22 Apr 2020

Teknik Penilaian Pengetahuan dalam Kurikulum 2013

 


Merujuk pada panduan penilaian kurikulum 2013 Kemdikbud 2017 bahwa teknik yang biasa digunakan dalam penilaian pengetahuan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan.  Skema penilaian pengetahuan berikut ini :
Skema Penilaian Pengetahuan

1. Tes Tertulis pilihan Ganda
Tes tertulis dapat berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan soal uraian.
Langkah-langkah mengembangkan instrumen tes tertulis sebagai berikut :
1) Menetapkan tujuan tes (untuk seleksi, formatif, atau sumatif)
2) Menyusun kisi-kisi soal
3) Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan kaidah penulisan soal
4) Menyusun pedoman penskoran sesuai dengan bentuk soal yang digunakan
5) Menelaah soal sebelum diujikan yaitu menganalisis validitas yang meliputi substansi atau materi, konstruksi, dan bahasa.
Contoh Kisi-kisi Tes Tertulis Pilihan Ganda :
Nama Satuan Pendidikan    : ______________
Kelas/Semester                    : X/2
Tahun Pelajaran                   : 2019/2020
Mata Pelajaran                     : Kimia
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
No. Soal
Bentuk Soal
1
3.8 Menganalisis sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya
Sifat larutan
Disajikan tabel hasil pecobaan uji larutan, peserta didik dapat menentukan senyawa yang merupakan larutan elektrolit dan non elektrolit dengan tepat
Penalaran (C4)
1
PG
Setelah menyusun kisi-kisi maka selanjutnya mengembangkan butir soal berdasarkan kaidah penulisan soal meliputi substansi/materi, konstruksi, dan bahasa. 
Substansi/Materi :
1. soal sesuai dengan indikator
2. Tidak bertentangan dengan SARA, pornografi, politik, propaganda, dan Kekerasan.
3. Sesuai dengan kompetensi (UKRK = Urgensi, Keberlanjutan, Relevansi, dan Keterpakaian)
4. Pilihan jawaban homogeny dan logis
5. Hanya ada satu kunci jawaban yang tepat
Konstruksi :
1. Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas
2. Rumusan pokok soal  dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
3. pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban
4. Pokok soal tidak menggunakan pernyataan negative ganda
5. Gambar, table, grafik, diagram harus jelas dan berfungsi
6. Panjang rumusan pilihan jawaban relative sama
7. Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua pilihan jawaban benar” atau “semua pilihan kawaban salah”.
8. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu disusun berdasarkan besar kecilnya angka atau kronologi kejadian.
9. Butir soal tidak bergantung  pada jawaban soal sebelumnya.
Bahasa :
1. Menggunakan bahasa sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, kecuali untuk mata pelajaran bahasa asing atau bahasa daerah.
2. Menggunakan bahasa yang komunikatif
3. Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat
4. Pilihan jawaban tidak mengulang kata/kelompok kata yang sama, kecuali merupakan satu kesatuan pengertian.
Contoh Butir Soal Pilihan Ganda Kimia Berdasarkan Kisi-kisi di atas :
1. Perhatikan data percobaan uji larutan berikut!
Larutan Nomor
Pengamatan
Elektroda
Lampu
(1)
Tidak ada gelembung
Padam
(2)
Sedikit gelembung
Padam
(3)
Sedikit gelembung
Redup
(4)
Banyak gelembung
Redup
(5)
Banyak gelembung
Menyala
Pasangan senyawa yang merupakan larutan elektrolit dan non elektrolit berturut-turut   ditunjukkan oleh larutan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (2) dan (5)
E. (5) dan (1)
Kunci Jawaban : E
2. Tes Tulis Bentuk Uraian
Tes tulis bentuk uraian atau esai menuntut peserta didik untuk mengorganisasikan dan menuliskan jawaban dengan kalimatnya sendiri.  Penilaian untuk SMA sebaiknya lebih banyak menilai keterampilan berpikir tinggkat tinggi (HOTS=high order thinking skills) yaitu bentuk sol yang memiliki tingkat berpikir menganalisis, mengevaluasi, sampai ke mencipta.  Untuk melatih HOTS sebaiknya penilaian lebih banyak diberikan dalam bentuk uraian.
Kaidah penulisan soal bentuk uraian sebagai berikut :
Substansi/Materi :
1) Soal sesuai dengan indikator
2) Tidak mengandung SARA,pornografi, politik, propaganda, dan Kekerasan.
3) Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan, sesuai.
4) Materi yang diukur sesuai dengan kompetensi.
5) Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan tingkat kelas.
Konstruksi :
1) Ada petunjuk yang jelas mengenai cara mengerjakan soal.
2) Rumusan kalimat soal/pertanyaan menggunakan kata Tanya aau perintah yang menuntut jawaban terurai.
3) Ganbar, grafik, table, diagram, harus jelas dan berfungsi.
4) Ada pedoman penskoran atau rubrik.
Bahasa :
1) Rumusan kalimat soal/pertanyaan komunikatif.
2) Menggunakan bahasa sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, kecuali untuk mata pelajaran bahasa asing atau bahasa daerah.
3) Tidak mengandung kata-kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian.
4) Tidak mengandung kata yang menyinggung perasaan.
5) Tidak menggunkan kata yang berlaku setempat.
Contoh Kisi-Kisi Tes Tertulis Bentuk Uraian :
Nama Satuan Pendidikan     : ________________
Kelas/Semester                    : X/1
Tahun Pelajaran                   : 2019/2020
Mata Pelajaran                     : Matematika Umum
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
No. Soal
Bentuk Soal
1
3.3. Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah konstekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian scalar, dan perkalian, serta transpose
Matriks
Diberikan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dapat menganalisisnya dalam bentuk matriks.
Penalaran (C4)
1
Uraian
Contoh Rumusan Butir Soal  Uraian Matematika Berdasarkan di atas :
1. Perhatikan informasi berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 1!
Agen perjalanan menawarkan paket perjalanan ke Bali.  Paket I terdiri atas 4 malam menginap, 3 tempat wisata dan 5 kali makan.  Paket II dengan 3 malam menginap, 4 tempat wisata dan 7 kali makan.  Paket III dengan 5 malam menginap, 4 tempat wisata dan tidak ada makan.  Sewa hotel Rp 400.000,00 per malam, transportasi ke setiap tempat wisata Rp 80.000,00, dan makan di restoran yang ditunjuk Rp 90.000,00. Setiap kali makan.
a. Nyatakan dalam matriks harga sewa hotel, transportasi, dan makan.  Nyatakan dalam matriks paket yang ditawarkan.
b. Dengan menggunakan perkalian matriks, tentukan matiks biaya untuk setiap paket.
c. Paket mana yang menawarkan biaya termurah?

