21 Des 2021

Level 1 : Soal AKM Numerasi untuk Kelas 1-2 SD-MI

 

Contoh-contoh soal ini telah dilengkapi dengan Kunci Jawaban dan pembahasan dengan tujuan agar semua guru dan siswa dapat menjadi pegangan dalam meningkatkan kompetensi peserta didik.

1. Pilihan Ganda kompleks: 

Kompetensi yang diukur adalah memahami bilangan cacah maksimal tiga angka.  

Perhatikan gambar kartu-kartu berisi bilangan di bawah ini! 

 
 
 
 
 
Desi ingin mengambil beberapa kartu bilangan yang nilai angka satuannya lebih kecil dari 5. Kartu-kartu apa saja yang dapat diambil oleh Desi?

Kunci Jawaban/Pembahasan :
 
B dan C, Bilangan pada digit satuan di gambar trapesium merah adalah 4 dan bilangan pada digit satuan di gambar jajargenjang ungu adalah 1. Keduanya lebih kecil daripada 5.
 
 
2.  Pilihan Ganda :  
Kompetensi yang diukur : memahami pecahan satuan sederhana (1/2, 1/3, 1/4, 1/5).  
Perhatikan kue cokelat yang telah dipotong berikut!
 
 
 
 
Potongan-potongan kue coklat tersebut digambarkan sebagai berikut!   Jika Andi mendapatkan  \frac{1}{3}  bagian dari kue yang telah dipotong, pilihan yang menggambarkan kue bagian Andi adalah....

Kunci Jawaban : C
 
 
 
3. Uraian : Perhatikan gambar mobil-mobil berikut!
Jika Budi ingin jumlah mobil merah menjadi  \frac{1}{4}  bagian dari jumlah mobil keseluruhan, berapa mobil putih yang harus Budi warnai menjadi merah ? 
Kunci Jawaban/Pembahasan : dua (2),  Saat ini banyaknya mobil merah (kotak coklat) adalah 4 dari total 24 mobil (kotak) pada gambar. Agar banyaknya mobil merah menjadi 1/4 bagian dari keseluruhan, maka banyaknya mobil merah harus sejumlah 6/24, sehingga butuh ditambahkan dua buah lagi.
4. Uraian Tertutup :  
Kompetensi yang diukur :  Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan.  
Perhatikan garis bilangan berikut!
Kunci Jawaban/Pembahasan :  10, bilangan bulat setelah 9 dan sebelum 11
 
5. Pilihan Ganda Kompleks :  
Ulangan Harian.




Tabel berikut menunjukkan nilai Ulangan Harian dari 5 orang siswa.

 
 
 
 

Jika mereka diminta berdiri berurutan dengan nilai terbesar  berada di depan, maka yang berdiri pada posisi:
A. Paling depan adalah Ady (Benar atau Salah)
B. Paling belakajng adalah Dian (Benar atau Salah)
C. Tepat di depan Tika adalah Wira (Benar atau Salah)
Kunci Jawaban/Pembahasan : A (Benar), B (Salah), C (Benar).  Urutan berdiri dari depan ke belakang adalah: Ady, Wira, Tika, Dian, dan Titin
6.  Pilihan Ganda :  
Kompetensi yang diukur :  Membandingkan dua bilangan cacah (maks. tiga angka).  
Perhatikan gambar kartu-kartu bilangan berikut ini!





Kartu bilangan tersebut bila diurutkan dari bilangan yang terkecil hingga terbesar adalah....
Kunci Jawaban/Pembahasan : A. Urutan bilangan dari terkecil hingga terbesar adalah 107, 245, 254, 335, dan 371
 
 
 
7. Uraian :  
Kompetensi yang diukur :  Menghitung hasil penjumlahan/ pengurangan dua bilangan cacah (maks. tiga angka).
Di sebuah wahana permainan, terdapat tempat penukaran tiket menjadi hadiah.

 
 
 
 
Sejumlah tiket dari hasil permainan dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah seperti pada gambar berikut.

Siska memiliki 300 tiket. Ia telah menukarkan tiketnya dengan tempat pensil.  Hadiah apa lagi yang dapat Siska tukarkan agar tiketnya habis ?

Kunci Jawaban : Rautan.

 

 

 

 

 

 

8. Uraian Tertutup :  Berapakah bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik berikut ?

Kunci Jawaban/Pembahasan :

308
473 + X = 781. Berarti X = 781 - 473 = 308.
 

9. Uraian Tertutup :

Kompetensi yang diukur :  Menentukan beberapa (maks. 5) kelipatan suatu bilangan cacah n dengan n < 10. (Setara dengan skip counting.)  

Perhatikan garis bilangan berikut!


 

 

Kunci Jawaban/Pembahasan : 65 dan 90
Garis bilangan pada gambar berjarak 5 satuan. Sehingga bilangan sebelum 70 adalah 70-5=65 dan bilangan setelah 85 adalah 85+5=90.
10. Uraian Tertutup :  Perhatikan gambar berikut!
Diketahui banyak rumah seluruhnya pada gambar di atas adalah 9 buah. Penomorannya secara berurutan menggunakan angka ganjil dimulai dari 1 (satu) untuk nomor rumah yang berada paling kanan.
a. Nomor rumah pada urutan keenam dari kanan adalah ....
b. Nomor rumah pada urutan ketujuh dari kiri adalah ....
Kunci Jawaban/Pembahasan : 11 dan 5
Urutan nomor sembilan rumah dari kanan ke kiri dengan nomor-nomor berupa bilangan ganjil adalah 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15, 17
11. Pilihan Ganda :
Kompetensi yang diukur : Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran.

