Merujuk pada panduan
penilaian kurikulum 2013 Kemdikbud 2017 bahwa teknik yang biasa digunakan dalam
penilaian pengetahuan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Skema penilaian pengetahuan berikut ini :
Skema Penilaian Pengetahuan |
1. Tes Tertulis pilihan Ganda
Tes tertulis dapat berupa
soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan soal
uraian.
Langkah-langkah
mengembangkan instrumen tes tertulis sebagai berikut :
1) Menetapkan tujuan tes
(untuk seleksi, formatif, atau sumatif)
2) Menyusun kisi-kisi soal
3) Menulis soal
berdasarkan kisi-kisi dan kaidah penulisan soal
4) Menyusun pedoman
penskoran sesuai dengan bentuk soal yang digunakan
5) Menelaah soal sebelum
diujikan yaitu menganalisis validitas yang meliputi substansi atau materi,
konstruksi, dan bahasa.
Contoh Kisi-kisi Tes Tertulis Pilihan Ganda :
Nama Satuan
Pendidikan : ______________
Kelas/Semester : X/2
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Mata Pelajaran : Kimia
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
1
|
3.8 Menganalisis sifat
larutan berdasarkan daya hantar listriknya
|
Sifat larutan
|
Disajikan tabel hasil
pecobaan uji larutan, peserta didik dapat menentukan senyawa yang merupakan
larutan elektrolit dan non elektrolit dengan tepat
|
Penalaran (C4)
|
1
|
PG
|
Setelah menyusun kisi-kisi
maka selanjutnya mengembangkan butir soal berdasarkan kaidah penulisan soal
meliputi substansi/materi, konstruksi, dan bahasa.
Substansi/Materi :
1. soal sesuai dengan
indikator
2. Tidak bertentangan
dengan SARA, pornografi, politik, propaganda, dan Kekerasan.
3. Sesuai dengan
kompetensi (UKRK = Urgensi, Keberlanjutan, Relevansi, dan Keterpakaian)
4. Pilihan jawaban
homogeny dan logis
5. Hanya ada satu kunci
jawaban yang tepat
Konstruksi :
1. Pokok soal dirumuskan
dengan singkat, jelas, dan tegas
2. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang
diperlukan saja.
3. pokok soal tidak
memberi petunjuk kunci jawaban
4. Pokok soal tidak
menggunakan pernyataan negative ganda
5. Gambar, table, grafik,
diagram harus jelas dan berfungsi
6. Panjang rumusan pilihan
jawaban relative sama
7. Pilihan jawaban tidak
menggunakan pernyataan “semua pilihan jawaban benar” atau “semua pilihan
kawaban salah”.
8. Pilihan jawaban yang
berbentuk angka atau waktu disusun berdasarkan besar kecilnya angka atau
kronologi kejadian.
9. Butir soal tidak
bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Bahasa :
1. Menggunakan bahasa
sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, kecuali untuk mata pelajaran bahasa
asing atau bahasa daerah.
2. Menggunakan bahasa yang
komunikatif
3. Tidak menggunakan
bahasa yang berlaku setempat
4. Pilihan jawaban tidak
mengulang kata/kelompok kata yang sama, kecuali merupakan satu kesatuan
pengertian.
Contoh Butir Soal Pilihan Ganda Kimia Berdasarkan
Kisi-kisi di atas :
1. Perhatikan data
percobaan uji larutan berikut!
Larutan Nomor
|
Pengamatan
|
|
Elektroda
|
Lampu
|
|
(1)
|
Tidak ada gelembung
|
Padam
|
(2)
|
Sedikit gelembung
|
Padam
|
(3)
|
Sedikit gelembung
|
Redup
|
(4)
|
Banyak gelembung
|
Redup
|
(5)
|
Banyak gelembung
|
Menyala
|
Pasangan senyawa yang
merupakan larutan elektrolit dan non elektrolit berturut-turut ditunjukkan oleh larutan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (2) dan (5)
E. (5) dan (1)
Kunci Jawaban : E
2. Tes Tulis Bentuk Uraian
Tes tulis bentuk uraian
atau esai menuntut peserta didik untuk mengorganisasikan dan menuliskan jawaban
dengan kalimatnya sendiri. Penilaian
untuk SMA sebaiknya lebih banyak menilai keterampilan berpikir tinggkat tinggi
(HOTS=high order thinking skills)
yaitu bentuk sol yang memiliki tingkat berpikir menganalisis, mengevaluasi,
sampai ke mencipta. Untuk melatih HOTS
sebaiknya penilaian lebih banyak diberikan dalam bentuk uraian.
Kaidah penulisan soal bentuk uraian sebagai berikut :
Substansi/Materi :
1) Soal sesuai dengan
indikator
2) Tidak mengandung
SARA,pornografi, politik, propaganda, dan Kekerasan.
3) Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan, sesuai.
4) Materi yang diukur
sesuai dengan kompetensi.
5) Isi materi yang
ditanyakan sesuai dengan tingkat kelas.
Konstruksi :
1) Ada petunjuk yang jelas
mengenai cara mengerjakan soal.
