10 Des 2021

Analisa Ulangan Harian, Pengayaan dan Remedial

 


Analisa hasil penilaian merupkan administrasi guru yang masuk pada buku kerja 3, sesungguhnya tidak dapat dipisahkn dari program perbaikan dan pengayaan karena dengan melakukan analisa terhadap ulangan siswa akan menghasilkan ketuntasan atau ketidaktuntasan seseorang siswa terhadap penguasaan kompetensi dasar tertentu.  Jadi akan ditindaklanjuti dengan melakukan program perbaikan dan pengayaan.
Gambar oleh Pete Linforth dari Pixabay
Selain itu analisa hasil ulangan dan program perbaikan dan pengayaan digunakan juga sebagai laporan capaian kinerja guru yang biasanya ditanyakan saat supervisi kepala sekolah maupun oleh pengawas pendidikan setempat, bahkan untuk ASN dipergunakan sebagai komponen wajib dalam menyusun DUPAK (Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit) bila rekan mau naik pangkat dan golongan.
Analisa hasil penilaian dan program pengayaan dan remedial ini dilakukan setiap guru menyelesaikan ulangan harian, ulangan blok, atau penilaian tengah semester.  Jadi bukan selesai semester seperti yang banyak dilakukan kalau siswa nilai rendah, tidak ada remedial saat selesai semester karena nilai rapor itu diolah dari semua nilai siswa seperti tugas, ulangan harian, dan semester.
Jadi prinsip remedial itu adalah pemberian pembelajaran atau pemahaman kembali terhadap KD atau materi yang belum dikuasai dan itu dapat diketahui kalau diadakan analisa ulangan harian untuk perbaikan selanjutnya sampai siswa itu paham. Tidak masalah nilai semester siswa rendah misalnya karena yang akan tampil di rapor adalah nilai hasil olahan.
Berikut ini saya coba bagi pengalaman saya saat pengusulan kenaikan pangkat ke-Guru Madya-Pembina TK.I Gol. Ruang  IV/B  tahun 2015, Alhamdulillah tidak ada revisi dan langsung goal.  Pada contoh ini saya tampilkan analisa hasil penilaian untuk soal Pilihan Ganda, Gabungan PG dan Uraian, dan Uraian.  Terserah rekan maup gunakan yang mana silakan sesuai dengan test yang dilakukan.  Bagi rekan yang mahir dalam pembuatan software atau aplikasi silakan gunakan aplikasi tetapi inilah yang pernah saya lakukan yaitu manual.  Keuntungan manual itu kita menjadi lebih paham caranya dan bisa ditularkan ke-rekan lainnya.  Ada memang yang sebaiknya kita lakukan dengan aplikasi misalnya “Mengnalisa Butir Soal” karena kalu manual akan mebutuhkan waktu yang sangat lama untuk menganalisa masing-masing butir soal.   
Metode untuk melakukan perbaikan dan pengayaan dapat rekan lihat di sini.  Ok berikut contoh-contonya :



Demikian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan sekarang rekan yang baru lulus atau jadi guru semakin memahami sehingga semakin percaya diri karena semakin professional.  Untuk analisa butir soal silakan didownload disini. Untuk cara analisa hasil ulangan harian lengkap dengan pengayaan dan perbaikan silakan  Download File di sini.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top