9 Okt 2020

Soal AKG-UKG Pedagogik Umum untuk Semua Jenjang

 

Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) kompetensi pedagogik umum untuk semua jenjang SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, dan MAK ini untuk mengingaktkan kita kembali dalam rangka menghadapi AKG/UKG.  Semoga bermanfat.

latihan soal akg

     1.            Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah ….

a.     Mengelompokkan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa.

b.     Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

c.      Menjelaskaan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

d.     Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa.

e.     Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

     2.            Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi opersi system dan komponen perangkat keras”, jika seorang pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah ….

a.     Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi system dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses, dan output.

b.     Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi system dan komponen perangkat keras secara benar.

c.      Siswa dapat menjelaskan kondisi opersi system dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar.

d.     Menjelaskan kondisi operasi system dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan.

e.     Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi system dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.

     3.            Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokkan dan membedakan jenis-jenis unggas.   Adapun pilihan strategi pembelajaraan untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif.   Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan rgm pengetahuan yang sejenisnya ….

a.     Fakta

b.     Prosedur

c.      Keterampilan

d.     Konsep

          e.     Prinsip

     4.            Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan pesrta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat mnerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajran yang tepat yaitu ….

a.     Koopertif

b.     Inkuiri

c.      Problem Solving

d.     Discovery

           e.     Kontekstual

     5.            Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip/hukum yang komplek sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis, media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut ….

a.     Bagan

b.     APE (Alat Permainan Edukatif)

c.      Flip Chart

d.     Foto

e.     Gambar

 

     6.            Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP.  Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evaluasi yang tepat dipilih oleh guru adalah ….

a.     Evaluasi  formatif

b.     Evaluasi sumatif

c.      Evaluasi selektif

d.     Evaluasi diagnostic

e.     Evaluasi penempatan

 

     7.            Seorang guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran (RPP), materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran.  Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi peljaran ….

a.     Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator.

b.     Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan.

c.      Menyesuaikan dengan tingkt perkembangan fisik, intelektual. Emosiomal, sosial, dan spiritual peserta didik.

d.     Melihat kebrmanfaatan bagi peserta didik; aktualitaskedalaman, dan keluasan materi pembelajaran.

e.     Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu.

     8.            Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan pembelajaran (RPP).  Sebagaimana yang tertuang Permendikbud RI No. 22 tahun 2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya ….

a.     Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

b.     Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar.

c.      Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes.

d.     Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

e.     Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

     9.            Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun.  Pada awal semester baru 2019 siswa dikelas tersebut diketahui 70% memiliki referensi belajar kinestetik sehingga mereka tidak focus saat pembelajaran dan disksi berlangsung, siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.   Dari kasus tersebut strategi pembeljaran yang paling tepat dipilih guru ….

a.     Kooperatif

b.     Project Based Learning

c.      Kontekstual

d.     Inquiry

e.     Discovery

 

10.            Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret coret meja hal ini merupakan pembisaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan ….

a.     Naturalis

b.     Kinestetis

c.      Visual spasial

d.     Verbal linguistic

e.     Logis matematis

 11.            Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok.  Guru tersebut membuat lembr daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya.  Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut adalah ….

a.     Penilaian kinerja

b.     Penilaian proyek

c.      Penilaian portopolio

d.     Pertnyaan terbuka

e.     Penilaian diri

 

12.            Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok.  Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah ….

a.     Penilaian kinerja

b.     Penilaian portopolio

c.      Penilaian proyek

d.     Penilaian jurnal

e.     Penilaian diri

 13.            Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya.  Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu ….

a.     Daftar cek (check list)

b.     Benar salah (true false)

c.      Pilihan ganda (multiple choice)

d.     Jawaban bebas (Completion test)

 14.            Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru, hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya.   Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilah ganda pada aspek materi yaitu ….

