kemarau |
|
|
|
Jawaban : A (Aku dan Ayah), B (Ayah), C (Aku), D (Aku), E (Ayah)
Soal No. 4
Dari wacana tersebut, dapat disimpulkan bahwa perbincangan antara tokoh Aku dan Ayah terjadi pada musim ....
Jawaban : Kemarau
Soal No. 5
Pasangkanlah sesuatu yang disebutkan oleh tokoh dalam cerita tersebut dengan benda yang dimaksud!
|
|
Jawaban :
Hal yang ditawarkan oleh tokoh Aku kepada tetangganya (Bibit Pohon Belimbing). Hal yang akan segera dimiliki oleh warga kampung (Pandora L). Hal yang disarankan oleh tokoh Ayah untuk dihemat (Air)
Soal no. 6
Ketika tokoh Aku menceritakan kejadian yang baru saja dialaminya kepada Ayah, tokoh Aku justru merengut. Jelaskan alasan tokoh aku menunjukkan eskpresi tersebut kepada Ayah!
Jawaban : Karena tokoh aku kecewa dengan jawaban ayah yang ternyata tidak mendukung idenya untuk menanam bibit pohon belimbing di kampung mereka.
Untuk soal munlai nomor 7 s.d. 14 silakan dicermati artikel di bawah ini!
Soal no. 7
Praktik STEM
Berangkat dari keprihatinan siswa SMP Negeri 23 Bandung melihat
krisis air bersih di sekolah, mereka bereksperimen membuat alat
penjernih air sederhana. Kondisi air di sekolah yang bersumber dari air
sumur resapan warnanya kuning dan keruh, serta berbau besi, tentu saja
tidak dapat dipergunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti wudu dan
buang air.
Guru pembimbing, Amalia Sholihah menangkap keprihatinan para siswa
didiknya kemudian mengajak mereka mencari solusi dengan melakukan riset
mandiri. “Ketika membuat ini anak-anak sempat stres, karena tidak
terbiasa. Biasanya kan berupa resep, kalau ini harus menggali, mencari
tahu sendiri, tapi begitu lihat hasilnya mereka sangat bahagia,” tutur
Amalia guru IPA.
Dari hasil penelitian, siswa menemukan bahan-bahan yang harganya
terjangkau tapi efektif menjernihkan air, yaitu ziolit berbentuk seperti
kerikil dengan ukuran kecil dan sedang, pasir aktif, arang aktif, dan
filter akuarium. Bahan-bahan ini kemudian ditakar dan disusun pada wadah
yang sudah tidak terpakai, seperti botol air mineral bekas atau pipa.
Dari percobaan yang dilakukan, susunan paling efektif untuk
menjernihkan air adalah ziolit dengan ukuran kecil pada posisi paling
bawah, dilanjutkan arang aktif, pasir aktif, lalu diisi kembali dengan
ziolit berukuran sedang. Terakhir, posisi teratas dipasang filter
akuarium. Hasilnya, ketika air tercemar dituang, air yang semula kuning,
keruh, dan berbau, menjadi bening dan tidak berbau sama sekali. Air
juga dapat mengalir dengan lancar, tidak mengalami penyumbatan.
Bukan sekadar efektif, namun bahan-bahan tersebut harganya pun
terjangkau, sehingga terbeli oleh siswa. Masing-masing bahan tersebut
harganya berkisar antara tiga ribu hingga dua belas ribu rupiah. “Kalau
kita lihat di internet harga filter itu dua juta, tidak mungkin terbeli
oleh anak-anak saya yang keluarganya menengah ke bawah,” ungkap Amalia.
Selain dapat dirasakan langsung manfaatnya, hasil pembelajaran STEM
siswa SMP Negeri 23 Bandung ini juga seringkali diikutkan pada ekspos
karya pelajar, baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Tidak
puas hanya sampai di sini, Amalia ingin para siswa dapat mengemas
penjernih air dalam wadah menarik, sehingga memiliki nilai ekonomis.
