1. Dalam uraian sejarahnya, perkembangan konseling di Indonesia maju dengan pesat. Mengapa demikian? Uraikan jawaban Anda!
Pembahasan:
Secara umum dapat dijelaskan bahwa semakin pesatnya perkembangan bimbingan dan konseling di Indonesia dikarenakan:
Pertama, oleh tuntutan yang kuat dari masyarakat serta pengaruh yang kuat dari kepercayaan terhadap individualisme dari masyarakat.
Kedua, pada diri individu yaitu pada masa-masa kritis dalam tiap masa perkembanganin dividu, terutama masa remaja.
Ketiga, pada kondisi luar individu seperti kondisi teknologi yang berkembang pesat, kondisi nilai-nilai demokratis, nilai-nilai humanistis versus nilai-nilai pragmatis (khusus sosial-ekonomi), dan lain-lain.
Namun adapun secara lebih khusus perkembangan bimbingan dan
konseling berkembang pesat di Indonesia dikarenakan oleh beberapa faktor yang
intinya mengacu pada permasalahan individu masing-masing, baik berhubungan
dengan masalah pribadi maupun lingkungan.
2. Mengapa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah harus mengedepankan azas kerahasiaan? Jelaskan juga hubungannya dengan azas keterbukaan dan azas kesukarelaan!
Pembahasan:
a. karena dalam azas kerahasiaan itu sangat dituntut dirahasiakannya segenap data dan keterangan tentang peserta didik yang menjadi sasaran layanan, yaitu data atau keterangan yang tidak boleh dan tidak layak diketahui orang lain. Sebagian keberhasilan layanan banyak ditentukan oleh azas ini, sebab klien akan mau membukakan keadaan dirinya sampai dengan masalah-masalah yang sangat pribadi, pabila ia yakin bahwa konselor dapat menyimpan rahasia.
b. hubungan antara azas
kerahasiaan dengan azas kesukarelaan sangat erat kaitannya dimana pada saat
konselor sudah dapat memberi pengertian mengenai kerahasiaan datanya, maka
klien akan dapat merasakan kesukaan dan kerelaan dalam mengikuti/menjalani
layanan/kegiatan bimbingan konseling. Dan antara azas kerahasiaan dengan azas
keterbukaan pun demikian memiliki keterkaitan/hubungan yang erat dimana saat
seorang klien sudah merasa rela dan rahasianya akan dijaga oleh konselor, maka
ia akan sangat terbuka kepada kepada si konselor dalam menceritakan
masalah-masalah yang ia hadapi tanpa mengalami suatu kecemasan.
3. Jelaskan secara detail perbedaan teknik membantu individu dengan konseling individual antara teknik direktif konseling dan teknik non direktif konseling!
Pembahasan:
Perbedaan antara teknik direktif konseling dengan teknik non direktif konseling:
Teknik direkif konselingmerupakan teknik atau pendekatan dalam sebuah proses konseling yang mana konselor yang lebih dominan dalam berbicara (memberi solusi dalam memecahkan masalah). Jadi dalam teknik atau pendekatan ini konselor lebih banyak mengambil inisiatif dalam proses konseling, sehingga klien tinggal menerima apa yang dikemukakan oleh konselor. Dengan kata lain konselor lebih berperan dalam memecahkan masalah klien.
Teknik non direktif konseling merupakan teknik atau kegiatan dalam proses konseling yang mana klien lebih dominan dalam mencari pemecahan masalah. Dalam teknik atau kegiatan ini konselor hanya berperan sebagai pendorong dan pencipta situasi yang memungkinkan klien untuk bisa berkembang sendiri.
4. Di dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, perlu dikenal dan dipahami karakteristik individual dari individu yang dibimbing, mengapa demikian? Jelaskan terlebih dahulu cara-cara dalam memahami individu dimaksud!
Pembahasan:
a. Cara-cara dalam memahami karakteristik individual individu sebaiknya dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau berbagai keterangan tentang individu yang bersangkutan, baik itu kelebihan dan kekurangan atau kekuatan dan kelemahan diri dari individu maupun lingkungan dari individu tersebut.
b. Di dalam proses pelaksanaan bimbingan dan konseling perlu
sekali mengenal dan memahami karakteristik individual dari individu yang
dibimbing. Ini dikarenakan dalam proses konseling pemahaman mengenai
karakteristik individual dari individu itu sangat mendukung jalannya proses
bimbingan dan konseling. Dari pemahaman mengenai karakteristik individual
individu tersebut maka seorang konselor akan lebih mudah dalam menentukan
tingkat pemahaman dan jenis bantuan yang akan diberikan terhadap klien.
5. Mengapa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah mempunyai fungsi pemeliharaan dan pengembangan? Jelaskan lebih dulu maksud dan proses pelaksanaannya!
