7 Mei 2020

Contoh RPP Sederhana

 

Kebijakan RPP 1 lembar dari Mendikbud Nadiem Anwar Makarim ditafsirkan beragam terutama dikalangan guru dan praktisi pendidikan.  Sesungguhnya RPP 1 lembar ini bukanlah akan dipaksakan menjadi 1, 2, atau 3 lembar namun  lebih dimaksudkan mengingat selama ini administrasi guru itu sangat banyak dimana untuk RPP saja bisa berpuluh-puluh halaman yang dinilai tidak efisien dalam penyusunannya menghabiskan banyak waktu tersita hanya untuk mebuat RPP saja belum perangkat yang lainnya sampai mencapai 27 perangkat administrasi yang tersebar dalam buku kerja guru 1, buku kerja guru 2, buku kerja guru 3, dan buku kerja guru 4, belum lagi dengan pelaksanaan, pengisiannya.  
Tutorial RPP Sederhana
Kalau RPP harus 1 lembar maka kesan dipaksakan dan tidak akan mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri.  Kalau kita lihat contoh-contoh RPP 1 lembar yang tersebar di media sosial memang lebih banyak yang memformat ke dalam bentuk selembar atau satu halaman dengan berbagai cara seperti penuh dengan bagian-bagian atau kotak-kotak sehingga cukup selembar, kalau tidak cukup selembar apakah akan dibuat dengan ukuran kertas yang lebih jumbo? ada juga yang hurupnya diperkecil agar cukup selembar.
Jangan salah kaprah kebijakan RPP 1 lembar  hanya istilah dan boleh berlembar-lembar, cuma lebih disederhanakan yang terdiri dari komponen wajib : tujuan, kegiatan, dan penilaian.  Komponen lainnya pendukung dan tidak ditampilkan pada lembar RPP tetapi dilampirkan ditempat lain, terpisah.  Nah artinya sama saja cuma dalam bentuk lampiran seperti materi  pembelajarannya, intrumen penilaiannya.
Bagaimana contoh format RPP 1 lembar dengan tidak mengurangi makna sebuah RPP dalam mengantarkan pembelajaran untuk peserta didik?
Jawabannya tetap mengacu kepada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang proses pembelajaran dan dieksekusi  dengan surat edaran Kemdikbud Nomor 14 tahun 2019 tentang kebijakan penyederhanaan RPP yang viral dengan istilah RPP cukup 1 lembar saja.
Baiklah akan saya tampilkan contoh RPP sederhana sebagaiberikut :
1. Judul dan Nomor RPP
2. Nama Satuan Pendidikan
3. Mata Pelajaran
4. Kelas/Semester/Peminatan
5. Materi Pokok : Judul BAB pembahasan
6. Submateri Pokok : Sub BAB pembahasan  
7. Alokasi Waktu
A. Tujuan pembelajaran : dirumuskan dalam bentuk item-item atau dalam bentuk deskriptif (Revisi RPP 2017)
B. Kegiatan Pembelajaran dibagi 3 seperti RPP sebelumnya :
Kegiatan Pendahuluan : (isi dari kegiatan pendahuluan merujuk pada Permendikbud nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses) sebagaiberikut : 

  • menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; 
  • memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik; 
  • mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; 
  • menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; 
  •  menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan Inti : mencakup ranah sikap(KI-1-KI-2), pengetahuan (KI-3), dan keterampilan (KI-4) maka dalam kegiatan inti berisi sebagaiberikut :  

  • Menggunakan pendekatan saintifik 5 M :mengamati-menanya-mencoba-menalar- dan mengkomunikasikan dan tidak harus berurutan. 
  • Kalu tidak saintifik menggantinya dengan model pembelajaran yang direkomendasikan seperti Inquiry-discovery learning, problem based learning, atau project based learning, tentu tergantung kepada tuntutan KD mau pilih yang mana terserah yang penting saintifik, karena ketiga model tersebut sudah mengadopsi tersirat pendekatan saintifik. 
  • Memasukkan unsur 4C, PPK, HOTS, dan Literasi atau kecakapan pembelajaran abad 21 yang meliputi 4C  adalah keterampilan berfikir kritis (critical thinking) , keterampilan berfikir kreatif (Creativity), keterampilan bekerjasama (Collaboration), keterampilan berkomunikasi (Communication), kemudian PPK adalah Penguatan Pendidikan Karakter antara lain Religius, nasionlais, Mandiri, Gotongroyong, dan Integritas, kemudian Higher Order Thinking Skills (keterampilan berpikir tingkat tinggi dan literasi yaitu kemampuan siswa untuk memahami sesuaitu secara cerdas melalui membaca, menyimak, menuis, dan berbicara.
Kegiatan Penutup : (isi dari kegiatan pendahuluan merujuk pada permendikbud nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses) sebagaiberikut :
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi: 

  • seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; 
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 
  • melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan 
  • menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.       
C. Penilaian : silakan menentukan teknik dan instrumen penilaian sesuai dengan IPK yang sdah disusun dalam pemetaan KD yang terdahulu.
Tuliskan saja di bawah kegiatan penutup lalu dilampirkan di file yang lain atau lembar lainnya.  Tidak harus semua model penilaian sangat tergantung kepada tuntutan KD dan keluasan materi, bisa saja KD tertentu memerlukan 3 penilaian sekaligus, tetapi minmal 2 jenis penilaian. 
Contoh penilaian dalam satu RPP :
  • Ranah Sikap : Teknik Observasi dengan Instrumen lembar observasi. 
  • Ranah Pengetahuan : Teknik penugasan dengan instrumen lembar tugas. 
  • Ranah Keterampilan : Teknik unjuk kerja dengan instrumen lembar unjuk kerja.
Contoh RPP sederhana berikut ini :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
No. 05-PPKn-XII-Bab1/Ganjil/2020
Nama Satuan Pendidikan        : __________________________
Mata Pelajaran                       : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester/Peminatan    : XII/I/Semua Peminatan
 Materi Pokok                         : Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban                                              Warga Negara.
Submateri Pokok                     : Penyebab terjadinya Pelanggaran Hak  dan Pengingkaran                                                   Kewajiban Warga Negara.     
Alokasi Waktu                         : 2 x 45 menit
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui Problem Based Learning, peserta didik dapat menganalisis dan mempresentasikan hasil analisis terkait dengan penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan terampil, percaya diri, mandiri, dan  penuh tanggung jawab.
B.      Kegiatan Pembelajaran (saya menggunakan model : Problem Based Learning)
Pendahuluan 10 menit :
  • Mengamati kesiapan peserta didik secara lahir batin Contoh : untuk mengikuti pembelajaran, bila perlu pengaturan posisi duduk untuk menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif.  Anak yang usil, yang kurang semangat harus ditata duduknya. 
  • Motivasi belajar Contoh : “mengapa perlu mempelajaran hak dan kewajiban, pelanggaran-pelanggaran hak semakin marak terjadi” agar peserta didik mengerti dan paham serta berani memperjuangkan kebenaran yang lebih bermakna lagi adalah agar peserta didik tidak me;akukan pelanggaran terhadap orang lain dan melakukan apa yang menjadi kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia, serta menghormati hak dan kewajiban bangsa lain dalam pergaulan internasional” 
  • Guru mengajukan pertanyaan terkait materi yang telah dipelajarinya pada pertemuan-pertemuan sebelumnya karena berkaitan. 
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. 
  • Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan Inti 60 menit :
            Fase 1 : Orientasi peserta didik kepada masalah

  • Menayangkan video atau gambar atau kegiatan literasi dengan membaca materi PPKn di buku paket, internet, dan lainnya yang berkaitan dengan materi “Penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingaran kewajiban waga negara 
  • Guru memberi kesempatan siswa mengajukan pertanyaan dari apa yang diamati atau dibaca untuk menemukan permasalahan terkait materi “Penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara
            Fase 2 Mengorganisasikan peserta didik

  • Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan mengarahkan siswa untuk  mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab masalah yang diidentifikasi diatas.
             Fase 3 Membimbing Penyelidikan individu dan Kelompok

  • Mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai melalui pengalaman belajar seperti internet, perpustakaan, eksferimen, dan bentuk pengumpulan informasi lainnya.
             Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Anggota kelompok melakukan brainstorming misalnya mendiskusikannya , memadukan melakukan kolaborasi ide-ide penyelesaian dari masing-masing anggota kelompok kemudian dirumuskan menjadi alternative jawaban permasalahan yang logis.
  • Selanjutnya siswa memverifikasi data dengan sumber dari Buku PPKn atau sumber lain yang direkomendasikan.
  • Siswa mempersentasikan hasil.
            Fase 5 Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  • Guru mengarahkan Siswa menyimpulkan hasil diskusi tentang penyebab pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. 
  • Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan yang diberikan siswa.
            Penutup 20 menit :
Guru melakukan Reflkesi melakukan perenungan apa saja yang terjadi, sudah      dilakukan selama pembelajaran, sebagaiberikut :
  • Menemukan manfaat baik secara langsung atau tidak langsung dari pembelajaran yang telah berlangsung. 
  • Melakukan umpan balik melalui Tanya jawab secara klaksikal. 
  • Tindak lanjut dalam bentuk tugasindividu atau kelompok untuk memperdalam apa yang dirasa belum optimal dalam bahasan tersebut. 
  • Guru menginformasikan rencana kegiatan belajar untukpertemuan berikutnya.
C.      Penilaian silahkan sesuaikan dengan IPK yang sudah disusun dalam pemetaan Kompetensi Dasar.
            Di RPP cukup dituliskan sebagaiberikut : 
                                                                                    Lombok Tengah, 10 Agustus 2020

            Kepala                                                             Guru Mata pelajaran


            ____________________                                _________________
             NIP.                                                                 NIP.
Yang perlu dilampirkan silakan dilampirkan : LKS, Materi Pembelajaran dan Instrumen Penilaian.
Demikian sahabat contoh pembuatan RPP 1 lembar semoga bermanfaat, untuk diskusi silakan melalui komentar atau kontak admin. Salam sukses sehat selalu.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top