2) Rumusan kalimat
soal/pertanyaan menggunakan kata Tanya aau perintah yang menuntut jawaban
terurai.
3) Ganbar, grafik, table,
diagram, harus jelas dan berfungsi.
4) Ada pedoman penskoran
atau rubrik.
Bahasa :
1) Rumusan kalimat
soal/pertanyaan komunikatif.
2) Menggunakan bahasa
sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, kecuali untuk mata pelajaran bahasa
asing atau bahasa daerah.
3) Tidak mengandung
kata-kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian.
4) Tidak mengandung kata
yang menyinggung perasaan.
5) Tidak menggunkan kata
yang berlaku setempat.
Contoh Kisi-Kisi Tes Tertulis Bentuk Uraian :
Nama Satuan Pendidikan : ________________
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Mata Pelajaran : Matematika Umum
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
1
|
3.3. Menjelaskan matriks
dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah konstekstual dan melakukan
operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian
scalar, dan perkalian, serta transpose
|
Matriks
|
Diberikan permasalahan
nyata dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dapat menganalisisnya dalam
bentuk matriks.
|
Penalaran (C4)
|
1
|
Uraian
|
Contoh Rumusan Butir Soal Uraian Matematika Berdasarkan di atas :
1. Perhatikan informasi
berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 1!
Agen perjalanan
menawarkan paket perjalanan ke Bali.
Paket I terdiri atas 4 malam menginap, 3 tempat wisata dan 5 kali
makan. Paket II dengan 3 malam
menginap, 4 tempat wisata dan 7 kali makan.
Paket III dengan 5 malam menginap, 4 tempat wisata dan tidak ada
makan. Sewa hotel Rp 400.000,00 per
malam, transportasi ke setiap tempat wisata Rp 80.000,00, dan makan di
restoran yang ditunjuk Rp 90.000,00. Setiap kali makan.
a. Nyatakan dalam
matriks harga sewa hotel, transportasi, dan makan. Nyatakan dalam matriks paket yang
ditawarkan.
b. Dengan menggunakan
perkalian matriks, tentukan matiks biaya untuk setiap paket.
c. Paket mana yang
menawarkan biaya termurah?
(Buku Siswa Matematika
Kkelas XI Semester I halaman 86, soal no. 15)
|
3. Tes Lisan :
Tes lisan merupakan
pemberian soal/pertanyaan secara klasikal ketika pembelajaran. Jawaban peserta didik dapat berupa kata, frase,
kalimat maupun paragraph. Tes lisan menumbuhkan sikap peserta didik untuk
berani berpendapat. Adapun rambu-rambu
pelaksanaan tes lisan sebagai berikut :
1) Tes lian dapat
digunakan untuk mengambil nilai dan sebagai fungsi diagnostic untuk mengetahui
pemahaman peserta didik terhadap kompetensi
dan materi pembelajaran.
2) Pertanyaan sesuai dengan
tingkat kompetensi dan materi yang dinilai.
3) Pertanyaan diharapkan
dapat mendorong peserta didik dalam mengonstruksi jawaban sendiri.
4) Pertanyaan disusun dari
yang sederhana sampai yang lebih komplek.
Contoh Pertanyaan Tes Lisan :
Satuan Pendidikan : ________________
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/I
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Kompetensi Dasar : 3.1. Menjelaskan ruang lingkup biologi (Permasalahan pada berbgai
obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode
ilmiah dan prinsip keselamatan kerja.
Indikator Soal :
1. Peserta didik mmpu
menyebutkan cabang-cabang biologi yang berhubungan dengan informasi yang
diberikan.
2. Peserta didik mampu
menjelaskan urutan tingkat organisasi kehidupan.
Pertanyaan :
1. Salah satu penyakit degenerative
pada manusia usia lanjut (manula) adalah diabetes
mellitus yang berkaitan dengan menurunnya fungsi pancreas untuk
menghasilkan insulin. Sebutkan cabang-cabang
biologi yang berhubungan dengan penyakit tersebut!
2. Jelaskan organisasi
kehidupan dai tingkat yang paling kecil sampai tingkat paling besar!
3. Teknik Penilaian Pengetahuan dalam Bentuk Penugasan
:
Penugasan adalah pemberian
tugas kepada peserta didik untuk mengukur dan/atau meningkatkan pengetahuan.
Penugasan yang digunakan untuk mengukur pengetahuan (assessment of learning)
dapat dilakukan setelah proses pembelajaran sedangkan penugasan yang
digunakan untuk meningkatkan pengetahuan (assessment for learning) diberikan
sebelum dan/atau selama proses pembelajaran.
Penugasan dapat dikerjakan
secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas. Penugasan
lebih ditekankan pada pemecahan masalah dan tugas produktif lainnya.
Rambu-rambu penugasan :
1) Tugas mengarah pada
pencapaian indikator hasil belajar.
2) Tugas dapat dikerjakan
oleh peserta didik, selama proses pembelajaran atau merupakan bagian dari
pembelajaran mandiri.