Pembahasan:
a. fungsi pemeliharaan dan pengembangan dalam bimbingan dan konseling merupakan layanan yang diberikan yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan keseluruhan pribadinya secara lebih terarah dan mantap, terpelihara dan terkembangkannya berbagai potensi positif peserta didik dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.
b. Di dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah
mempunyai fungsi pemeliharaan dan pengembangan dikarenakan fungsi ini berfungsi
memelihara segala sesuatu yang baik yang ada pada diri individu, baik itu
merupakan pembawaan maupun hasil-hasil perkembangan yang telah dicapai selama
ini, seperti intelegensi yang tinggi, bakat yang istimewa, minat yang menonjol
untuk hal-hal yang positif dan produktif, dsb. Fungsi pemeliharaan dan
pengembangan ini juga bukanlah sekedar mempertahankan agar hal-hal yang dimaksudkan
tetap utuh, tidak rusak dan tetap dalam keadaan semula, melainkan juga
mengusahakan agar bertambah baik, kalau dapat lebih indah, lebih menyenangkan,
memiliki nilai tambah daripada waktu-waktu sebelumnya.
6. Mengapa bimbingan itu identik dengan pendidikan?
Pembahasan:
karena apabila seseorang melakukan kegiatan mendidik berarti ia
juga sedang melakukan membimbing, sebaliknya apabila seseorang melakukan
aktivitas membimbing berarti ia juga sedang mendidik.
7. Jelaskan minimal tiga dasar pentingnya Bimbingan Konseling dalam pendidikan!
Pembahasan:
1. usaha untuk mengembangkan keperibadian individu
2. pendidikan berkembang secara dinamis, karena selalu terjadi perubahanperubahan.
3. seorang guru harus mempunyai peranan yang luas, tidak hanya
sebagai pengajar tetapi juga sebagai pendidik.
8. Jelaskan alasan pentingnya Bimbingan Konseling di madrasah dan sekolah!
Pembahasan:
bimbingan merupakan bagian integral dari proses pendidikan dan memikontribusi terhadap keberhasilan pendidikan di sekolah(juntika,2005).berdasarkan pernyataan tersebut dapat dipahami bahwa proses pendidikn di sekolah termasuk madrasah tidak akan berhasil secara baik apabila tidak didukung oleh penyelenggaraan bimbingan secara baik pula.
sekolah dan madrasah memiliki tanggung jawab yang besar membantu
siswa agar berhasil dalam belajar.untuk itu sekolah dan madrasah hendaknya
memberikan bantuan kepada siswa untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul
dalam kegiatan belajar siswa. dalam kondisi seperti ini,pelayanan bimbingn dan
konseling sekolah dan madrasah sangat penting untuk dilaksanakan guna membantu
siswa mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya.
9. Berikan penjelasan makna dari bimbingan dan konseling!
Pembahasan:
a. makna bimbingan
Bimbingan yaitu bantuan yang di berikan oleh pembimbing kepada individu agar individu yang di bimbing mencapai kemandirian dengan mempergunakan berbagai bahan melalui interaksi, dan pemberian nasihat serta gagasan dalam suasana asuhan dan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
b. makna konseling
Konseling yaitu kontak atau hubungan timbal balik antara dua orang untuk
menangani masalah klien, yang didukung oleh keahlian dan dalam suasana yang laras dan integrasi, berdasarkan norma-norma yang berlaku untuk tujuan yang berguna bagi klien.
Bimbingan dan konseling merupakan suatu proses bantuan atau
pertolongan yang di berikan oleh pembimbing kepada individu melalui pertemuan
tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar konseling memiliki
kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu
memecahkan masalahnya sendiri.
10. Jelasakan dan sebutkan tujuan dari bimbingan dan konseling!
Pembahasan:
tujuan bimbingan konseling adalah agar tercapai perkembangan yang optimal pada individu yang di bimbing atau dapat mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan potensi atau kapasitasnya dan agar individu dapat berkembang sesuai dengan lingkungannya. tujuan bimbingan dan konseling adalah dalam rangka :
a. membantu mengembangkan kualitas keperibadian individu yang di bimbing atau yang di konseling.
b. membantu mengembangkan kualitas kesehatan mental klien.
c. membantu mengembangkan perilaku-perilaku yang lebih efektif pada diri individu dan lingkungannya.
d. membantu klien menanggulangi problema hidup dan kehidupannya
secara mandiri.
11. Sebutkan dan jelaskan fungsi-fungsi dari bimbingan dan konseling!
Pembahasan:
a. fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan konseling membantu konseli agar memiliki pemahaman terhadap dirinya (potensinya) dan lingkungannya (pendidikan,pekerjaan, dan norma agama).
b. ungsi preventif, yaitu fungsi yang berkaitan dengan upaya konselor untuk senantiasa mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan berupaya untuk mencegahnya, supaya tidak dialami oleh konseli.
c. fungsi pengembangan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang sifatnya lebih proaktif dari fungsi-fungsi lainnya
d. fungsi penyaluran, yaitu fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu konseli memilih kegiatan ekstrakurikuler
e. fungsi adaptasi, yaitu fungsi membantu para pelaksana pendidikan, kepala sekolah/madrasah dan staf, konselor, dan guru untuk menyesuaikan program pendidikan terhadap latar belakang pendidikan, minat, kemampuan, dan kebutuhan konseli.
