17 Apr 2021

Manfaat Utama Donor Darah untuk Donatur

 

manfaat donor darah
dok. penulis
Donor darah menadi sesuatu yang sangat mulia untuk membantu sesama, bnyak cara membantu sesama manusia mulai dari membantu materil, saran, tenaga, cara, mencarikan solusi bahkan membantu dengan “Darah” untuk menyelamatkan jiwa saudara yang sangat membutuhkan dalam keadaan darurat dan kritis.

Tidak semua orang bisa menjadi pendonor tentu akan tergantung kemauan dan kesadaran bahkan kondisi tubuh sesorang sehat atau tidak.  Terlihat sehat namun belum tentu bisa jadi donor.

Jangan khawatir kondisi kita saat akan mendonor darah, oleh petugas tentu akan dipastikan bahwa seseorang siap atau mampu menjadi pendonor darah.  Tidak serta merta begitu kita mau langsung ditonjok dan diambil darahnya, tidaklah seperti itu.

Sebelumnya kita akan diperiksa kondisi, tekanan darah kita, umur kita berapa, kadar HB dari darah kita, kemudian apakah kita sebelumnya telah mengkonsumsi obat karena mungkin sebelumnya sakit ringan lalu minum obat, kemudian ditanya malamnya tidur jam berapa, tidak sedang stress/depresi, nah kalau secara medis sudah layak barulah dilakukan donor darah yang intinya sehat jasmani dan rokhani.

Sahabat semua ada tiga manfaat besar yang diperoleh dari melakukan aktifitas donor darah ini, alhamdilillah saya sudah melakukannya sebanyak lima kali donor darah.

1.    Manfaat kesehatan karena dengan berkurangnya darah kita setelah donor darah akan merangsang pertumbuhan/produksi sel darah yang baru, darah yang kita keluarkan akan tergantikan dengan darah yang baru.  Dengan sel darah baru maka badan akan semakin sehat.

2.    Kemanfaatan dari segi sosial kemanusiaan yang dapat membantu keselamatan orang lain dan mereka akan sangat bersyukur bisa mendapatkan  darah yang sesuai dengan golongan darah yang dibutuhkan.  Karena dalambe berapa kasus tidak mudah untuk mendapatkan darah yang dibutuhkan karena stok tidak ada sehingga sangat membahayakan jiwa.

3.    Jika pendonor membutuhkan darah dengan menunjukkan kartu sebagai pendonor maka akan lebih diperioritaskan (Sakit tidak kita harapkan) tetapi itulah salahsatu kemanfaatan sebagai pendonor.

Kawan-kawan yang masih usia muda jika ada aksi kemanusiaan seperti donor darah marilah kita ikut selagi masih mampu berbuat baik untuk sesama dan menjadi salah satu kebaikan, manusia yang baik adalah yang memiliki manfaat untuk manusia lainnya.

Biasanya selesai donor disrankan diam sejenak tidak langsung berdiri karena masih pusing atau tidak, kemudian diberi vitamin, susu, dan makanaan bergizi yang dikonsumsi segera sehabis donor.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top