Langkah-langkah menyusun
rekapitulasi penilaian sikap untuk satu semester.
- Semua guru mata pelajaran, wali kelas, dan guru BK memberi informasi berdasarkan jurnal yang dibuat mengenai sikap/perilaku yang sangat baik dan/atau kurang baik dari peserta didik.
- Wali kelas merangkum dan menyimpulkan (memberi predikat dan merumuskan deskripsi) capaian sikap spiritual dan sosial setiap peserta didik berdasarkan hasil kesepakatan rapat dewan guru. Predikat terdiri atas sangat baik, baik, cukup, atau kurang, dan deskripsi sikap ditulis dengan kalimat positif.
- Deskripsi yang ditulis pada sikap spiritual dan sikap sosial adalah perilaku yang sangat baik, sedangkan sikap spiritual dan sikap sosial yang kurang baik dideskripsikan sebagai perilaku yang perlu pembimbingan.
- Dalam hal peserta didik yang tidak ada informasi tambahan dari semua guru, sikap peserta didik tersebut diasumsikan berperilaku baik.
- Rekapitulasi hasil penilaian sikap spritual dan sikap sosial yang dibuat oleh wali kelas berupa predikat dan deskripsi diisikan dalam rapor.
Skema Pengolahan Nilai Sikap |
Penilaian Sikap melalui
Observasi dan dicatat dalam Jurnal Deskripsi Sikap Spiritual & Sikap Sosial
serta Predikat(RAPOR) Dikumpulkan Ke Wali Kelas Guru Mata pelajaran Merangkum catatan selama 1
semester setiap siswa Guru BK:Merangkum catatan selama 1 semester setiap
siswa Wali Kelas: Merangkum catatan selama 1 semester setiap siswa Sikap
Spiritua lSikap Sosial.
Rambu-rambu deskripsi
pencapaian sikap:
- Sikap yang ditulis adalah sikap spritual dan sikap sosial yang merepresentasikan ketercapaian sikap pada KI-1 dan KI-2.
- Substansi sikap spiritual adalah hal-hal yang berkaitan dengan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Substansi sikap sosial adalah hal-hal yang berkaitan dengan menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, responsif dan pro-aktif. Sikap tersebut menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Hasil penilaian pencapaian sikap dalam bentuk predikat dan deskripsi.
- Predikat dalam penilaian sikap bersifat kualitatif, yakni: Sangat Baik, Baik, Cukup, dan Kurang.
- Predikat tersebut ditentukan berdasarkan judgement isi deskripsi oleh pendidik
- Apabila peserta didik tidak ada catatan apapun dalam jurnal, sikap peserta didik tersebut diasumsikan BAIK.
- Deskripsi sikap terdiri atas sikap yang sangat baik dan/atau sikap kurang baik yang memerlukan pembinaan dan pembimbingan.
- Deskripsi sikap menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ........tetapi masih perlu peningkatan dalam ……..atau ....... namun masih perlu bimbingan dalam hal .......
- Deskripsi sikap menyebutkan perkembangan sikap/perilaku peserta didik yang sangat baik dan/atau baik dan yang mulai/sedang berkembang.
- Deskripsi sikap spiritual “dijiwai” oleh deskripsi pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, sedangkan deskripsi mata pelajaran lainnya menjadi penguat.
- Deskripsi sikap sosial “dijiwai” oleh deskripsi pada mata pelajaran PPKn, sedangkan deskripsi mata pelajaran lainnya menjadi penguat.
- Sikap dikembangkan selama satu semester, deskripsi nilai/perkembangan sikap peserta didik didasarkan pada sikap peserta didik pada masa akhir semester. Oleh karena itu, sebelum deskripsi sikap akhir semester dirumuskan, guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas harus memeriksa jurnal secara keseluruhan hingga akhir semester untuk melihat apakah telah ada catatan yang menunjukkan bahwa sikap peserta didik tersebut telah menjadi sangat baik, baik, atau mulai berkembang.
- Apabila peserta didik memiliki catatan sikap KURANG baik dalam jurnal dan peserta didik tersebut belum menunjukkan adanya perkembangan positif, deskripsi sikap peserta didik tersebut didiskusikan dalam rapat dewan guru pada akhir semester. Rapat dewan guru menentukan kesepakatan tentang predikat dan deskripsi sikap KURANG yang harus dituliskan, dan juga kesepakatan tindak lanjut pembinaan peserta didik tersebut. Tindak lanjut pembinaan sikap KURANG pada peserta didik sangat bergantung pada kondisi sekolah, guru dan keterlibatan orang tua/wali murid.
Contoh Predikat dan Deskripsi Penilaian Sikap
Spiritual :
Sangat Baik (SB) :
Selalu bersyukur dan
berdoa sebelum melakukan kegiatan serta memiliki toleransi pada agama yang
berbeda, memberi tausyiah dihadapan teman-temannya saat kegiatan imtaq, membaca
Al-Quran secara tilawah saat-saat acara keagamaan, selalu sholat dhuhur berjamaah
di sekolah.
Baik (B) :
Selalu bersyukur dan
berdoa sebelum melakukan kegiatan serta memiliki toleransi pada agama yang
berbeda, ketaatan beribadah mulai berkembang.
Cukup (C) :
Selalu bersyukur dan
berdoa sebelum melakukan kegiatan serta memiliki toleransi pada agama yang
berbeda, ketaatan beribadah belum terlihat.
Contoh Predikat dan Deskripsi Penilaian Sikap Sosial :
Sangat Baik (SB) :
Memiliki sikap santun,
disiplin, dan tanggung jawab yang baik, sangat responsif dalam pergaulan serta
memiliki kepedulian sangat tinggi.
Baik (B) :
Memiliki sikap santun,
disiplin, dan tanggung jawab yang baik, sangat responsif dalam pergaulan serta
memiliki kepedulian scukup tinggi.
Cukup (C) :
Memiliki sikap santun,
kurang peduli, percaya diri, kurang disiplin, dan tanggungjawab mulai
meningkat. Perlu pendampingan dan pembinaan secara intensif.
Demikian rekan-rekan dapat
berkreasi sesuai pengamatan dari guru mata pelajaran,guru BK, wali kelas yang
dibahasa dalam rapat kenaikan kelas.
Penilian autentik selalu
berpedoman kepada teknik-teknik penilaian yang sudah ada dan baku dalamarti
harus sesuai dengan pengamatan tidak semau guru. Jadi ingat selalu prinsip penilaian yaitu
sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dn berkesinambungan,
sistematis, beracuan criteria, akuntabel.
Selain itu syarat kenaikan
kelas dan kelulusan salahsatunya adalah nilai sikap spiritual maupun sosial
minimal memperoleh B (Baik).
Catatan:
Kriteria penilaian sikap
dibuat oleh sekolah disesuaikan dengan peraturan dan karakteristik satuan
pendidikan sebagai rujukan untuk menentukan nilai akhir predikat dan deskripsi
sikap peserta didik pada rapor.
Tidak ada komentar:
Write comment