MENEMPEL KERTAS WARNA

Ibu guru memberi tugas kepada siswanya untuk menempelkan kertas warna pada rangka ikan ini sehingga menjadi ikan yang cantik.


 
 
 
Lisa dan Yuli menempelkan kertas warna dengan berbagai bentuk pada rangka ikan tersebut dengan cara berikut ini:

 
 
 
 
Banyak potongan segiempat pada hasil tempelan Lisa dan Yuli adalah ….

Kunci Jaaban : C
 
 
12. Pilihan Ganda kompleks :

MENEMPEL KERTAS WARNA

Ibu guru memberi tugas kepada siswanya untuk menempelkan kertas warna pada rangka ikan ini sehingga menjadi ikan yang cantik.


 

 

 

 

Lisa dan Yuli menempelkan kertas warna dengan berbagai bentuk pada rangka ikan tersebut dengan cara berikut ini:

 

 

  

Pilihlah hasil tempelan siswa lainnya yang jumlah potongan segitiganya sama dengan jumlah potongan segitiga pada hasil tempelan Lisa atau Yuli!


Kunci Jawaban/Pembahasan :

B, C dan D
Jumlah segitiganya sama dengan 2 atau 4
 
 
 
 
 
13. Pilihan Ganda Kompleks :
Perhatikan gambar-gambar di bawah ini! 


 

 

Manakah pernyataan yang sesuai dengan gambar diatas?
A. Bangun persegi panjang dtunjukkan nomor 1, 4, dan 6
B. Bangun persegi ditunjukkan nomor 4, 5, dan 8
C. Bangun segi tiga ditunjukkan oleh nomor 1, 7, dan 9
D. bangun segi banyak ditunjukkan oleh nomor 3, 4, dan 6
E. bangun segi empat ditunjukkan oleh nomor 2, 3 dan 4
Kunci Jawaban : C, E

14. Pilihan Ganda Kompleks :


 

 

 

 

 

 

 

 

Manakah pernyataan yang tepat dari pernyataan-pernyataan berikut?
A. Atas meja, daun pintu, dan  bingkai jendela berbentuk Persegi panjang.
B. Plat CD,  uang koin, dan kancing berbentuk lingkaran.
C. Sisi depan atap rumah, hanger gantungan baju, dan penggaris berbentuk persegi.
D. Kancing, uang koin, dan plat CD tidak memiliki sudut.
E. Semua benda pada gambar di atas mempunyai sudut.
Kunci Jawaban : A, B, dan D
15. pilihan ganda kompleks :
Nita melukis tiga bangun datar yaitu lingkaran, persegi panjang, dan segitiga yang digabungkan. Gambar yang akan terbentuk adalah .…
Kunci Jawaban : A, dan D
 
 


 

 

 

 

 

 

 

16. Uraian tertutup  :

Kompetensi yang diukur :  Mengenal balok dan kubus.  Perhatikan Gambar Berikut!

Benda yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut berbentuk...

Kunci Jawaban : Kubus 




17. Uraian tertutup :

Perhatikan gambar berikut!

Benda yang digunakan siswa dalam kegiatan diskusi tersebut berbentuk....
Kunci jawaban : Balok 



18. Uraian tertutup :
Perhatikan gambar berikut
Benda yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut berbentuk .....
Kunci jawaban : Balok

19. Pilihan Ganda :  
Kompetensi yang diukur : Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam) dan volume (liter).

 
 
 
 
 
Berapa kilometer jarak dari Bank Swadaya ke pasar Gede?
A. 0,25 km        B. 2,5 km        C. 25 km        D. 250 km
Kunci jawaban : C
20. Pilihan ganda :

 
 
 
 
 
Berapa meter jarak dari SDN Cemara ke Pasar Gede?
A. 10.000 m        B. 4.000 m        C. 1.000 m        D. 400 m
Kunci jawaban : A
21. Pilihan Ganda kompleks :
Perhatikan berat masing-masing buah pada gambar berikut!

 
 

 
Manakah pernyataan yang benar dari pernyataan-pernyataan berikut?
A. Buah semangka lebih ringan dari buah jeruk.
B. Buah anggur lebih ringan dari buah apel.
C. Buah apel lebih berat dari buah jeruk.
D. Buah anggur lebih berat dari buah semangka.
Kunci Jawaban : C
22. Pilihan Ganda :
Perhatikan gambar tabung dan gelas berikut!.
Berdasarkan gambar di atas, satuan yang benar untuk mengetahui banyak air di dalam ....
A.  Tabung adalah kilogram
B. Gelas adalam centimeter
C. Tabung adalah liter
D. Gelas adalah gram
Kunci Jawaban : C
23. Pilihan Ganda
Kompetensi yang diukur :   Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan/pengurangan saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak).
Perhatikan gambar berikut!
MAAF masih di siapkan.......

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top