24 Des 2020

Program Guru Belajar Kemdikbud

 

adalah salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. Pembelajaran pada Program Guru Belajar merupakan upaya mendorong perbaikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

https://gurubelajar.kemdikbud.go.id

Program guru belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdiri dari :

1.       Seri pendidikan keterampilan hidup

Program pembelajaran yang dirancang bagi Guru SMP dan SMA/SMK dengan tujuan untuk membantu dan membekali para peserta didik dengan keterampilan abad ke-21 yang bermanfaat untuk masa depan mereka termasuk mengembangkan kemampuan belajar dan menggali potensi diri. Seri ini adalah hasil kerjasama Kemendikbud RI dan UNICEF.

Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) bagi para guru SMP dan SMA/SMK di Indonesia dirancang agar Anda dapat mendukung peserta didik dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 (seperti pemecahan masalah, kreativitas dan komunikasi), dan agar mereka memperoleh pengetahuan komprehensif tentang berbagai topik penting (seperti kesetaraan gender, keamanan menggunakan internet, dan perundungan/bullying). Metodologi yang digunakan dalam sesi-sesi pembelajaran PKH sangat bervariasi, termasuk permainan, diskusi, penilaian diri, role-play/drama, studi kasus, pekerjaan rumah, pemetaan pemikiran, tugas proyek, dan presentasi.

Tujuan Seri Pendidikan Keterampilan Hidup :

1)   Meningkatkan kompetensi guru terkait topik-topik Pendidikan Keterampilan Hidup sehingga dapat mendukung peserta didik mengembangkan keterampilan abad ke-21 guna mencapai tujuan pendidikan nasional Indonesia.

2)   Mengembangkan keterampilan guru dalam memfasilitasi pembelajaran Pendidikan Keterampilan Hidup kepada peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, partisipatif dan menyenangkan.

Seri Pendidikan Keterampilan Hidup dapat dikuti oleh :

1)   Guru semua mata pelajaran SMP dan SMA/SMK.

2)   Memiliki akun SIMPKB.

3)   Berkomitmen untuk menyelesaikan 22 jam pelatihan PKH berbasis web / e-modul.

4)   Berkomitmen untuk menyelesaikan 10 jam pendampingan (coaching clinic) secara online yang akan dipandu oleh para master trainers.

5)   Tidak sedang mengikuti/terlibat dalam kegiatan lain yang terkait dengan peningkatan kapasitas pada saat yang sama.

6)   Menjadi salah satu dari 14.000 peserta yang berhasil mendaftar mengikuti program Guru Belajar pada seri Pendidikan Keterampilan Hidup.

Shedule pelaksanaan dapat dilihat di SINI

2.       Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Program pembelajaran yang dirancang bagi Guru dan Kepala Sekolah untuk dapat meningkatkan kompetensi berdasarkan literasi dan numerasi yang diharapkan dapat lebih mendorong perbaikan mutu pembelajaran.

Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru/Kepala Sekolah/Pengawas SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional, serta dapat menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.

Tujuan Seri Asesmen Kompetensi Minimum :

1)   Memahami konsep Asesmen Nasional.

2)   Memahami bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.

3)   Menganalisis contoh asesmen literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Minimum.

4)   Menganalisis contoh asesmen numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.

5)   Membaca dan menindaklanjuti laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum.

6)   Melakukan pengimbasan dengan mengajak rekan guru yang lain untuk mengikuti program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.

Yang mengikuti Seri Asesmen Kompetensi Minimum :

1)   Semua Guru SD, SMP dan SMA/SMK.

2)   Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK.

3)   Pengawas SD, SMP dan SMA/SMK.

4)   Peserta yang berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sederajat SD, SMP, SMA/SMK.

5)   Telah memiliki Akun SIMPKB.

Shedule lengkap dapat dilihat di SINI

3.       Seri Pendidikan Inklusif

Program pembelajaran yang dirancang untuk Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus. (Akan Segera Hadir)

 4.       Seri Masa pandemic Covid – 19

Program pembelajaran yang dirancang untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan kondisi khusus masa pandemi COVID-19, dengan tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan merdeka belajar.

Apa itu program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi khusus , seperti masa pandemi COVID-19, dengan tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan merdeka belajar.

Tujuan Seri Masa pandemic Covid – 19

1)   Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh berbasis beban kurikulum yang disederhanakan.

2)   Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan siswa.

3)   Mengembangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.

4)   Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran.

Seri Masa Pandemik COVID-19 ini dapat dikuti oleh guru yang telah memiliki akun SIMPKB.

Scheudule pel;aksanaan dapat dilihat di SINI

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top