23 Jun 2020

Cara Mengatasi Siswa yang Selalu Mengganggu Temannya di Kelas

 


Seorang pendidik harus memiliki jiwa dan berhati besar dan lapang dada, saat menjumpai siswanya yang tidak memperhatikan saat KBM, berulah, mengganggu temannya.  Hal ini sangatlah mengganggu suasana kelas yang sedang kita kelola.
Mengatasi Anak Bermasalah [pixabay]

Hati-hati bertindak jangan menggunakan kekerasan, tapi gunakan cara yang mendidik sehingga kita mendapatkan dua keuntungan yaitu siswa tidak bandel lagi dan yang bersangkutan mengerti pelajaran yang sedang kita ajarkan.
Cara ini sering saya gunakan :
Bila saya mendapatkan siswa yang demikian itu, maka saya memanggilnya ke depan kelas untuk ikut duduk di samping mejaa guru, mengajar bersama saya, ikut mengelola kelas.  Saya perlakukan dia sebagai asisten saya dalam membawakan materi. Buat ia merasa nyaman di depan, jangan hal itu ia rasakan sebagai hukuman.  Kalau kita perlakukan sebagai hukuman maka cara ini akan gagal dan berdampak negative, itu yang perlu diingat.  Jadi anak tersebut saya berdayakan dalam KBM tersebut seperti : saya suruh mengulangi jawaban temannya, saya suruh ia membaca wacana dalam buku sumber kebetulan saya membuat modul pelajaran.  Terkadang jangan lupa untuk disuruh mengerjakan/menjawab soal.  Bila ia tidak bisa tungu ia mempelajarinya.  Biasanya ia akan kelihatan sibuk belajar. Sementara KBM tetap berlangsung dengan siswa yang lainnya.
Pengalaman belajar  yang demikian itu akan lebih terasa dan akan ia ingat baik jawabannya maupun langkah-langkah bagaimana ia menemukan jawabannya dan biasanya ia tidak akan mengulangi perbuatannya.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top