“Lumayan untuk pemasukan, membantu ekonomi keluarga mereka,” harap
Amalia.
*STEM (Science Technology Engineering Mathematics) atau sains,
teknologi, teknik, dan matematika merupakan istilah yang dipakai dalam
sekelompok pelajaran akademik untuk menunjang pengembangan sains dan
teknologi.
*wudu: menyucikan diri (sebelum salat) dengan membasuh muka, tangan, kepala, dan kaki.
(Sumber: Artikel berjudul Sebuah Kisah Praktik Baik Pendidikan STEM dari SMPN 23 Bandung, diunduh dari https://edukasi.kompas.com/read/2018/12/20/10462921/sebuah-kisah-praktik-baik-pendidikan-stem-dari-smpn-23-bandung).
Siapakah yang memaparkan informasi di dalam teks tersebut?
| A. Siswa. |
| B Guru. |
| C Kepala Sekolah. |
| D Orang tua. |
Jawaban : B (Guru)
Soal No. 8
Sebutkan dua bahan yang efektif menjernihkan air sesuai dengan informasi yang tersedia di dalam teks!
Jawaban : Siswa dapat menuliskan 2 dari 4 jawban berikut! yaitu : Ziolit, pasir aktif, arang aktif, filter akuarium.
Soal No. 9
Pasangkanlah urutan paragraf yang ada di lajur kiri dengan pokok pembahasannya yang ada di lajur kanan!
|
|
Jawaban : Pertama (Mememcahkan masalah lingkungan sekitar) . Ketiga (Merancang karya yang efektif dan terjangkau). Kelima ( Melihat potensi ekonomis dari karya yang dibuat)
Soal No. 10
Apa saja dampak yang akan terjadi jika karya penjernih air dapat digunakan di lingkungan sekolah SMP Negeri 23 Bandung? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.
| A. Air sekolah tidak lagi berwarna kuning dan keruh. |
| B. Pencipta karya akan terkenal dan mendapatkan banyak keuntungan. |
| C. Fasilitas wudu dan buang air dapat menyediakan air yang lebih bersih. |
| D. Sekolah dapat menghasilkan energi yang ramah lingkungan. |
Jawaban : (A) Air sekolah tidak lagi berwarna kuning dan keruh. (C) Fasilitas wudu dan buang air dapat menyediakan air yang lebih bersih.
Soal No. 11
Menurut informasi yang ada di dalam teks, perbedaan utama antara alat penjernih air buatan siswa dan alat filter air yang umumnya dijual di internet terkait dengan ….
| A. harga |
| B. kualitas |
| C. kemasan |
| D. efektivitas |
Jawaban : (A) haerga
Soal No. 12
Kategorikanlah pernyataan berikut ke dalam “Fakta” atau “Opini” sesuai dengan informasi yang ada di dalam teks!
Pernyataan | Fakta | Opini |
A. Kualitas air sekolah yang bersumber dari sumur resapan berwarna kuning dan berbau besi |
|
|
B. Begitu melihat hasil karyanya semua murid sangat bahagia |
|
|
C. Bahan-bahan untuk alat penjernih air harganya lebih murah dibandingkan filter air di internet |
|
|
D. Filter air berharga jutaan tidak mungkin terbeli oleh siswa yang berasal dari keluarga menengah ke bawah |
|
|
Jawaban : A (Fakta). B (Opini). C (Fakta). D (Opini)
Soal No. 13
Mengapa murid sekolah diharapkan dapat ikut memecahkan
permasalahan yang ada di lingkungan sekitar? Kamu bisa memilih lebih
dari satu jawaban.
| A. Memecahkan permasalahan dapat menjadi sarana kegiatan untuk pembelajaran. |
| B. Lingkungan sekitar adalah masalah utama yang harus segera dicari solusinya oleh seorang murid. |
| C. Pada dasarnya murid memiliki tanggung jawab untuk ikut berkontribusi positif terhadap lingkungannya. |
| D. Memecahkan permasalahan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan untuk mencari keuntungan. |
Jawaban : (A) Memecahkan permasalahan dapat menjadi sarana kegiatan untuk pembelajaran. (C) Pada dasarnya murid memiliki tanggung jawab untuk ikut berkontribusi positif terhadap lingkungannya.