a.     Soal harus sesuai dengan indikator

b.     Pokok soal harus dirumuskan secara jelas

c.      Pilihan jawaban harus homogen dan logis

d.     Panjang rumusan pilihan jawaban relative sama

e.     Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya

 15.            Hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar dan ada juga siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar.   Mendasarkan pada kasus tersebut guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal.  Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali ….

a.     Memperbaiki program pembelajaran

b.     Menyeelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah

c.      Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi

d.     Mengadministrasikan hasil penilaian

e.     Menyusun laporan hasil penilaian

16.            Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogic pada aspek ….

a.     Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik

b.     Penguasaan pada teori belajar dn prinsip-prinsip pembelajaran

c.      Pengembangan kurikulum

d.     Penyelenggraan pembelajaran yang mendidik

e.     Berkomunikasi pada peserta didik

 17.            Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (reponse) yang dapat diamati.  Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, makaakan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise).  Teori belajar yang dimaksud adalah ….

a.     Behaviorisme

b.     Kognitif

c.      Sibernitik

d.     Kontruktivisme

e.     Humanistic

 18.            Di daam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapn teori belajar ….

a.     Sibernetik

b.     Kognitif

c.      Humanistik

d.     Behviorisme

e.     Kontruktivisme

 19.            Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ….

a.     Silabus

b.     RPP

c.      Silabus dan RPP

d.     SKL

e.     Lembar penilaian

 20.            Dalam mempersiapkan pembelajaraan seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP.   Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ….

a.     Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar.

b.     Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan.

c.      RPP di buat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

d.     RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan

e.     Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar,langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci.

 21.            Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain : berfikir dan bertindk kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ….

a.     Role Playing

b.     Inquiry

c.      Problem Solving

d.     Picture and Picture

e.     Kontekstual

 

22.            Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ….

a.     Memberikan acuan

b.     Melaksnakan tes awal

c.      Memberikan bimbingan

d.     Membuat kaitan

e.     Meningkatkan motivasi

 23.            Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswanya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran.   Langkah awwal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu ….

a.     Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar.

b.     Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional.

c.      Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa di dalam kelas

d.     Susun aturan dan batasan-batasan  dalam proses pembeljaran

e.     Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalm belajar meskipun prestasinya miniml.

 24.            Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah ….

a.     Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

b.     Rumusan masalah yang harus didiskusikan

c.      Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran

d.     Motivasi belajar siswa

e.     Ruang yang tersedia

 25.            Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena ….

a.     Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap.

b.     Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bermain

c.      Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua

d.     Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa

e.     Siswa cenderung labih suka belajar dalam kelompok

 26.            Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut.  Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah ….

a.     Guru harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

b.     Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajaran dengan media

c.      Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut

d.     Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah

e.     Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran

 27.            Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran utuh.  Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ….

a.     Media pembelajaran yang baik adalah media yang berbasis TIK

b.     Sebuah media dpat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran

c.      Semua media pembelajaran sam cara pemanfaatannya

d.     Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran.

e.     Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

 28.            Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi.  Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran.  Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi system peredaran darah.  Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ….

a.     Menampilkan objek yang terlalu besar

b.     Menampilkan objek yang sulit dipahami

c.      Membuat konkrit objek yang abstrak

d.     Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang

e.     Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar

 29.            Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasian pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.  Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran ….

a.     Project based learning

b.     Kontekstual

c.      Discovery learning

d.     Problem based learning

e.     Inquiry learning

 30.            Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap cenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternative pendapat.  Kegiatan yang dilakukan guru terebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ….

a.     Project based learning

b.     Inquiry learning

c.      Discovery learning

d.     Kooperatif

e.     Problem based learning

 31.            Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjungan ke suatu lembaga, namun sesampai di lembaga tersebut belum ada petugas dan nara sumber yang melayani.  Untuk mengisi kekosongan waktu guru tersebut memulai pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertimbangan guru memilih strategi tersebut yaitu ….

a.     Waktu belajar cukup banyak

b.     Sumber belajar hanya dimiliki pendidik

c.      Sedikitnya jumlah guru

d.     Ruang kelas yang terbatas

e.     Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran

 32.            Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model project based learning :

1)    Menentukan pertanyaan mendasar

2)    Mendesian perencanaan proyek

3)    Menyusun jadwal (Create a Schedule)

4)    Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)

5)    Menguji hasil (Assess the outcome)

6)    Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience)

Urutan yang benar adalah ….

a.     1-2-3-4-5-6

b.     1-2-4-3-5-6

c.      1-3-2-4-5-6

d.     1-3-2-5-6-4

e.     1-2-3-5-4-6

 33.            Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!

