10 Des 2021

Penilaian Keterampilan dan Deskripsinya

 

Nilai keterampilan diperoleh dari hasil penilaian unjuk kerja/kinerja/praktik, proyek, produk, portofolio, dan bentuk lain sesuai karakteristik KD mata pelajaran. Hasil penilaian setiap KD pada KI-4 berdasarkan nilai optimal jika penilaian dilakukan dengan teknik yang sama pada KD yang sama yang dilakukan beberapa kali penilaian. Jika penilaian KD yang sama dilakukan dengan teknik yang berbeda, misalnya proyek dan produk atau praktik dan produk, maka hasil akhir penilaian KD tersebut dirata-ratakan.
Untuk memperoleh nilai akhir keterampilan pada setiap mata pelajaran adalah dengan cara merata-ratakan dari semua nilai KD pada KI-4 dalam satu semester. Selanjutnya, penulisan capaian keterampilan pada rapor menggunakan angka bulat pada skala 0 – 100 dan predikat, serta dilengkapi deskripsi singkat capaian kompetensi.
 
Contoh 1 Pengolahan Nilai Keterampilan :
Mata pelajaran : Seni Tari
Kelas : X
 
Keterangan:
  • Praktik pada KD 4.1 sebanyak 1 kali dan KD 4.2 sebanyak 2 kali. KD 4.3 dan KD 4.4 dinilai melalui satu proyek. Selain itu KD 4.4 juga dinilai melalui satu kali produk 
  • Pada KD 4.1, 4.2, dan 4.3 Nilai Akhir KD diperoleh berdasarkan nilai optimum, karena materi dan teknik penilaian yang digunakan sama serta dilakukan beberapa kali. Sedangkan untuk 4.4 diperoleh berdasarkan rata-rata karena menggunakan proyek dan produk. 
  • Nilai akhir semester (Rapor) didapat dengan cara merata-ratakan nilai akhir setiap KD pada KI- 4. 
  • Nilai rapor keterampilan dihitung berdasarkan rerata dari seluruh nilai KD dalam satu semester dengan perhitungan sebagai berikut.
Nilai Rapor = 87+75+92+79   = 83.25 (dibulatkan menjadi 83)
                               4
  • Nilai keterampilan= 83 kemudian diberikan predikat (D, C, B, atau A) sesuai dengan interval predikat yang ditetapkan satuan pendidikan. 
  • Nilai rapor keterampilan dilengkapi deskripsi singkat kompetensi yang sangat baik dan kurang baik berdasarkan pencapaian KD pada KI-4 selama satu semester. 
  • Deskripsi nilai keterampilan berdasarkan nilai KD yang menonjol. Pada tabel tersebut yang tertinggi adalah KD 4.3, sehingga deskripsi singkatnya sebagai berikut: “Sangat terampil meragakan ragam gerak tari tradisional sesuai dengan iringan”
Contoh 2: Pengolahan nilai keterampilan :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
 
Keterangan:
  • Praktik pada KD 4.7 dinilai melalui aspek menyusun teks, KD. 4.8 menangkap makna, dan KD 4.9 menyunting masing-masing dilakukan sebanyak 3 kali. 
  • Penilaian ketiga KD tersebut berdasarkan nilai optimum karena materi dan teknik penilaian yang digunakan sama serta dilakukan beberapa kali, sehingga nilai optimum KD 4.7 adalah 74, KD 4.8 adalah 98, dan KD 4.9 adalah 86.
  •  Nilai rata-rata optimum didapat dengan cara merata-ratakan nilai optimum pada setiap KD dengan perhitungan sebagai berikut.
Rata-rata Optimum = 74+98+86   = 86
                                         3
  • Deskripsi nilai keterampilan berdasarkan nilai KD yang menonjol. Pada tabel tersebut yang tertinggi adalah KD 4.8, sehingga deskripsi singkatnya sebagai berikut: “Sangat terampil menangkap makna yang tersirat dalam paragraph suatu bacaan”
Demikian cara penilaian keterampilan serta membuat deskripsinya.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top