1. Tujuan pendekatan empiris dalam studi administrasi negara adalah ....
a. Menganalisis aktivitas administrasi
b. Mengurangi elemen subyektif dari administrasi
c. Melakukan generalisasi dan telaah kasus-kasus
d. Mencari tindakan administrasi yang memungkinkan
Jawaban: c
2. Teori administrasi negara yang dirumuskan oleh Stephen P. Robbins antara lain teori ....
a. Asumtif
b. Normatif
c. Perilaku
d. Instrumental
Jawaban: a
3. Model organisasi yang paling berpengaruh dalam pemikiran administrasi negara adalah model ....
a. Tertutup
b. Terbuka
c. Sintesis
d. Non rasionalitas
Jawaban: a
4. Contoh sumbangan penting yang diberikan oleh ilmu ekonomi bagi praktik
administrasi negara adalah ....
a. analisis berbagai model
b. analisis biaya manfaat
c. efisiensi administrasi
d. perilaku rasional
Jawaban: b
5. Pada tingkat eksekutif, predikat administrasi lekat dengan aktivitas dari ....
a. Peradilan
b. Birokrasi
c. Parlemen
d. Pemilihan umum
Jawaban: b
6. Gerakan manajemen ilmiah bertujuan untuk ....
a. Membangun generalisasi secara deskriptif dan analitik mengenai organisasi dan administrasi
b. Menentukan cara terbaik dalam melaksanakan kegiatan organisasi
c. Memerinci pembagian pekerjaan dalam organisasi
d. Menentukan tujuan khusus organisasi
Jawaban: b
7. Kehadiran administrasi negara dalam kehidupan masyarakat tidak dapat ditolak, karena....
a. Eksistensi administrasi negara sama dengan eksistensi negara
b. Administrasi negara memiliki monopoli kekuasaan memaksa
c. Administrasi negara merupakan organisasi yang bertujuan paling luas dan besar
d. Administrasi negara merupakan pengawal kepentingan publik
Jawaban: a
8. Untuk mengungkap administrasi negara sesuai dengan proses yang dipergunakan dalam penyelenggaraan kebijakan publik, maka pendekatan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi administrasi negara adalah ...
a. Aspek publik
b. Proses yang bersifat khusus
c. Orientasi sikap administrasi
d. Organisasi publik
Jawaban: b
9. Ilmu dan teknologi yang diadaptasi oleh administrasi negara dimaksudkan untuk memberikan kemudahan hidup dan meningkatkan kualitas hidup. Hal ini berarti administrasi negara merupakan ....
a. Penyelenggaraan perubahan sosial
b. Penyelenggaraan cita-cita masyarakat modern
c. Penegak segala aturan dan ketentuan hukum
d. Pengembang partisipasi masyarakat
Jawaban: b
10. Dalam paradigma pertama, fokus administrasi negara adalah ....
a. Prinsip-prinsip administrasi
b. Efektivitas program
c. Pelaksanaan hukum
d. Penetapan kebijakan publik
Jawaban: c
11. Salah satu bidang kajian administrasi negara menurut Felix A. Nigro adalah ....
a. Implementasi kebijaksanaan publik
b. Sarana untuk melaksanakan nilai-nilai politik
c. Sasaran kebijaksanaan publik
d. Kaitan antara lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif
Jawaban: d
12. Filsafat demokrasi dari Jefferson – Jackson cenderung mencurigai peranan pemerintah. Konsekuensi dari pandangan ini adalah ....
a. Pemerintah harus memberikan peranan yang besar kepada perseorangan
b. Pemerintah mencampuri urusan perseorangan
c. Organisasi publik cenderung inefisiensi
d. Sentralisasi administrasi
Jawaban: a
13. Krisis identitas administrasi negara mempunyai kaitan erat dengan aspek ....
a. Historis
b. Sosiologis
c. Psikologis
d. Nasionalitas
Jawaban: a
14. Manfaat analisis sejarah dalam studi administrasi negara adalah ....
a. Membentuk teori
b. Mengumpulkan data
c. Memberikan perspektif masa depan
d. Mengetahui tokoh-tokoh/pelaku sejarah
Jawaban: c
15. Yang menjadi dasar otorita tradisional menurut Weber adalah ....
a. Penghambaan kepada seseorang
b. Keteraturan administrasi
c. Aturan yang pasti
d. Pola pengawasan
Jawaban: d
16. Dalam setiap organisasi terdapat superior dan subordinasi. Karakteristik tersebut terdapat pada struktur birokratik, di mana hirarkhi berlaku juga dalam otorita publik
maupun privat, sehingga dalam organisasi modern diperlukan ....
a. Hubungan personal di antara para anggota organisasi
b. Dominasi kelompok partikularistik dalam organisasi
c. Pemisahan kehidupan pribadi dengan kehidupan dan milik pribadi
d. Penyatuan kehidupan dan milik pribadi dengan kehidupan dan milik organisasi
Jawaban: c
17. Dalam perkembangan paradigma administrasi negara, adanya pemisahan yang tegas antara “perumusan kebijakan” dan “pelaksanaan kebijakan” terdapat pada paradigm ….