1)    Mengorganisasi siswa dalam belajar

2)    Orientasi siswa pada masalah

3)    Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok

4)    Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebt disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning

a.     1-2-3-4

b.     1-3-2-4

c.      2-1-3-4

d.     3-2-1-4

e.     2-3-1-4

 34.            Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkah-langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena sosial di sekeliling sekolah dan hasil pengamatan ditulis, disusun menjadi laporan serta didiskusikan bersama guru dan teman sekelas, pilihan srategi yang digunakan ….

a.     Discovery

b.     Heuristik

c.      Pemecahan masalah

d.     Belajar aktif

e.     Project based learning

 35.            Seorang guru ingin membelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif.  Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah ….

a.     Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

b.     Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi

c.      Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok

d.     Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis

e.     Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

 

36.            Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/Kriteria Belajar Minimal (KBM).  KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsure dari kriteria yang ditentukan.  Untuk ementukan KKM diperlukan faktor-faktor ….

a.     Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru

b.     Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

c.      Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru

d.     Kompleksitas indikator, daya dukung, intake siswa

e.     Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

 37.            Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/Kriterian Belajar Minimal (KBM).  Berikut merupakan fungsi KKM.KBM kecuali ….

a.     Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran.

b.     Merupakan target satuan pendidikan dalam pencaapaian kompetensi tiap mata pelajaran.

c.      Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

d.     Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi sekolah

e.     Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.

 38.            Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap prilaku siswa, maka instrumen yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah ….

a.     Pedoman observasi

b.     Kuesioner

c.      Tes tulis

d.     Pedoman wawancara

e.     Tes hasil belajar

 39.            Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian.  Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari ….

a.     Buku sumber yang digunakan

b.     Kurikulum dan silabus

c.      Karakteristik siswa

d.     Indikator pencapaian kompetensi

e.     Kemmpuan awal siswa

 40.            Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tanpak dalam kegiatan guru sebagai berikut ….

a.     Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

b.     Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

c.      Memberikan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai.

d.     Diberi soal serupa untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar

e.     Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi.

 41.            Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapt digunakan pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu.  Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk ….

a.     Penilaian proyek

b.     Penilaian kinerja

c.      Penilaian portopolio

d.     Penilaian antar teman

e.     Penilaian diri

 42.            Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi.  Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar yaitu ….

a.     Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa

b.     Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan tes diagnostik

c.      Sasaran terpenting pengajaran remedial adalah peningkatan kecerdasan siswa

d.     Strategi yag dipilih hanya berbentuk tes ulang

e.     Agar prestasi sekolah menjadi meningkat

 43.            Jika seorang guru ngin melakukan kegiatan remedi maka salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu ….

a.     Membuat rancangan pembelajaran khusus untk siswa peserta remedial

b.     Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa.

c.      Menurunkan standar ketuntasan beljr

d.     Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

e.     Merancang tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

 44.            Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portopolio pada proses pembelajaran, maka penilaian portopolio dapat dilaksanakan denan cara …

a.     Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa

b.     Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa.

c.      Memberikan tugas kpada siswa untuk dikerjakan di rumah

d.     Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar.

e.     Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan tes remedial.

 45.            Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal.  Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial.   Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan.  Kegiataan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara ….

a.     Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut

b.     Diberikan bahan ajar berupa modul

c.      Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial

d.     Melanjutkan materi pada KD selanjutnya

e.     Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa

 

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top