6 Jan 2021

Cara Diet Yang Aman dan Alami, 3 Bulan Turun 15 Kg

 

Sebelum ke inti postingan ini, sebelumnya saya mau sedikit mengulas tentang obesitas atau kelewatan gemuk yang sesungguhnya tidak kita sadari bahwa kegemukan itu sejatinya adalah penyakit yang kita pelihara karena pola makan tidak teratur dan tidak terkendali, semakin gemuk anda maka semakin berisiko terhadap penykit diabetes melittus atau kencing manis,  jantung koroner, kanker, komplikasi, tekanan darah tinggi, stroke, apnea tidur (ngorok), perlemakan hati, ginjal, gangguan kehamilan, dan lainnya.
 

Selain itu kegemukan juga membawa penderitaan sosial seperti kurang percaya diri, sulit dapat kerja, susah untuk ukuran pakaian.
Obesitas suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan yang kemudian menurunkan harapan hidup.
Obesitas adalah penyebab kematian yang dapat dicegah paling utama di dunia, dengan prevalensi pada orang dewasa dan anak yang semakin  meningkat, sehingga obesitas sebagai salah satu masalah kesehatan masyarakat yang paling serius pada abad 21.
Ukuran obesitas adalah standar yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1997 dan dipublikasikan pada tahun 2000, yaitu :
1. Indek Masa Tubuh anda <18.5 termasuk dalam klasifikasi berat badan kurang.
2. Jika Masa Tubuh anda antara 18.5-24.9 maka kategori Normal/ideal.
3. Jika Masa Tubuh anda antara 25.0-29.9 maka kategori berat badan lebih.
4. Jika Masa Tubuh anda 30.0-34.9 maka kegemukan kelas I
5. Jika Masa Tubuh anda 35.0-39.9 maka kegemukan kelas II
6. Jika Masa Tubuh anda ≥ 40.0 maka kegemukan kelas III
Silakan anda cari berat anda di sini apakah anda termasuk Kurus, Normal, Obesitas atau Calon Obesitas.
Rumus Indeks Massa Tubuh (IMT) = Berat Badan(kg)
                                                                  Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)
Misalnya Berat Badan anda 70 kg, Tinggi 175 cm (1,75 m)
Maka IMT = 70/(1,75 x 1,75)
                    = 70/3.0625
                    = 22.8 (normal/ideal)
Solusi Teoritis :
Lakukan Diet Paleo atau diet zaman batu atau diet paleolitik.  Diet Paleo terinspirasi dari pola makan manusia di zaman batu yaitu Paleolitikum yang hanya mengkonsumsi makanan seperti sayuran, daging-dagingan yang organik dan madu.   
Maka diet paleo ini hanya memakan  makanan yang berasal dari alam tanpa tambahan zat aditif atau zat pengawet lainnya.   
Dengan kata lain Pada dasarnya diet paleo ini diet yang menghindari makanan olahan, produk susu, bijian, minyak dan lemak pada zaman sekarang ini.  
Diet paleo pada intinya adalah membantu anda  untuk mencapai berat badan ideal dengan tidak mengurangi makan atau menyiksa diri untuk berolahraga berjam-jam. 
Diet paleo bakar lemak ini adalah lebih efektif sebab anda tidak diharuskan untuk mengurangi berat badan secara drastis tetapi penyesuaian dilakukan sedikit demi sedikit sampai anda menjadi terbiasa dengan pola makan yang seharusnya untuk tubuh anda dalam berat ideal tertentu. 
Jadi perut anda tidak langsung kempis seketika secara drastis dan terkejut sehingga membahayakan otot perut anda.  
Otot dalam tubuh kita perlu protein sehingga dengan kempis secara bertahap maka otot akan terisi dengan protein sehingga tetap montok dan terbentuk, tidak kendur.  
Hindari cara membakar lemak anda sampai berlebihan, entah karena stress, karena obat atau suplemen penahan lapar yang bisa membuat anda jadi enggan makan sehingga lemak dalam tubuh anda tidak ada yang tersisa lalu otot menjadi kecil tidak berisi.   
Sebab otot itu perlu makanan nutrisi dan protein agar tetap terbentuk dan berisi, jadi otot itu harus dilatih sedikit demi sedikit sehingga membesar sesuai porsi sebenarnya.  
Solusi dari pengalaman teman saya:
Saya punya teman baru CPNS guru ditempat saya mengajar, dia seorang ibu muda dengan berat badan 75 kg saat baru datang dia itu saya lihat berat sekali untuk jalan, duduk, bahkan menggunakan baju besar dan kadang jaket untuk menutupi lemak tubuhnya.
Selama kurang pebih 3 bulan berlalu saya dan teman lainnya heran kok bisa kurus tetapi padat, dan kulit tidak bergelambir.   
Saya Tanya mengapa bisa kurus padat berisi, apa resepnya?
Dia menjawab bahwa dirinya itu sama sekali tidak makan malam sejak 3 bulan sebelumnya, lanjutnya memang saat-saat baru mulai perut terasa lapar, tetapi tahanlah boleh makan buah-buahan satu, minum, hindari makan malam, gorengan, camilan, sabar, tahan, maka dalam jangak 3 bulan berat badannya turun 15 kg menjadi sekarang 60 kg ideal dan terus dipertahankan.
Teman saya ini terlihat lebih cantik, sexy sudah jelas dan ototnya tidak kendur, dimana sebelumnya mukanya lebar segi empat dan selalu bawa makanan ke sekolah, bawa nasi, camilan dan setiap keluar istirahat ngajar wajib makan di ruang guru tetapi sekarang sudah tidak lagi.
Menurut dia kalau kita kurang aktifitas makanan menjadi lemak terus apalagi makan malam.  Dulu saat masih gemuk badan saya selalu merasa masuk angin, dan seperti meriang katanya.  Tetapi sekarang sudah tidak, saya terasa fit terus, dan lakukan aktifitas apapun yang bisa membakar lemak misalnya aerobik kalau suka dan sempat akan lebih baik, tapi kalau tidak ada waktu kerjaan di rumah tangga sudah cukup.Selamat mencoba sehat selalu.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top