26 Jul 2020

Pembelajaran Daring dengan Modul adalah Hemat Kuota Internet

 


Dalam situasi kondisi pandemi Covid-19 ini berimbas terhadap aspek kehidupan salahsatunya adalah dunia pendidikan.  Dalam pembelajaran dilakukan melalui daring dan luring.
Program daring ini tidak sepenuhnya berjalan karena menggunakan smartphone dan pulsa, bagi masyarakat yang tidak memiliki jaringan internet karena infra struktur komunikasi di daerahnya belum mumpuni, belum lagi kendala orangtua murid dari segi kuota (pulsa) dan kepemilikan smartphone. 



Pembelajaran jarak jauh ini bisa efektif jika menggunakan modul ini bisa diterapkan untuk siswa yang memiliki HP atau tidak memiliki HP dan jaringan.
Caranya adalah siapkan modul dalam beberapa kegiatan belajar,  digandakan menggunakan dana BOS bagikan ke siswa.  Setelah itu lakukan pertemuan mungkin setiap minggu atau dua minggu sekali untuk megumpulkan tugas yang ada di modul dan berkonsultasi tentang apa yang belum dipahami tapi usahakan jangan bergerombol.  Patuhi protocol kesehatan, gunakan no. absen 1 sampai 10 jam sekian, Siswa no. 11 sampai 20 jam sekian, dst.
Modul juga dapat dilakukan melalui pembeajaran online dengan hemat kuota karena modul cukup dikirim menggunakan grup wa, telegram, email, dan sebagainya, kemudian siswa cukup mendownload sekali saja kemudian di printout atau di copy.  Keuntungan belajar menggunakan modul adalah catatan siswa semakin lengkap, hemat kuota internet, guru mudah membuat laporan capaian kinerja sebagai bukti  melakukan pembelajaran tanpa harus screenshoot layar hp.
Dalam modul juga ada tugas yang harus dikerjakan siswa kemudian guru dapat memberi penilaian himpun dalam daftar nilai sebagai pelengkap laporan kinerja mengajar jarak jauh.  Cara membuat modul.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top