Nilai pengetahuan
diperoleh dari hasil penilaian harian dan penilaian akhir selama satu semester
untuk mengetahui pencapaian kompetensi pada setiap KD pada KI-3.
Penilaian
harian dapat dilakukan melalui tes tertulis dan/atau penugasan, tes lisan
sesuai dengan karakteristik masing-masing KD.
Pelaksanaan penilaian harian
dapat dilakukan setelah pembelajaran satu KD atau lebih.
Penilaian harian dapat dilakukan lebih dari satu kali untuk KD dengan cakupan materi luas dan komplek sehingga penilaian harian tidak perlu menunggu pembelajaran KD tersebut selesai.
Penilaian harian dapat dilakukan lebih dari satu kali untuk KD dengan cakupan materi luas dan komplek sehingga penilaian harian tidak perlu menunggu pembelajaran KD tersebut selesai.
Hasil penilaian
pengetahuan yang dilakukan oleh pendidik dengan berbagai teknik penilaian dalam
satu semester direkap dan didokumentasikan pada tabel pengolahan nilai sesuai
dengan KD yang dinilai.
Jika dalam satu KD dilakukan penilaian lebih dari satu
kali maka nilai akhir KD tersebut merupakan nilai rata-rata. Nilai akhir
pencapaian pengetahuan mata pelajaran tersebut diperoleh dengan cara
merata-ratakan hasil pencapaian kompetensi setiap KD selama satu semester.
Nilai akhir selama satu semester pada rapor ditulis dalam bentuk angka bulat
pada skala 0 – 100 dan predikat, serta dilengkapi dengan deskripsi singkat
kompetensi yang menonjol berdasarkan pencapaian KD selama satu semester.
Contoh:
Pengolahan nilai
pengetahuan mata pelajaran Matematika Wajib kelas X semester I Tanpa Pembobotan
Keterangan:
- Jumlah KD dalam satu semester pada tabel tersebut sebanyak 5 KD
- KKM MP tersebut adalah 65
- Satu KD dapat dilakukan beberapa kali penilaian jika KD tersebut memiliki cakupan materi yang luas serta memiliki kompleksitas yang tinggi, atau satu KD hanya dinilai satu kali jika cakupan materi tidak luas serta kompleksitas rendah, dan satu atau lebih KD dapat satu kali penilaian jika antar KD tersebut memiliki keterkaitan, ruang lingkup yang rendah serta kompleksitas rendah.
- Pada contoh tabel diatas, penilaian KD 3.1 dan KD 3.2 masing-masing dilakukan sebanyak 3 kali, penilaian KD 3.3 sebanyak 4 kali, penilaian KD 3.4 dan KD 3.5 masing-masing dilakukan sebanyak 2 kali.
- Penilaian setiap KD dapat dilakukan berbagai cara. Pada contoh diatas, penilaian harian kesatu pada KD 3.1 dilakukan melalui tes tertulis, penilaian kedua dilakukan melalui penugasan, dan penilaian ketiga dilakukan melalui tes tertulis pada penilaian akhir Semester.
- Cakupan materi yang diuji pada penilaian akhir Semester terdiri sejumlah indikator yang merepresentasikan KD pada semester pertama pada tahun pelajaran berjalan. Hal ini sangat memungkinkan cakupan materi dalam satu semester tidak semua KD.
- Pada contoh tabel diatas, cakupan materi yang diuji pada penilaian akhir Semester terdiri atas KD 3.1, KD 3.2, KD 3.3, KD 3.4, dan KD 3.5.
- Laporan hasil belajar pada pada penilaian akhir semester berdasarkan KD yang diuji.
- Nilai akhir setiap KD diperoleh dengan cara merata-ratakan nilai dari KD yang sama.
Contoh:
- Nilai akhir KD 3.1 = 75+68+70 = 71
3
- Nilai akhir KD 3.3 = 86+74+90+80 = 83
4
- Nilai rapor menggunakan rata-rata dari seluruh nilai KD dalam satu semester dengan perhitungan sebagai berikut :
= 71+65+83+88+84
= 78
5
- Nilai pengetahuan= 78 kemudian diberikan predikat (D, C, B, atau A) sesuai dengan interval predikat yang ditetapkan satuan pendidikan.
- Deskripsi berisi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh peserta didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan. Pada nilai di atas yang paling dikuasai Ani adalah KD 3.4 dan yang perlu ditingkatkan pada KD 3.2.
Contoh deskripsi:
“Memiliki kemampuan dalam
menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan
kuadrat-kuadrat), namun perlu peningkatan pemahaman masalah penyelesaian
pertidaksamaan irasional satu variabel”.
Pengolahan penilaian
pengetahuan sesuai dengan konsep tujuan penilaian yaitu untuk mengetahui
tingkat kompetensi hasil belajar yang merujuk pada KD, sehingga ketercapaian KD
dalam satu semester tergambar dengan jelas.
Laporan hasil belajar melalui
penilaian akhir semester secara administratif menjadi tantangan dalam
pelaporannya karena harus dipilah berdasarkan hasil setiap KD.
Demikian cara melakukan penilaian pengetahuan dan membuat deskripsinya. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Write comment