Penilaian antar teman
dapat mendorong objektifitas peserta didik, empati, refleksi diri, menghargai
perbedaan. Penilaian antar teman cocok digunakan saat peserta didik dalam
kegiatan kelompok dengan meminta mengamati temannya.
Berikut contoh instrument
penilaian antar teman (peer assessment)
dengan memakai (checklist)
saat kerja kelompok.
Petunjuk : Amati
perilaku 2 orang temanmu selama mengikuti kegiatan kelompok. Isilah kolom yang
tersedia dengan tanda (V) jika temanmu menunjukkan perilaku yang sesuai
dengan pernyataan untuk indikator yang kamu amati atau tanda strip (-) jika
temanmu tidak menunjukkan perilaku tersebut. Serahkan hasil pengamatan pada
guru.
Nama teman :
1 _______, 2_________
Nama Penilai : ___________________
Kelas/Semester : ___________________
Tahun Ajaran : ___________________
No
|
Pernyataan/Indikator Pengamatan
|
Teman 1
|
Teman 2
|
1
|
Teman
saya mengajukan pertanyaan dengan sopan
|
v
|
|
2
|
Teman
saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugas dalam kelompok
|
-
|
|
3
|
Teman
saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah
|
v
|
|
4
|
Teman
saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya
|
v
|
|
5
|
Teman
saya menyela pertanyaan yang diajukan teman lain
|
-
|
|
6
|
Teman
saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain
|
-
|
|
7
|
Teman
saya menertawakan pendapat teman yang aneh
|
v
|
|
8
|
Teman
saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipun tidak sesuai dengan
pendapatnya
|
v
|
Tidak ada komentar:
Write comment