(Buku Siswa Matematika Kkelas XI Semester I halaman 86, soal no. 15)
Pedoman penskoran :
3. Tes Lisan :
Tes lisan merupakan pemberian soal/pertanyaan secara klasikal ketika pembelajaran.  Jawaban peserta didik dapat berupa kata, frase, kalimat maupun paragraph. Tes lisan menumbuhkan sikap peserta didik untuk berani berpendapat.  Adapun rambu-rambu pelaksanaan tes lisan sebagai berikut :
1) Tes lian dapat digunakan untuk mengambil nilai dan sebagai fungsi diagnostic untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap kompetensi  dan materi pembelajaran.
2) Pertanyaan sesuai dengan tingkat kompetensi dan materi yang dinilai.
3) Pertanyaan diharapkan dapat mendorong peserta didik dalam mengonstruksi jawaban sendiri.
4) Pertanyaan disusun dari yang sederhana sampai yang lebih komplek.
Contoh Pertanyaan Tes Lisan :
Satuan Pendidikan      : ________________
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester           : X/I
Tahun Pelajaran          : 2019/2020
Kompetensi Dasar    : 3.1. Menjelaskan ruang lingkup biologi (Permasalahan pada berbgai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja.
Indikator Soal            :
1. Peserta didik mmpu menyebutkan cabang-cabang biologi yang berhubungan dengan informasi yang diberikan.
2. Peserta didik mampu menjelaskan urutan tingkat organisasi kehidupan.
Pertanyaan :
1. Salah satu penyakit degenerative pada manusia usia lanjut (manula) adalah diabetes mellitus yang berkaitan dengan menurunnya fungsi pancreas untuk menghasilkan insulin.  Sebutkan cabang-cabang biologi yang berhubungan dengan penyakit tersebut!
2. Jelaskan organisasi kehidupan dai tingkat yang paling kecil sampai tingkat paling besar!
3. Teknik Penilaian Pengetahuan dalam Bentuk Penugasan :
Penugasan adalah pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur dan/atau meningkatkan pengetahuan. Penugasan yang digunakan untuk mengukur pengetahuan (assessment of learning) dapat dilakukan setelah proses pembelajaran sedangkan penugasan yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan (assessment for learning) diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran.
Penugasan dapat dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas. Penugasan lebih ditekankan pada pemecahan masalah dan tugas produktif lainnya.
Rambu-rambu penugasan :
1) Tugas mengarah pada pencapaian indikator hasil belajar.
2) Tugas dapat dikerjakan oleh peserta didik, selama proses pembelajaran atau merupakan bagian dari pembelajaran mandiri.
3) Pemberian tugas disesuaikan dengan taraf perkembangan peserta didik.
4) Materi penugasan harus sesuai dengan cakupan kurikulum.
5) Penugasan ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan kompetensinya secara individual meskipun tugas diberikan secara kelompok.
6) Pada tugas kelompok, perlu dijelaskan rincian tugas setiap anggota kelompok.
7) Tampilan kualitas hasil tugas yang diharapkan disampaikan secara jelas.
8) Penugasan harus mencantumkan rentang waktu pengerjaan tugas.
Contoh penugasan :
Satuan Pendidikan      : ________________
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester           : XI /1
