26 Jul 2020

SMP dan SMA Ar-Rohmah Malang

 


Pondok pesantern di Kota Malang banyak sekali terutama yang modern salah satunya adalah Pondok Pesantren Hidayatullah Malang yang mana di bawahnya terdapat SMP-SMA Arrohmah baik untuk Putra dan Putri, ada juga Ar-Rohmah Integral program 4 Tahun. Khusus yang Integral ini dimana santri hafal Al-Qur'an 30 Juz di tahun pertama baru tahun kedua dimulai pembelajaran SMA atau SMP untuk 3 tahun, jadi sekolahnya 4 tahun. Selama 3 tahun berikutnya diadakan murajoah atau mengulangi hafalan 30 Juz nya yang telah didapat pada tahun pertama.
Untuk SMA Arrohmah Putra Malang ini termasuk pondok Pesantren yang memadukan kurikulum umum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kurikulum Kepesantrenan dimana santri-santrinya berada di asrama (Boarding School), demikian juga dengan jenjang SMP dan SMA Arrohmah putri.
SMP-SMA Ar-Rohmah Malang
Utuk tahun ajaran 2021/2022 telah dibuka mulai awal tahun ajaran baru 2020/2021 jadi satu tahun sebelumnya sebaiknya sudah mulai indent atau daftar, jika ananda berminat dan sudah kelas 6 SD untuk indent jenjang SMP dan kelas 9 SMP untuk indent jenjang SMA.  Karena pengalaman saya anak saya masuk pada gelombang kedua untuk ajaran baru 2020/2021 yaitu tes pada bulan Februari 2020, Alhamdulillah masih bisa diterima di program takhasus SMA, saya terlambat informasi, yang seharusnya saya sudah daftar tahun 2019 kalau memang niat sudah bulat untuk masuk SMP-SMA ini.
Program Kelas SMP-SMA Ar-Rohmah
1.      Program kelas Takhasus Al-Qur’an yaitu program yang diperuntukkan untuk santri yang ingin hafal 30 Juz, terjemah Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, Bilingual (Arab-Inggris)
2.      Program Tahfidz 15 Juz yaitu program untuk santri dimana setelah taman hafal Al-Qur’an 15 Juz terjemah Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, Bilingual (Arab-Inggris)
3.      Program Reguler 10 Juz yaitu program untuk santri dimana setelah taman hafal Al-Qur’an 10 Juz terjemah Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, Bilingual (Arab-Inggris)
Selain itu tentu untuk jenjang SMA terdapat dua peminatan yaitu IPA dan IPS sesuai kurikulum 2013.  Jadi disamping pendidikn umum juga ananda mengikuti diniyah/pesantren, unggul ilmu umum dan unggul agama, dunia dan akhirat.
Kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran di SMP-SMA Ar-Rohmah adalah :
1.      Ilmu-ilmu Fardhu ‘Ain seperti Al-Qur’an dan Al-Hadits, Dasar-Dasar ulumuddin/Diniyah seperti Fiqih, Aqidah, Shiroh, Bahasa Arab.
2.      Ilmu-ilmu Fardhu Kifayah seperti Ulumuddin Lanjutan,Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Humaniora, Ilmu Terapan lainnya.
3.      Kurikulum yaitu kegiatan pembiasaan dalam mengaplikasikan  seluruh ilmu dalam kehidupan.
4.      Ekstra Kurikulum yaitu Ilmuilmu keterampilan dan Life Skill.
Prestasi yang pernah diraih SMP-SMA Ar-Rohmah Malang tahun 2019/2020 :
Matematika Jenjang SMP :
1.      Intrnasional 4 medali
2.      Nasional 11 medali
3.      Provinsi 20 medali
Bahasa Arab Jenjang SMP :
1.      Nasional 11 medali
2.      Provinsi 10 medali
Ilmu Pengetahuan Alam Jenjang SMP :
1.      Nasional 7 medali
2.      Provinsi 8 medali
Bahasa Inggris Jenjang SMP :
1.      Nasional 9 medali
2.      Provinsi 10 medali
Diniyah Jenjang SMP :
1.      Nasional 4 medali
2.      Provinsi 4 medali
IPS Jenjang SMP :
1.      Provinsi 1 medali
Try Out UN Jenjang SMP :
1.      Nasional 1 medali
2.      Malang raya 1 medali
MIPA Jenjang SMA :
1.      Nasional 1  emas
2.      Provinsi 9 emas
3.      Provinsi 3 perak
4.      Provinsi 4 prunggu
5.      Kabupaten 3 emas
6.      Kabupaten 4 perak
7.      Malang raya 3 perak
Bahasa Jenjang SMA :
1.      Provinsi 1 emas
2.      Provinsi 2 perak
3.      Provinsi 3 perunggu
Taekwondo Jenjang SMA :
1.      Nasional 5 emas
2.      Nasional 4 perak
3.      Provinsi 6 emas
4.      Provinsi 10 perak
5.      Provinsi 4 perunggu
Tapak Suci Jenjang SMA :
1.      Tingkat Malang 4 emas
2.      Tingkat Malang 2 perak
3.      Tingkat Malang 5 perunggu
Desain poster Jenjang SMA :
1.      1 medali perak tingkat kabupaten Malang.
Seni Jenjang SMA :
1.      Tingkat Provinsi 1 emas
2.      Tingkat Malang raya 2 perak
Selain itu SMP-SMA Arrohmah Malang juga selam 3 kali sebagai juara umum Olimpiade MKKS Kabupaten Malang.
Bagi orang tua yang sedang mencari informasi tentang ponpes modern integral maka LPI SMP-SMA Ar-Rohmah Putra/Putri di bawah Naungan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Malang layak dipertimbangkan.
Akses untuk yang berasal dari luar Kota Malang/Luar Kabupaten/Luar provinsi sangat mudah untuk ke lembaga pendidikan ini yang berada di Dau, Sengkaling, Batu malang.  Untuk lengkapnya berikut alamat :
SMP-SMA Ar-Rohmah Putra Boarding School Jl. Raya Apel No. 61 Semanding, Sumbersekar, Kec. Dau, Makang. http://www.arrohmahputra.com
SMP-SMA Ar-Rohmah Putri Boarding School Jl. Raya Jambu No. 1 Sumbersekar, Kec. Dau, Malang. http://www.arrohmahputri.sch.id
SMP-SMA Integral Ar-Rohmah Boarding School Jl. Locari No. 17 Krajan, Sumbersekar, Kec. Dau, Malang. http://www.arrohmahtahfizh.sch.id
Jika anda dari luar provinsi sebaiknya menginap di hotel terdekat untuk membersihkan diri dan menyegarkan diri sebelum melakukan agenda misalnya untuk tes, untuk cek in santri, untuk penjengukan. 
Ada hotel yang  murah sekitar 3 km dari SMP-SMA Ar-Rohmah, yaitu Hotel Bwalk Jl. Sidomakmur (Dulu namanya RedDoorz Sengkaling) di Google map juga masih namanya RedDoorz agar tidak salah persepsi sama Gojeknya, menginap disini tarip murah mulai 200 rb s.d. 350 rb dan cukup untuk memulihkan tenaga habis perjalanan jauh. Ongkos gojek ke Sekolah Ar-Rohmah Cuma 20 ribuan, tempat makan juga banyak disekitar hotel.
Semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top