Edukasi-Rekan-rekan guru, calon guru di manapun berada, kembali saya bagi hasil analisa Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022. Berikut ini hasil analisis tentang jumlah minggu/pekan, minggu/pekan tidak efektif, minggu/pekan efektif serta jumlah jam mengajar efektif dengan contoh 2 Jam pelajaran per minggu. Analisa ini saya tampilkan dalam bentuk format.
Yang mungkin menjadi permasalahan berapa jumlah hari dalam satu minggu bisa dikatakan satu minggu?
Karena tidak ada aturan yang eksplisit dalam hal ini maka layak kita berpegang pada rekomendasi dari pengawas pendidikan disepakati bahwa :
- Jika dalam seminggu itu terdapat minimal 3 hari belajar efektif maka bisa dikatakan satu minggu, satu pekan.
- Satu minggu itu 6 hari belajar efektif, pekan 5 hari belajar efektif.
- PAS, PAT, UN, UAS, Ujian Praktik, tidak termasuk hari efektif belajar.
SEMESTER GANJIL SAMA UNTUK KELAS X, XI, DAN XII :
Contoh : Analisa
Minggu, Tidak Efektif, Efektif, dan Jam Tatap Muka, dengan 2 Jam Pelajaran per Minggu :
No |
Bulan |
Minggu |
Tidak Efektif |
Efektif |
Jam Tatap Muka |
1 |
Juli |
5 |
2 |
3 |
6 |
2 |
Agustus |
4 |
0 |
4 |
8 |
3 |
September |
5 |
0 |
5 |
10 |
4 |
Oktober |
4 |
0 |
4 |
8 |
5 |
Nopember |
4 |
0 |
4 |
8 |
6 |
Desember |
5 |
5 |
0 |
0 |
|
Jumlah |
27 |
7 |
20 |
40 JP |
Rincian Minggu Tidak Efektif :
No |
Uraian |
Jlh Minggu |
Minggu Ke- |
Bulan |
1 |
MASTA/MOS
|
2 |
1-2 |
Juli
|
2 |
PAS
Ganjil |
2 |
1-2 |
Desember
|
3 |
Input
Nilai Rapor/Bagi Rapor |
1 |
3 |
Desember
|
4 |
Libur
PAS |
2 |
4-5 |
Desember
|
|
Jumlah |
7 |
|
|
Rincian Minggu Efektif :
No |
Uraian |
Jlh Minggu |
Minggu Ke- |
Bulan |
1 |
KBM |
3 |
3-4-5 |
Juli |
2 |
KBM |
4 |
1-2-3-4 |
Agustus |
3 |
KBM |
5 |
1-2-3-4-5 |
September |
4 |
KBM |
4 |
1-2-3-4 |
Oktober |
5 |
KBM |
4 |
1-2-3-4 |
Nopember |
|
Jumlah |
20 x 2 = 40 JP |
|
|
SEMESTER GENAP UNTUK KELAS X, DAN XI :
Contoh : Analisa Minggu, Tidak Efektif, Efektif, dan Jam Tatap Muka dengan 2 Jam Pelajaran per Minggu :
No |
Bulan |
Minggu |
Tidak Efektif |
Efektif |
Jam Tatap Muka |
1 |
Januari |
4 |
0 |
4 |
8 |
2 |
Pebruari |
4 |
0 |
4 |
8 |
3 |
Maret |
5 |
1 |
4 |
8 |
4 |
April |
4 |
1 |
3 |
6 |
5 |
Mei |
4 |
0 |
4 |
8 |
6 |
Juni |
5 |
5 |
0 |
0 |
|
Jumlah |
26 |
7 |
19 |
38 JP |
Rincian Minggu Tidak Efektif :
No |
Uraian |
Jlh Minggu |
Minggu Ke- |
Bulan |
1 |
Perkiraan
Ujian Kelas XII |
1 |
3 |
Maret |
2 |
Libur
Akhir Puasa |
1 |
4 |
April |
3 |
PAT |
2 |
1-2 |
Juni |
4 |
Class
Meeting/Input Nilai/Rapat kenaikan/Rapor |
1 |
3 |
Juni |
5 |
Libur PAT |
2 |
4-5 |
Juni |
|
Jumlah |
7 |
|
|
Rincian Minggu Efektif :
No |
Uraian |
Jlh Minggu |
Minggu Ke- |
Bulan |
1 |
KBM |
4 |
1-2-3-4 |
Januari |
2 |
KBM |
4 |
1-2-3-4 |
Pebruari |
3 |
KBM |
4 |
1-2-4-5 |
Maret |
4 |
KBM |
3 |
1-2-3 |
April |
5 |
KBM |
4 |
1-2-3-4 |
Mei |
|
Jumlah |
19 x 2 = 38 JP |
|
|
Jumlah jam mengajar efektif yang berjumlah 38 JP dalam contoh di atas akan dialokasikan dalam beberapa pertemuan tatap muka/RPP, Ulangan harian, dan Cadangan yang akan terlihat pada Program Semester dan Program Tahunan.
SEMESTER GENAP KHUSUS UNTUK KELAS XII :
Catatan : Untuk kelas XII disesuaikan dengan kegiatan ujian.
Contoh : Analisa Minggu, Tidak Efektif, Efektif, dan Jam Tatap Muka dengan 2 Jam Pelajaran per Minggu :
No |
Bulan |
Minggu |
Tidak Efektif |
Efektif |
Jam Tatap Muka |
1 |
Januari |
4 |
0 |
4 |
8 |
2 |
Pebruari |
4 |
0 |
4 |
8 |
3 |
Maret |
5 |
3 |
2 |
4 |
4 |
April |
4 |
4 |
0 |
0 |
5 |
Mei |
4 |
4 |
0 |
0 |
6 |
Juni |
5 |
5 |
0 |
0 |
|
Jumlah |
26 |
16 |
10 |
20 JP |
Rincian Minggu Tidak Efektif :
No |
Uraian |
Jlh Minggu |
Minggu Ke- |
Bulan |
1 |
Perkiraan
UM |
2 |
3-4 |
Maret |
2 |
Tidak
ada KBM Kelas XII |
1 |
5 |
Maret |
3 |
Tidak
ada KBM Kelas XII |
4 |
1-2-3-4 |
April |
4 |
Tidak
ada KBM Kelas XII |
4 |
1-2-3-4 |
Mei |
5 |
Tidak
ada KBM Kelas XII |
5 |
1-2-3-4-5 |
Juni |
|
Jumlah |
16 |
|
|
Rincian Minggu Efektif :
No |
Uraian |
Jlh Minggu |
Minggu Ke- |
Bulan |
1 |
KBM |
4 |
1-2-3-4 |
Januari |
2 |
KBM |
4 |
1-2-3-4 |
Pebruari |
3 |
KBM |
2 |
1-2 |
Maret |
|
Jumlah |
10 x 2 = 20 JP |
|
|
Demikian semoga bermanfaat, silakan komentar untuk berdiskusi atau silakan isikan pertanyaan di kolom kontak.
Tidak ada komentar:
Write comment