Soal No. 14
Setelah membaca teks informasi tersebut, tentunya kamu memperoleh pesan yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tuliskan dua pesan yang kamu peroleh dari teks informasi tersebut!
Jawaban : - Harus peduli terhadap permaaslahan di lingkungan sekitar. - Kita perlu berinovasi. - Menciptakan alat bermanfaat tidak harus mahal. - Kita bisa belajar banyak hal saat memecahkan permasalahan sekitar.
Mulai nomor 15 sampai dengan soal 21 silakan mencermati puisi berikut ini!
Soal No. 15
'Perempuan – perempuan perkasa' karya Hartoyo Andangjaya, 1963
Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
dari manakah mereka..
Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum peluit kereta pagi terjaga..
Sebelum hari bermula dalam pesta kerja..
Perempuan-perempuan yang membawa bakul dalam kereta,
ke manakah mereka..
Di atas roda-roda baja mereka berkendara.
Mereka berlomba dengan surya menuju gerbang kota..
Merebut hidup di pasar-pasar kota..
Perempuan-perempuan perkasa yang membawa bakul di pagi buta,
siapakah mereka..
Mereka ialah ibu-ibu berhati baja, perempuan-perempuan perkasa.
akar-akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota..
Mereka cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa..
(Hartoyo Andangjaya, 1963)
(diunduh dari https://indonesianliteraryworks.blogspot.com/2016/09/poetry-perempuan-perempuan-perkasa.html)
Simpulan apa yang kamu dapat mengenai perempuan dalam puisi tersebut?
Jawaban : Jawaban siswa menunjukkan bahwa perempuan adalah sosok yang kuat, tangguh, dan pekerja keras.
Soal No. 16
Latar tempat yang disampaikan di dalam bait pertama puisi adalah ….
| A. stasiun dan bukit desa |
| B. bukit desa dan pasar kota |
| C. pasar kota dan stasiun |
| D. stasiun dan gerbang kota |
Jawaban : (A) Stasiun dan bukit desa
Soal No. 17
Pasangkanlah bait puisi yang ada di lajur kiri dengan isi puisi yang ada di lajur kanan!
|
|
Jawaban : Pertama (Tentang dari manakah perempuan-perempuan perkasa berasal). Kedua (
Tentang ke manakah perempuan-perempuan perkasa akan pergi). Ketiga (Tentang siapakah yang dimaksud dengan perempuan-perempuan perkasa)
Soal No. 18
Apakah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan informasi yang ada di dalam puisi?
Pernyataan | Sesuai | Tidak Sesuai |
A. Perempuan-perempuan perkasa adalah ibu-ibu pedagang dari desa yang berjualan ke kota. |
|
|
B. Perempuan-perempuan perkasa berangkat dari perbukitan desa menuju ke stasiun di malam hari. |
|
|
C. Perempuan-perempuan perkasa berangkat beramai-ramai menuju ke kota. |
|
|
D. Perempuan-perempuan perkasa saling berebut tempat di pasar kota. |
|
|
Jawaban : A (Sesuai). B (Tidak Sesuai). C (Sesuai). D (Tidak Sesuai)
Soal No. 19
Jika kamu membaca puisi tersebut, sikap apa yang dapat ditiru dari tokoh dalam puisi tersebut?
| A. Kerja keras. |
| B. Hemat. |
| C. Rajin. |
| D. Santai. |
Jawaban : (A) Kerja keras. (C) Rajin
Soal No. 20
Siapakah perempuan-perempuan perkasa yang dimaksud oleh pengarang pada puisi tersebut?
Jawaban : Perempuan-perempuan desa yang berdagang di kota.
Soal No. 21
Untuk apa perempuan-perempuan itu membawa bakul ke kereta?
Jawaban : Untuk membawa barang dagangan ke kota.
Tidak ada komentar:
Write comment