Tahun Pelajaran          : 2019/2020
Kompetensi Dasar    :
3.1. Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan.
Indikator:
Menganalisis taktik dan strategi (pola menyerang dan bertahan) permainan sepakbola.
Rincian tugas:
1. Amatilah/tontonlah pertandingan sepak bola di lapangan/televisi/internet, atau media lain!
2. Perhatikan taktik dan strategi yang muncul, baik pertahanan maupun penyerangan dalam pertandingan tersebut!
3. Buatlah laporan hasil pengamatanmu dengan tampilan yang menarik dan menggunakan bahasa Indonesia yang benar sehingga mudah dipahami. Laporan meliputi pendahuluan (tujuan penyusunan laporan, nama pertandingan, tempat, waktu, dan tim yang bertanding) dan pelaksanaan (hasil pengamatan taktik dan strategi permainan).
4. Laporan diserahkan selambat-lambatnya satu minggu setelah pemberian tugas.
Contoh rubrik penilaian laporan tugas Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan :
Kriteria
Skor
Indikator
Pendahuluan
5
Memuat: (1) tujuan penyusunan laporan, (2) nama pertandingan, (3) tempat, (4) waktu, dan (5) tim yang bertanding
4
Memuat tujuan dan 3 dari 4 butir lainnya
3
Memuat tujuan dan 2 dari 4 butir lainnya
2
Memuat tujuan dan 1 dari 4 butir lainnya
1
Tidak memuat tujuan penyusunan laporan, ada salah satu atau lebih dari 4 butir lainnya
0
Tidak memuat tujuan dan 4 butir lainnya
Pelaksanaan
4
Taktik dan strategi pertahanan dan penyerangan diulas dengan lengkap
3
Taktik atau strategi pertahanan dan penyerangan diulas dengan lengkap
2
Taktik atau strategi pertahanan atau penyerangan diulas dengan lengkap
1
Taktik dan strategi pertahanan dan penyerangan diulas tidak lengkap
Kesimpulan
4
Terkait dengan pelaksanaan tugas dan ada saran untuk perbaikan penugasan berikutnya yang feasible
3
Terkait dengan pelaksanaan tugas dan ada saran untuk perbaikan penugasan berikutnya tetapi kurang feasible
2
Terkait dengan pelaksanaan tugas tetapi tidak ada saran
1
Tidak terkait dengan pelaksanaan tugas dan tidak ada saran
Tampilan Laporan
4
Laporan rapi dan menarik, dilengkapi cover dan foto/gambar
3
Laporan rapi dan menarik, dilengkapi cover atau foto/gambar
2
Laporan dilengkapi cover atau foto/gambar tetapi kurang rapi atau kurang menarik
1
Laporan kurang rapi dan kurang menarik, tidak dilengkapi cover dan foto/gambar
Keterbacaan
4
Mudah dipahami, pilihan kata tepat, dan ejaan semua benar
3
Mudah dipahami, pilihan kata tepat, beberapa ejaan salah
2
Kurang dapat dipahami, pilihan kata kurang tepat, dan beberapa ejaan salah
1
Tidak mudah dipahami, pilihan kata kurang tepat, dan banyak ejaan yang salah
Contoh Pengolahan Hasil Penugasan :
No
Nama
Skor
Jumlah Skor
Nilai
Penda
huluan
Pelak
sanaan
Kesimpulan
Tampilan
Keterbacaan
1
Adi
4
2
2
3
3
14
70
Keterangan:
Skor maksimal = Jumlah skor tertinggi setiap kriteria.
Pada contoh di atas, skor maksimal = 5+4+4+4+4 = 21.
Nilai tugas = 14
Pada contoh di atas nilai tugas Adi = 14/21 x 100 = 66.66 ´
Dibulatkan menjadi 70.
Demikian postingan Teknik Penilaian Pengetahuan pada Kurikulum 2013 khususnya untuk SMA sederajat.  Lihat juga Teknik Penilaian Ketrampilan.
Selamat Bertugas sehat selalu.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top