5 Des 2021

Contoh Pembahasan Kisi-Kisi, Soal, dan Jawaban AKM SD SMP SMA SMK Sederajat

 

Menjelang pelaksanaan AKM tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusast Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) telah merilis contoh kisi-kisi dan soal AKM untuk semua jenjang pendidikan.

latihan soal akam
Level Pembelajaran AKM Semua Jenjang

Contoh-contoh soal ini telah dilengkapi dengan Kunci Jawaban dan pembahasan dengan tujuan agar semua guru dan siswa dapat menjadi pegangan dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di semua jenjang pendidikan mulai SD, SMP, SMA, SMK, sederajat.

Berikut link-link yang dapat membantu untuk jenis-jenis soal AKM :

Level 1 (Kelas 1 & 2) SD : 

Numerasi (Kelas) 2 :

  1. Memahami bilangan cacah (maksimal tiga angka) DI SINI 
  2. Memahami pecahan satuan sederhana (1/2, 1/3, 1/4, 1/5) DI SINI
  3. Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan DI SINI 
  4. Membandingkan dua bilangan cacah (maksimal tiga angka) DI SINI
  5. Menghitung hasil penjumlahan/pengurangan dua bilangan cacah (maksimal tiga angka) DI SINI 
  6. Menentukan beberapa (maksimal 5) kelipatan suatu bilangan cacah n dengan n<10. (Setara dengan skip counting) DI SINI 
  7. Mengenal segi emapat, segi tiga, segi banyak, dan lingkaran DI SINI 
  8. Mengenal balok dan kubus DI SINI 
  9. Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam), dan volume (liter) DI SINI 
  10. Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan/pengurangan saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak) DI SINI
  11. Mengenali pola gambar atau objek DI SINI 

Literasi Teks Fiksi :

  1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI
  2. Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya DI SINI
  3. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks sastra sesuai jenjangnya DI SINI
  4. Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI
  5. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya DI SINI

 Literasi Teks Informasi :

  1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI
  2. Mengidentifkasi topik atau fokus pembahasan pada teks informasi yang sesuai jenjangnya DI SINI
  3. Menyimpulkan kejadian pada teks informasi sesuai jenjangnya DI SINI
  4. Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI
  5. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya DI SINI 

 Level 2 (Kelas 3 & 4) SD :

 Numerasi (Kelas) 4 :

  1. Memahami pecahan dan pecahan campuran positif dengan penyebut bilangan satu atau dua angka (misal 5/12, 2⅗) DI SINI
  2. Mengetahui posisi pecahan pada garis bilangan DI SINI
  3. Membandingkan dua pecahan, termasuk membandingkan pecahan dan bilangan cacah DI SINI 
  4. Menghitung hasil penjumlahan/pengurangan/perkalian/pembagian dua bilangan cacah (maks. enam angka), termasuk menghitung kuadrat dari suatu bilangan cacah (maks. tiga angka) DI SINI
  5. Menentukan KPK, faktor suatu bilangan cacah, dan FPB DI SINI 
  6. Menghitung luas persegi panjang bila diketahui panjang dan lebarnya, dan menghitung panjang atau lebar bila diketahui luas dan salah satu sisinya DI SINI 
  7. Mengenal prisma dan tabung DI SINI 
  8. Mengenal dan menggunakan satuan luas (cm2, m2) dan volume (cm3, m3) DI SINI 
  9. Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi perkalian/pembagian saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak) DI SINI 
  10. Mengenali pola bilangan sederhana dan melanjutkan pola tersebut DI SINI 
  11. Memahami cara penyajian data sederhana (menggunakan turus dan diagram gambar) DI SINI 
  12. Menentukan kejadian yang lebih mungkin di antara beberapa kejadian DI SINI 

Literasi Teks Fiksi :

  1.  Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI
  2. Mengidentifikasi dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya DI SINI
  3. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI 
  4. Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks untuk menentukan apakah suatu komentar/ pertanyaan/ pernyataan relevan dengan isi teks pada teks sastra atau teks informasi DI SINI 
  5. Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI 
  6. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya DI SINI 
  7. Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya DI SINI 

Literasi Teks Informasi : 

  1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI
  2. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI
  3. Menyimpulkan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep berdasarkan informasi rinci di dalam teks informasi yang sesuai jenjangnya DI SINI
  4. Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI 
  5. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya DI SINI 
  6. Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya DI SINI 

 Level 3 (Kelas 5 & 6) SD :

 Numerasi (Kelas) 6 :

