27 Mei 2020

Contoh Jurnal Agenda Guru

 


Jurnal agenda guru merupakan administrasi guru yang masuk pada Buku 2 berguna untuk laporan Tunjangan Kinerja Guru (Tukin) atau capaian kinerja guru.  
Gambar oleh Jess Watters dari Pixabay


Jurnal agenda guru ini dibuat atau diisi setiap hari sebagai indikator apa saja yang sudah dikerjakan seorang guru pada hari tersebut.  Selain mengajar tentu ada kegiatan lain yang dikerjakan guru pada jam-jam diluar kelas yang merupakan satu kesatuan dari kinerja mengajar di dalam kelas. 
Misalnya kinerja di luar kelas : mengorksi hasil ulangan, mempersiapkan materi untuk jam mengajar berikutnya, menghadiri rapat koordinasi, menghadiri rapat-rapat dinas, kunjungan rumah ke siswa bermasalah, mengikuti pelatihan,MGMP, Kegiatan rutinitas di satuan pendidikan sepeti imtak, sholat berjamaah, atau membuat perangkat mengajar/administrasi lainnya semua itu harus terangkum dalam jam per jam sehingga tergambar kinerja guru  selama berada di sekolah.
Berikut contoh formt jurnal agenda guru yang dapat digunakan :

Kalau sudah selesai silakan dibinder atau dijilid per bulan.  Untuk memudahkan pengisian silakan rekan guru memiliki buku bantu kinerja untuk menulis sementara sebelum dipindah/diketik ke format jurnal agenda guru di komputer  sehingga menjadi bukti fisik kinerja.
Kemudian pelaksanaan kegiatan diluar jam mengajar tidak harus perjam fix tapi sesuai kegiatan itu karena bisa saja rapat itu berjam-jam, atau pelatihan itu berhari-hari kecuali jam tatap muka sesuai dengan jadwal yang ada.
Demikian contoh dari jurnal agenda guru, dipersilakan rekan guru untuk melakukan penyesuaian berdasarkan situasi dan kondisi kebiasaan di sekolah masing-masing.  Karena tdak ada format yang fix.  Download di sini
Demikian semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top