f. fungsi penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu konseli agar dapat menyesuaikan diri dengan diri dan lingkungannya secara dinamis dan konstruktif.
g. fungsi perbaikan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling untuk membantu konseli sehingga dapat memperbaiki kekeliruan dalam berfikir, berperasaan dan bertindak (berkehendak).
h. fungsi fasilitasi, memberikan kemudahan kepada konseli dalam mencapai
pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, serasi, selaras dan seimbang seluruh aspek dalam diri konseli.
i. fungsi pemeliharaan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling untuk
membantu konseli supaya dapat menjaga diri dan mempertahankan situasi kondusif
yang telah tercipta dalam dirinya.
12. Sebutkan beberapa layanan untuk mencegah timbulnya masalah dalam bimbingan dan konseling!
Pembahasan:
a. layanan orientasi: agar mereka mengenal lingkungan sekolahnya yang baru secara lebih baik sehinga mereka terhindar dari berbagai masalah selama mengikuti kegiatan belajar mengajar.
b. layanan pengumpulan data : dengan diperoleh data yang lebih lengkap dan akurat tentang siswa, sehingga bisa di peroleh pemahaman yang lebih mendalam tentang siswa.
c. layanan kegiatan kelompok: agar siswa memperoleh pemahaman diri secara lebih baik.
d. layanan bimbingan karier: agar siswa bisa memangku karier
tertentu kelak setelah tamat sekolah.
13. Mengapa dalam bimbingan dan konseling terdapat pemakaian kata “kasus” ?
Pembahasan:
karena kata “kasus” dipakai dalam bimbingan dan konseling sekedar
untuk menunjukan bahwa “ada sesuatu permasalahan tertentu pada diri seseorang
yang perlu mendapatkan perhatian dan pemecahan demi kebaikan untuk diri yang
bersangkutan”.
14. Jelaskan maksud penanganan kasus dalam bimbingan dan konseling!
Pembahasan:
penanganan kasus pada umumnya dapat dilihat sebagai keseluruhan
perhatian dan tindakan seseorang terhadap kasus (yang dialami oleh seseorang)
yang dihadapkan kepadanya sejak awal sampai dengan diakhirimya perhatian dan
tindakan tersebut.
15. Apa saja cakupan penganganan kasus?
Pembahasan:
a. pengendalian awal tentang kasus
b. pengembangan ide-ide tentang rincian masalah yang terkandung didalam kasus
c. penjelajahan lebih lanjut tentang segala seluk beluk kasus tersebut ,dan akhirnya
d. mengusahakan upaya-upaya kasus untuk mengatasi atau memecahkan
sumber pokok permasalahan itu.
16. Apa saja prinsip-prinsip bimbingan?
Pembahasan:
a. prinsip-prinsip umum
b. prinsip-prinsip khusus yang berhubungan dengan individu(siswa)
c. prinsip khusus yang berhubungan dengan pembimbing
d. prinsip yang berhubungan dengan organisasi dan Administrasi(manajemen)
pelayanan bimbingan dan konseling.
17. Sebutkan tahapan-tahapan dalam bimbingan konsling!
Pembahasan:
a. pertama,pengungkapan,pengenalan,dan penerimaan.
b. kedua,pengenalan lingkungan
c. ketiga,pengenalan keputusan
d. keempat,pengenalan diri
e. kelima, eksistensi diri(perwujudan diri)
18. Jelaskan maksud dari fungsi pemeliharaan!
Pembahasan:
fungsi pemeliharaan yaitu memelihara segala sesuatu yang baik,yang
ada pada diri siswa, baik hal itu merupakan pembawaan maupun hasil-hasil
pengembangan yang telah di capai selama ini.
19. Jelaskan maksud fungsi penyaluran!
Pembahasan:
fungsi penyaluran yaitu berupaya mengenali masing masing siswa
secara perorangan, selanjutnya memberikan bantuan menyalurkan ke arah kegiatan
atau program yang dapat menunjang tercapainya perkembangan yang optimal.
20. Jelaskan secara secara umum tujuan bimbingan dan konseling!
Pembahasan:
agar manusia mampu memahami poyensi-potensi insaniah-nya,
dimensi-dimensi kemanusiaannya, termasuk memahami berbagai persoalan hidup yang
mencari alternative pemacahannya.
21. Sebutkan asas-asas bimbingan dan konseling berhubungan dengan siswa!
Pembahasan:
a. tiap-tiap siswa mempunyai kebutuhan
b. ada perbedaan antara siswa
c. tiap individu ingin menjadi dirinya sendiri
d. tiap individu mempunyai dorongan untuk matang.
e. tiap siswa mempunyai masalah dan mempunyai dorongan untuk menyelesaikannya
Tidak ada komentar:
Write comment