a. Administrasi negara sebagai administrasi negara
b. Administrasi negara sebagai ilmu politik
c. Dikhotomi politik administrasi
d. Prinsip-prinsip administrasi
Jawaban: c
18. Sifat falsafah administrasi adalah ....
a. Motivasi
b. Komunikasi
c. Situasional
d. Universal
Jawaban: d
19. Salah satu alasan adanya administrasi khusus adalah ....
a. Kebutuhan perubahan organisasi
b. Proses penyempurnaan administrasi
c. Reorientasi administrasi
d. Kompleksitas organisasi
Jawaban: d
20. Administrasi pendidikan, administrasi kepolisian ataupun administrasi kesehatan, termasuk dalam ....
a. Administrasi khusus
b. Organisasi dan metode
c. Perbandingan administrasi
d. Pengembangan organisasi
Jawaban: a
21. Teori Morrow yang memusatkan perhatian pada usaha-usaha untuk memperbaiki praktek administrasi disebut teori ....
a. Normatif
b. Instrumental
c. Asumtif
d. Preskriptif
Jawaban: c
22. Pegawai adalah abdi negara dan abdi masyarakat. Dilihat dari sudut teori administrasi negara, pernyataan tersebut dapat dikategorikan pada teori ....
a. Asumtif
b. Normatif
c. Deskriptif
d. Instrumental
Jawaban: b
23. Mazhab empirik mempercayai prinsip-prinsip umum administrasi dari hasil studi terhadap praktek. Mazhab ini menolak dikhotomi politik administrasi dengan alasan ....
a. Menganalisis aktivitas administrasi
b. Melibatkan diri pada hal-hal yang bersifat kongkrit
c. Melibatkan diri pada organisasi formal dan informal
d. Memusatkan diri pada aspek fungsional dan disfungsional administrasi birokrasi
Jawaban: b
24. Mazhab sistem holistik administrasi bermaksud untuk ....
a. Menjamin pembuatan keputusan yang benar
b. Meramalkan hasil yang diharapkan dari organisasi publik
c. Menguji konteks aktivitas administrasi
d. Menguraikan unsur-unsur aktivitas administrasi
Jawaban: c
25. Pendekatan yang memusatkan perhatian pada observasi serta menghindari generalisasi dalam masalah-masalah kebijaksanaan adalah pendekatan ....
a. Studi kasus
b. Kebijaksanaan sebagai proses hasil
c. Strategi inkrementalisme terpisah
d. Kebijaksanaan sebagai variabel independen
Jawaban :
A. benar, fokus studi kasus adalah observasi dalam konteks yang spesifik
26. Studi yang dijalankan pada proyek Hawthorne tertutama ditujukan untuk ....
a. Menemukan aktivitas manajerial yang harus dilaksanakan
b. Menemukan metode kerja terbaik
c. Mencapai efisiensi industri yang lebih tinggi
d. Meneliti hubungan kondisi fisik dan produktivitas kerja
Jawaban: d
27. Agar unit organisasi dapat beroperasi, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah ....
a. Pengarahan
b. perencanaan
c. pengorganisasian
d. pengkoordinasian
Jawaban: a
28. Sarana penggunaan personalia yang paling efisien adalah ....
a. Wilayah tanggung jawab
b. Penerapan prinsip hierarkhi
c. Peranan lini dan staf
d. Spesialisasi
Jawaban: d
29. Birokrasi merupakan organisasi yang memaksimalkan efisiensi dalam administrasi atau metode kelembagaan perilaku sosial yang terorganisasi dalam kerangka usaha mencapai efisiensi administrasi. Pendekatan yang digunakan dalam merumuskan birokrasi tersebut adalah pendekatan ....
a. Struktural
b. Belavioral
c. Disfungsi
d. Pencapaian tujuan
Jawaban: d
30. Definisi kebijakan publik dari Easton mensyaratkan sifat otoritatif dalam proses alokasi nilai-nilai. Pada kenyataannya yang mempunyai hak otoritatif kepada seluruh masyarakat adalah ....
a. Pemimpin
b. Birokrasi
c. Pemerintah
d. Organisasional
Jawaban :
C. benar, kebijakan publik merupakan pilihan pemerintah untuk bertindak atau tidak bertindak. Apa pun yang dipilih oleh pemerintah terungkapkan dalam alokasi nilai
31. Salah satu alat implementasi kebijaksanaan adalah ....
a. Eksperimentasi sosial
b. Penjelasan tujuan
c. Pembenaran
d. Pedoman
Jawaban: a
32. Yang dimaksud dengan akuntabilitas adalah ....
a. Hierarkhi departemental
b. Bentuk hubungan formal
c. Dasar moral tanggung jawab
d. Locus hierarkhis dan legal dari tanggung jawab
Jawaban: d
33. Konflik yang terjadi karena ketidakjelasan dalam pembagian tugas dan wewenang adalah konflik....
a. Fungsional
b. Struktural
c. Informal
d. Formal
Jawaban: b
34. Semua sistem menghendaki agar semua elemen yang saling berkait dan bergantung diatur interaksinya dengan maksud semua tujuan sistem tercapai. Dalam kaitan ini diperlukan ....
a. Hierarkhi
b. Regulasi
c. Equifinalitas
d. Diferensiasi
Jawab: B. benar, regulasi ditujukan untuk mengatur interaksi semua elemen sistem
35. Fokus studi ekologi menurut Ferrel Heady adalah ....
a. Sistem sosial
b. Birokrasi
c. Interdependensi
d. Kompleksitas
Jawaban: b
Tidak ada komentar:
Write comment