16 Jan 2021

Desa Tradsional Sade Lombok Tengah

 

Bagi rekan yang suka dengan traveling budaya maka Desar Tradisional Sade di Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat adalah pilihan yang tepat untuk melihat lebih dekat kehidupan masyarakatnya denagn ciri khas tradisional suku sasak Lombok.  
dok. Edukasi : Wisatawan belajar menenun
Desa Sade dan Masyarakatnya salahsatu komunitas yang masih kental dengan kehidupan tradisional suku sasak lombok.
Desa Sade terletak di Kabupaten Lombok Tengah baagian selatan sekitar 5 kilometer dari Bandara Internasional Lombok dekat dengan Daerah Wisata Kute dan masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dimana diKute juga terdapat Sirkuit Internasional Moto GP yang akan dimulai pada musim balapan 2021.
Keseharian masyarakat Sade dari segi kekerabatan dan rumah tempat tinggalnya masih tradisional sekali, mata pencaharian asli adalah wanita menenun dan lelaki bertani. Yang unik sekali dimana lantai rumah dibuat dari tanah liat dan dibalut dengan kotoran kerbau atau sapi sehingga menjadi sangat kuat dan licin dengan perlakuan tertentu sehingga tidak kalah dengan semen jadi tidak menggunakan kramik pada umumnya.  Berdinding anyaman atau pagar dari bambu, para gadis berpakain tradisionalyang bernama "Lambung" dan menenun.
Bila Anda berkunjung akan dipandu dengan dan diterangkan bagaimana kehidupan masyarakatnya oleh pemandu khusus di tempat itu.  Anda akan dismabut dengan ramah begitu sampai di gerbang Desa Tradisional Sade.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top