3) Pemberian tugas
disesuaikan dengan taraf perkembangan peserta didik.
4) Materi penugasan harus
sesuai dengan cakupan kurikulum.
5) Penugasan ditujukan
untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan kompetensinya
secara individual meskipun tugas diberikan secara kelompok.
6) Pada tugas kelompok,
perlu dijelaskan rincian tugas setiap anggota kelompok.
7) Tampilan kualitas hasil
tugas yang diharapkan disampaikan secara jelas.
8) Penugasan harus
mencantumkan rentang waktu pengerjaan tugas.
Contoh penugasan :
Satuan Pendidikan : ________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
Kelas/Semester : XI /1
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Kompetensi Dasar :
3.1. Menganalisis keterampilan
gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan.
Indikator:
Menganalisis taktik dan
strategi (pola menyerang dan bertahan) permainan sepakbola.
Rincian tugas:
1. Amatilah/tontonlah
pertandingan sepak bola di lapangan/televisi/internet, atau media lain!
2. Perhatikan taktik dan
strategi yang muncul, baik pertahanan maupun penyerangan dalam pertandingan
tersebut!
3. Buatlah laporan hasil
pengamatanmu dengan tampilan yang menarik dan menggunakan bahasa Indonesia yang
benar sehingga mudah dipahami. Laporan meliputi pendahuluan (tujuan penyusunan
laporan, nama pertandingan, tempat, waktu, dan tim yang bertanding) dan
pelaksanaan (hasil pengamatan taktik dan strategi permainan).
4. Laporan diserahkan
selambat-lambatnya satu minggu setelah pemberian tugas.
Contoh rubrik penilaian laporan tugas Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan :
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Pendahuluan
|
5
|
Memuat: (1) tujuan penyusunan
laporan, (2) nama pertandingan, (3) tempat, (4) waktu, dan (5) tim yang
bertanding
|
4
|
Memuat tujuan dan 3 dari 4
butir lainnya
|
|
3
|
Memuat tujuan dan 2 dari 4
butir lainnya
|
|
2
|
Memuat tujuan dan 1 dari 4
butir lainnya
|
|
1
|
Tidak memuat tujuan penyusunan
laporan, ada salah satu atau lebih dari 4 butir lainnya
|
|
0
|
Tidak memuat tujuan dan 4 butir
lainnya
|
|
Pelaksanaan
|
4
|
Taktik dan strategi
pertahanan dan penyerangan diulas dengan lengkap
|
3
|
Taktik atau strategi
pertahanan dan penyerangan diulas dengan lengkap
|
|
2
|
Taktik atau strategi
pertahanan atau penyerangan diulas dengan lengkap
|
|
1
|
Taktik dan strategi pertahanan
dan penyerangan diulas tidak lengkap
|
|
Kesimpulan
|
4
|
Terkait dengan pelaksanaan
tugas dan ada saran untuk perbaikan penugasan berikutnya yang feasible
|
3
|
Terkait dengan pelaksanaan
tugas dan ada saran untuk perbaikan penugasan berikutnya tetapi kurang feasible
|
|
2
|
Terkait dengan pelaksanaan
tugas tetapi tidak ada saran
|
|
1
|
Tidak terkait dengan
pelaksanaan tugas dan tidak ada saran
|
|
Tampilan Laporan
|
4
|
Laporan rapi dan menarik,
dilengkapi cover dan foto/gambar
|
3
|
Laporan rapi dan menarik,
dilengkapi cover atau foto/gambar
|
|
2
|
Laporan dilengkapi cover atau
foto/gambar tetapi kurang rapi atau kurang menarik
|
|
1
|
Laporan kurang rapi dan kurang
menarik, tidak dilengkapi cover dan foto/gambar
|
|
Keterbacaan
|
4
|
Mudah dipahami, pilihan kata
tepat, dan ejaan semua benar
|
3
|
Mudah dipahami, pilihan kata
tepat, beberapa ejaan salah
|
|
2
|
Kurang dapat dipahami, pilihan
kata kurang tepat, dan beberapa ejaan salah
|
|
1
|
Tidak mudah dipahami, pilihan
kata kurang tepat, dan banyak ejaan yang salah
|
Contoh Pengolahan Hasil Penugasan :
No
|
Nama
|
Skor
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
Penda
huluan
|
Pelak
sanaan
|
Kesimpulan
|
Tampilan
|
Keterbacaan
|
||||
1
|
Adi
|
4
|
2
|
2
|
3
|
3
|
14
|
70
|
Keterangan:
Skor maksimal = Jumlah
skor tertinggi setiap kriteria.
Pada contoh di atas, skor
maksimal = 5+4+4+4+4 = 21.
Nilai tugas = 14
Pada contoh di atas nilai
tugas Adi = 14/21 x 100 = 66.66 ´
Dibulatkan menjadi 70.
Demikian postingan Teknik
Penilaian Pengetahuan pada Kurikulum 2013 khususnya untuk SMA sederajat. Lihat juga Teknik Penilaian Ketrampilan.
Selamat Bertugas sehat
selalu.
Tidak ada komentar:
Write comment