  1. Memahami bilangan bulat, khususnya bilangan bulat negatif DI SINI
  2. Menyatakan bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma dan persentase dalam bentuk pecahan, atau sebaliknya DI SINI
  3. Mengetahui posisi bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma pada garis bilangan serta posisi bilangan bulat termasuk billangan bulat negatif DI SINI
  4. Mengurutkan beberapa bilangan yang dinyatakan dalam bentuk berbeda DI SINI 
  5. Menghitung hasil penjumlahan/pengurangan/perkalian/pembagian pecahan atau bilangan desimal, termasuk menghitung kuadrat dan kubik dari suatu bilangan desimal dengan satu angka di belakang komSerta Operasi pada bilangan bulat termasuk bilangan bulat negatif  DI SINI 
  6. Menghitung luas bangun datar (mungkin komposit) DI SINI 
  7. Mengenal limas, kerucut, dan bola DI SINI 
  8. Mengenal dan menggunakan satuan kecepatan dan debit DI SINI 
  9. Menyelesaikan persamaan linier 1 variabel (misal 2x + 3 = 7) DI SINI 
  10. Menentukan suku ke-n pada suatu pola bilangan sederhana DI SINI 
  11. Menggunakan rasio/skala untuk menentukan nilai/bilangan yang tidak diketahui DI SINI 
  12. Membaca (= memetik informasi dari) data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran (termasuk pula cara pengumpulan data dan cara penyajiannya) DI SINI

 Literasi Teks Fiksi :

  1.  Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI
  2. Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra sesuai jenjangnya DI SINI
  3. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI 
  4. Menyusun inferensi (kesimpulan) berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) di dalam teks sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya DI SINI 
  5. Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI 
  6. Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
     

 Literasi Teks Informasi :

  1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI
  2. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI
  3. Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI 
  4. Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI 
  5. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya DI SINI
  6. Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya DI SINI  

 Level 4 (Kelas 7 & 8) SMP :

Numerasi (Kelas) 8 :

  1. Memahami sifat-sifat bangun datar dan hubungan antara bangun datar serta serta dapat  menggunakan  Teorema Pythagoras DI SINI
  2. Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan(balok, kubus, prisma segitiga, tabung, dan bentuk kompositnya) DI SINI
  3. Menyelesaikan pertaksamaan linier 1 variabel atau sistem persamaan linear 2 variabel DI SINI 
  4. Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi obyek DI SINI
  5. Memahami fungsi linier dan grafiknya, serta sifat-sifatnya DI SINI 
  6. Memecahkan masalah aritmetika sosial yang terkait dengan rasio/persentase DI SINI 
  7. Menentukan dan menggunakan mean, median, dan modus DI SINI
  8. Menghitung peluang kejadian sederhana. DI SINI

Literasi Teks Fiksi : 

  1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  2. Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  3. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  4. Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  5. Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI   

 Literasi Teks Informasi :

  1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  2. Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  3. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  4. Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  5. Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  6. Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). DI SINI 
  7. Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  8. Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  9. Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 

 Level 5 (Kelas 9 & 10) SMP dan SMA :

 Numerasi (Kelas) 10 :

  1. Memahami dan menggunakan perbandingan trigonometri. DI SINI
  2. Menghitung volume dan luas permukaan limas segi-n, kerucut, dan bola. DI SINI
  3. Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear dua atau tiga variable DI SINI 
  4. Memahami barisan Aritmetika dan geometri DI SINI 
  5. Memahami fungsi kuadrat dan grafiknya, serta sifat-sifatnya DI SINI 
  6. Menentukan dan menggunakan ukuran penyebaran data (jangkauan, simpangan, dan variansi). DI SINI 
  7. Memahami dan menggunakan sifat-sifat peluang kejadian. DI SINI  

 Literasi Teks Fiksi :

  1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  2. Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  3. Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  4. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  5. Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  6. Menilai tujuan penulis dalam menggunakan diksi dan kosa kata pada teks sastra sesuai jenjangnya. DI SINI 
  7. Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  8. Menilai elemen intrinsik (karakterisasi, alur cerita, latar) serta autentisitas penggambaran masyarakat pada teks sastra sesuai jenjangnya. DI SINI 
  9. Menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi teks sastra atau teks informasi sesuai jen jangnya. DI SINI 

 Literasi Teks Informasi :

  1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  2. Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  3. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  4. Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  5. Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  6. Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). DI SINI 
  7. Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  8. Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  9. Menilai dan mengidentifikasi bias pada penulisan teks informasi sesuai jenjangnya. DI SINI
  10. Menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi teks sastra atau teks informasi sesuai jen jangnya. DI SINI 

 Level 6 (Kelas 11 & 12) SMA :

 Literasi Teks Fiksi :

  1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  2. Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  3. Menyusun generalisasi (kesimpulan umum) dari hasil inferensi terhadap ide-ide yang terkandung di dalam teks sastra atau teks informasi. DI SINI 
  4. Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  5. Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya. DI SINI 

 Literasi Teks Informasi :

  1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  2. Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI
  3. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  4. Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  5. Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). DI SINI 
  6. Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  7. Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. DI SINI 
  8. Menilai dan mengidentifikasi bias pada penulisan teks informasi sesuai jenjangnya. DI SINI 

Untuk lebih lengkapnya silakan mengunuungi link Pusat Assesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Semoga bermanfaat.

Semoga bermanfaat, sukses selalu.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top