8 Jan 2021

Kekurangan dan Kelebihan Soal Menjodohkan

 

Soal menjodohkan mengukur kemampuan peserta tes dalam mencocokkan, menyesuaikan, dan menghubungkan antar dua pernyataan yang disediakan. 
Soal ini terdiri atas dua lajur. Lajur pertama (sebelah kiri) berupa pokok soal dan lajur kedua (sebelah kanan) berupa respons (jawaban). 

Kelebihannya adalah relatif lebih mudah dalam perumusan butir soal, ringkas dan efektif dilihat dari segi rumusan butir soal dan pilihan jawaban, penskoran dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan objekti.
 
Kekurangannya cenderung mengukur kemampuan mengingat, sehingga kurang tepat digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang lebih tinggi, kemampuan menebak dengan benar relatif tinggi karena jumlah pernyataan soal (dalam lajur sebelah kiri) dengan pernyataan jawaban (dalam lajur sebelah kanan) tidak banyak berbeda dan tidak semua materi atau konsep dapat dilakukan bentuk soal menjodohkan. 
 
Kaidah penulisan soal menjodohkan :
Materi : 
soal harus sesuai dengan indikator, soal harus logis dan homogen ditinjau dari segi materi, dan rumusan pokok soal dan jawaban harus merupakan pernyataan yang berkaitan dengan materi yang diukur. 
 
Konstruksinya :
  • Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas, tidak memberi petunjuk ke arah jawaban, tidak mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda
  • Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi
  • Setiap butir soal dalam satu paket tes yang sama tidak boleh berisi informasi yang bisa mempengaruhi peserta didik dalam menjawab butir soal lain.
  • Jumlah jawaban lebih banyak dari pokok soal, pokok soal dan jawaban disusun secara sistematis dan kronologis, homogen dan parallel
  • Soal merupakan pernyataan yang berkaitan dengan materi yang diukur, soal tidak memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar maupun salah, kalimat pada pokok soal relatif lebih panjang daripada jawaban, dan pokok soal menggunakan angka sedangkan jawaban menggunakan huruf.
Bahasanya :
  • Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia
  • Soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif atau mudah dipahami peserta didik
  • Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat, terutama jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional.
Contoh Soal Menjodohkan : 
Jodohkanlah definisi besaran pada kolom 2 dengan dimensi pada kolom 3! 
 
Puspendik 2019
Kunci jawaban: 1 – C , 2– A,  3 – D,  4 – B
Demikian kekurangan dan kelebihan soal menjodohkan semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top